Manfaat Tomat untuk Kesehatan Kulit

Reporter :
Rabu, 15 September 2021 17:13
Manfaat Tomat untuk Kesehatan Kulit
Tomat ternyata bisa kita manfaatkan juga loh untuk menjaga kesehatan kulit, yuk simak!

Dream - Merawat kulit tidak harus mahal. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di dapur untuk menyehatkan dan mempercantik kulit.

Tentu biayanya jauh lebih murah daripada kita membeli produk kecantikan. Sudah begitu, risiko menggunakan bahan alami kemungkinan risikonya lebih kecil daripada bahan pabrikan dengan bahan yang belum tentu cocok untuk jenis kulit kita.

Salah satu bahan alami yang bisa dipakai untuk perawatan kulit adalah tomat. Buah ini diyakini punya banyak khasiat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit.

Tomat memiliki kandungan antioksidan dan tinggi vitamin C sehingga cocok untuk menjaga kesehatan. Tomat juga mengandung potasium, vitamin A, vitamin B, dan magnesium.

Dalam dunia kesehatan, tomat banyak dimanfaatkan untuk membantu kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, dan mencegah diabetes.

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari tomat untuk membuat kulit lebih sehat. Kamu bisa rutin mengonsumsi tomat, ataupun mengaplikasikan langsung ke wajah atau kulit lainnya.

Berikut ada beberapa manfaat tomat untuk permasalahan kulit:

1 dari 2 halaman

Mengurangi Iritasi Akibat Kulit Terkena Matahari

Bukan berarti tomat bisa menggantikan fungsi sunscreen. Tapi kandungan likopen di dalam tomat dapat membantu kulit kamu mendapatkan proteksi dari paparan sinar UV, yang bisa menyebabkan kulit terbakar 

Mempercepat Penyembuhan Luka Kulit

Vitamin C kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai permasalahan kulit, bahkan menjadi salah satu bahan baku pembuatan produk perawatan wajah. Kandungan vitamin C dalam tomat dipercaya dapat membantu kulitmu melakukan proses penyembuhan.

2 dari 2 halaman

Meringankan Peradangan

Kandungan likopen, lutein, vitamin E, dan vitamin C, memiliki sifat anti-inflamasi. Saat diaplikasikan langsung pada wajah, membuat tomat dapat membantu kamu menenangkan peradangan yang terjadi pada kulit wajah. 

Merangsang Produksi Kolagen

Vitamin C pda tomat tidak hanya berfungsi membantu mempercepat proses penyembuhan luka, namun juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Artinya, jika kamu mengaplikasikan langsung tomat ke wajah, kamu bisa meningkatkan elastisitas kulitmu.

Melembapkan Kulit 

Untuk mengatasi permasalahan satu ini, kamu bisa mengaplikasikan langsung jus tomat pada wajah. Kandungan potasium, dan juga enzim yang ada didalam tomat, dapat membantu kamu melembapkan kulit wajah. 

Sumber: healthline

Beri Komentar