Masker Efektif Cegah Corona? Eksperimen Viral Ini Punya Jawaban Mengejutkan

Reporter : Sugiono
Kamis, 28 Mei 2020 10:12
Masker Efektif Cegah Corona? Eksperimen Viral Ini Punya Jawaban Mengejutkan
Melalui eksperimen visual, dia ingin menunjukkan keefektifan masker dalam mencegah penyebaran virus corona.

Dream - Di tengah pandemi Covid-19, beberapa negara memberlakukan pembatasan sosial dan fisik untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Salah satu aturan dalam pembatasan sosial dan fisik tersebut adalah kewajiban untuk memakai masker. Penggunaan masker dipercaya bisa meminimalkan penyebaran virus corona.

Lantas seberapa efektif penggunaan masker ini bisa meminimalkan penyebaran Covid-19 yang sampai saat sekarang belum ada obatnya ini?

1 dari 3 halaman

Eksperimen Visual dengan Cawan Petri

Seorang pengguna Facebook bernama Katie Corley membuat eksperimen kecil yang kemudian menjadi viral di dunia maya.

Eksperimen tersebut dibuat untuk menggambarkan keefektifan masker dalam memperkecil kemungkinan virus corona untuk menyebar.

Dalam postingan di Facebook, Corley membuat eksperimen visual menggunakan dua cawan petri. Dia kemudian batuk di atas kedua cawan petri tersebut dengan memakai dan tidak memakai masker.

2 dari 3 halaman

Begini Hasil Eksperimennya

Seperti yang terlihat dalam postingan, tampak perbedaan yang cukup signifikan antara cawan petri yang dibatuki saat menggunakan masker dengan yang tidak.

 Eksperimen efek memakai dan tidak memakai masker.© Facebook Katie Corley

Pada cawan petri yang dibatuki dengan memakai masker terlihat bersih. Sementara cawan petri yang dibatuki tanpa masker, pertumbuhan bakterinya hampir menutupi seluruh permukaan wadah.

Namun, seperti yang dikatakan oleh Corley bahwa masker kain memang tidak memberikan perlindungan maksimal. Tapi setidaknya masker kain bisa melindungi orang-orang di sekitar kita.

3 dari 3 halaman

Respons Netizen

Postingan Corley di Facebook ini mendapat respons positif netizen. Mereka kini semakin yakin bahwa masker kain bisa meminimalkan penyebaran virus corona.

Namun tidak sedikit netizen yang mencemooh eksperimen tersebut. Menurut mereka, masker tidak akan bisa membendung virus corona.

Mereka mengatakan ukuran virus jauh lebih kecil daripada bakteri sehingga masih bisa menembus lapisan masker kain.

" Bakteri sangat besar dibandingkan dengan virus. Saya meminta tes ulang menggunakan metodologi yang lebih baik," ujar seorang netizen.

Bagaimana menurut pendapat Sahabat Dream?

Sumber: Facebook Katie Corley

Beri Komentar