Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 5 Juni 2020 18:43
Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu
Selain menyucikan diri, wudhu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dream – Wudhu berarti menyucikan diri dari segala macam kotoran. Dengan menggunakan air yang suci, bersih, jernih, dan tidak berbau.

Wudhu adalah syarat wajib sebelum melaksanakan ibadah sholat. Sehingga tidak sah sholat seseorang sebelum ia berwudhu.

Wudhu harus dilakukan sesuai dengan tatacara yang berlaku. Dimulai dari membasuh tangan, hingga diakhiri dengan membasuh kaki. Tak lupa disertai bacaan dan niat wudhu didalam hati.

Wudhu dapat memberikan stimulus kepada lima panca indera manusia. Stimulus tersebut memberikan efek yang baik untuk jaringan dan fungsi kerja organ tubuh.

Selain itu, dengan berwudhu, maka area tubuh yang dibasuh akan bersih dari segala jenis kuman dan bakteri. Berikut adalah beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan tubuh: 

1 dari 2 halaman

Membersihkan Bagian Luar Tubuh

 Wudhu© Shutterstock

Membersihkan Mulut

Saat berkumur sewaktu berwudhu, kuman dan bakteri akan dibersihkan dari mulut. Kuman yang menempel pada gigi dan lidah akan dibersihkan. Selain itu, wudhu juga dapat menjaga mulut dari berbagai penyakit seperti sakit gigi, radang pada gusi, dan dapat memperkuat otot gigi.

Membersihkan Hidung

Menghirup air kedalam hidung atau istinsyaq juga dapat memberikan banyak manfaat. Istinsyaq dapat membersihkan rongga-rongga hidung. Dan melindungi hidung dari kuman dan bakteri.

Jika sedang mengalami pilek atau flu, istinsyaq juga dapat membantu melegakan pernapasan. Saluran pernapasan juga akan dibersihkan dan dilindungi dari berbagai infeksi.

Hidung memiliki bulu-bulu halus untuk menyaring kotoran. Saat istinsyaq, akan membersihkan semua kotoran yang menempel pada bulu hidung.

Membersihkan Kulit Wajah

Berwudhu dapat membantu membersihkan wajah. Serta memberikan kesegaran pada kulit wajah. Membasuh wajah akan menghilangkan kotoran yang menempel. Sehingga kulit wajah dapat terhindar dari berbagai macam masalah seperti jerawat dan komedo.

Selain itu, membasuh wajah akan membantu meremajakan kulit. Sehingga wajah akan selalu tampak sehat dan terasa lebih segar.

Menjaga Keseimbangan Telinga

Ketika membasuh telinga, dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada daun telinga. Hal tersebut juga memberikan rangsangan pada titik pendengaran. Sehingga dapatmenjaga kesimbangan telinga. Stimulus pada bagian luar telinga akan berdampak baik bagi organ telinga.

Melindungi Kaki Dari Jamur

Membasuh kaki dapat melindungi kaki dari jamur. Selain itu, memberikan pijatan lembut pada area kaki juga memberikan efek tenang bagi tubuh. Dan juga dapat mengaktifkan kembali aliran pembuluh darah pada kaki.

2 dari 2 halaman

Menjaga Bagian Dalam Tubuh

 Saraf© Pixabay.com

Bermanfaat Bagi Jantung

Air widhu juga bermanfaat bagi bagian dalam tubuh. Berdasarkan penelitiandokter spesialis penyakit dalam dan penyakit jantung, Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim di London menjelaskan dengan membasuh anggota tubuh ke dalam air akan mengurangi kekejangan pada saraf dan otot, menormalkan detak jantung, mengatasi kecemasan dan insomnia atau susah tidur.

Melindungi Ginjal

Saat air menyentuh kulit, kelenjar keringat akan menyedot toksik dalam darah. Kemudian membuangnya melalui bulu-bulu halus yang tumbuh di kulit. Darah-darah kotor tersebut akan ditarik keluar dan dibersihkan pada basuhan berikutnya.

Membuat Otak Lebih Rileks

Saat membasuh sebagian rambut ketika berwudhu, dapat memberikan efek tenang bagi otak. Sehingga membuat otak lebih jernih dalam berpikir. Hal ini juga dapat membantu menghindari penyakit pikun. Karena pada bagian ini banyak titik-titik yang terhubung dengan otak dan syaraf tubuh lainnnya.

Menjaga Kesehatan Pusat Saraf Tubuh

Pusat-pusat saraf yang paling peka dari tubuh manusia berada di dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat saraf tersebut sangat sensitif terhadap air. Membasuh bagian tersebut saat berwudhu akan membantu memelihara kesehatan dan keseimbangan pusat saraf.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar