Mata Kering Sangat Menyiksa, Jangan Disepelekan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 12 September 2019 09:36
Mata Kering Sangat Menyiksa, Jangan Disepelekan
Cari tahu bagaimana mengatasinya.

Dream - Kualitas udara yang semakin buruk memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bukan hanya menyebabkan masalah pernapasan, tapi juga memicu mata kering (dry eyes). Terutama jika Sahabat Dream sering menggunakan gadget.

Mata kering sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, gangguan tersebut bisa memicu kerusakan permanen pada mata.

" Kalau nggak segera ditangani, bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup karena mata jadi cepat capek dan ketergantungan obat tetes. Mata kering juga menyebabkan kerusakan permukaan mata dan menyebabkan peradangan atau infeksi permanen kalau dibiarkan," kata Nina Asrini Noor, seorang dokter mata, di acara Kenali Gejala dan Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 11 September 2019.

1 dari 6 halaman

Gatal, mengganjal dan kemerahan

Mata kering merupakan salah satu masalah mata yang sangat umum. Terjadi ketika lapisan air mata mengalami ketidakstabilan. Kualitas atau kuantitasnya mengalami gangguan yang bersifat multifaktor.

 Mata Kering Saat Pakai Makeup? Ini Sebabnya

Gejala mata kering ditandai oleh mata yang mengganjal, sering merah, mata panas, berair, terasa kering, dan sensasi berpasir. Termasuk sering timbul kotoran mata, terasa lengket dan sering mengucek mata.

" Biasanya mata kering juga ditandai dengan mata yang mudah lelah dan sensitif sama cahaya, jadi gampang silau. Dan mata kering juga membuat fokus mata lama-lama menurun," ujar dr. Nina

2 dari 6 halaman

Penyebab mata kering

Semua gejala tersebut bisa disebabkan oleh paparan AC yang terlalu lama atau bekerja di hadapan monitor. Bisa juga penggunaan lensa kontak dan kedipan mata kurang maksimal.

 Mata Gatal Sebaiknya Jangan Dikucek

" Salah satu faktornya memang karena aktivitas visual di mana sangat high attention dengan gadget atau menyetir lama. Faktor berkedip sangat penting untuk menjaga air dan permukaan mata. Karena pasti kita lupa berkedip dan kedipannya nggak complete," kata Nina

3 dari 6 halaman

Cara mengatasi mata kering

Oleh karena itu, Nina menyarankan untuk memaksimalkan kedipan mata di mana kelopak atas dan bawah bertemu. Gerakan ini bisa mengurangi gejala mata kering. Solusi lainnya adalah mengompres mata dengan air hangat.

 Insto

" Bisa juga memakai obat tetes mata atau berkonsultasi ke dokter supaya mata tetap steril, ternutrisi dan permukaannya tetap rata serta penglihatannya tetap baik," tutupnya.

4 dari 6 halaman

Cara Gampang Hindari Mata Bengkak di Pagi Hari

Dream - Kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis dibandingkan kulit di area wajah lainnya. Oleh sebab itu Sahabat Dream perlu ekstra merawat area ini agar tidak memunculkan masalah kulit.

 Tips Instan Redakan Mata Bengkak Setelah Menangis

Salah satu masalah kecantikan paling umum adalah mata bengkak akibat kurang tidur, kelelahan dan bahkan menangis berlebihan.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghindari mata bengkak di pagi hari, seperti dilansir Times of India :

5 dari 6 halaman

Banyak Minum Air Putih

Retensi air adalah penyebab utama bengkak. Bukan hanya di malam hari, minum air putih sepanjang hari juga wajib dilakukan agar tetap terhidrasi dengan baik.

 shutterstock

Hindari Junk Food dan Alkohol

Makan junk food menyebabkan mata bengkak karena kandungan garam yang tinggi dalam makanan tersebut. Begitu juga dengan alkohol yang mengakibatkan dehidrasi dan mata bengkak.

 shutterstock

6 dari 6 halaman

Singkirkan hal-hal yang menyebabkan alergi

Bersihkan rumah secara rutin dan tidurlah di tempat tidur bersih dengan linen segar. Alergi ini juga menyebabkan iritasi mata.

 shutterstock

 Hindari stres

Stres dapat mengganggu keseimbangan garam dalam tubuh yang menyebabkan mata bengkak di pagi hari.

 shutterstock

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi