Pesantren Sehat Unilever Jangkau 10 Juta Anak

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 25 September 2020 06:42
Pesantren Sehat Unilever Jangkau 10 Juta Anak
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diberikan pada anak-anak sejak dini di lingkungan pendidikan.

Dream - PT Unilever Indonesia Tbk, melalui Unilever Indonesia Foundation menghadirkan Program Sekolah dan Pesantren Sehat.

Digagas sebagai program terintegrasi dari beberapa pembiasaan sejak 2016, tahun ini telah mencapai misi untuk menjangkau 10 juta anak di 41.847 sekolah dan pesantren di berbagai wilayah Indonesia.

Beragam program pelatihan bagi guru dan murid, serta fasilitas diberikan untuk terus menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak-anak sejak dini di lingkungan pendidikan, yang urgensinya kian terasa di tengah pandemi Covid-19.

" Program Sekolah dan Pesantren Sehat berusaha meningkatkan kesehatan dan kebersihan 1,3 miliar orang di seluruh dunia. Di masa pandemi program ini makin relevan sebagai upaya melindungi kesehatan anak, mempersiapkan mereka menghadapi era adaptasi kebiasaan baru, sekaligus menekan penularan Covid-19," jelas Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia, dalam acara virtual konferensi pers, Kamis 24 September 2020.

1 dari 7 halaman

Penanaman PHBS sangat diperlukan karena anak merupakan salah satu golongan usia yang rentan terjangkit penyakit, termasuk Covid-19.

Bahkan tercatat bahwa jumlah kematian anak (0-18 tahun) akibat Covid-19 di Indonesia tertinggi se-Asia Pasifik, angkanya 1,1% lebih tinggi dari Tiongkok, Italia dan Amerika.

Data lain menunjukkan Indonesia menduduki peringkat pertama terkait proporsi angka kejadian Covid-19 pada anak, yaitu sebesar 9,1%.

2 dari 7 halaman

Sebagai bentuk kepedulian Uniliver Indonesia Foundation terhadap anak dan lingkungan pendidikan, turut menyumbangkan wastafel permanen untuk cuci tangan dan sikat gigi, serta mendistribusikan produk-produk kebersihan dan kesehatan di area sekolah dan pesantren.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah lingkungan pendidikan menjadi klaster penyebaran Covid-19.

" Masyarakat perlu memahami bahwa meski seringkali tidak menunjukkan gejala, anak yang terinfeksi SARS-CoV-2 memiliki jumlah virus dalam darah atau viral load yang tinggi di saluran napas sehingga kemungkinan mereka menularkan individu lainnya sangat besar. Maka untuk meminimalkan risiko ini, biasakan anak melakukan PHBS dengan benar, dan pastikan mereka mendapatkan gizi seimbang sehingga imunitasnya tetap terjaga," jelas dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A.

 

3 dari 7 halaman

Gotong Royong Menuju Indonesia Maju Pasca Pandemi, Unilever Dukung Pemerintah

Dream - Sejak awal pandemi Covid-19, PT Unilever Indonesia, Tbk.  secara konsisten memberikan dukungan bagi Indonesia untuk bisa mengatasi pandemi ini. yang direalisasikan dalam berbagai bentuk. Semua dilakukan demi menuju Indonesia sehat, sejahtera, dan maju. Secara resmi diumumkan jika total bantuan yang telah diberikan mencapai Rp200 miliar. Bentuk dukungannya sendiri disalurkan secara bertahap sejak bulan Maret secara independen maupun secara kolaboratif dengan berbagai mitra di seluruh Indonesia.

Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. Hemant Bakshi menyampaikan jika Unilever Indonesia terus fokus pada komitmen untuk selalu bersama Indonesia. Bukan hanya kemudahan, tapi juga untuk demi mengatasi tantangan.

" Kali ini tantangan yang kita hadapi berada dalam level berbeda, diperlukan kerjasama lintas sektor untuk menghadapi  berbagai dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Dengan semangat #MariBerbagiPeran, secara berkelanjutan kami melakukan serangkaian upaya untuk membantu berbagai pihak, bergotong-royong menuju Indonesia yang sehat, sejahtera dan maju," terang Hemant.

Dukungan yang diberikan terbagi pada tiga pilar utama, yakni untuk melindungi kesehatan seluruh karyawan. Selain itu juga untuk memastikan jika Unilever Indonesia selalu tanggap dalam memenuhi dinamika kebutuhan konsumen serta memberikan kontribusi nyata untuk kesehatan dan kesejahteraan.

4 dari 7 halaman

Dukungan Unilever Indonesia untuk Jaga Kesehatan Ekosistem

Harus disadari jika di masa pandemi seperti sekarang, produk kebutuhan sehari-hari semakin penting bagi konsumen, terutama pada produk kebersihan diri dan rumah. Maka dari itu, perusahaan tetap beroperasi demi memastikan ketersediaan produk guna memenuhi kebutuhan konsumen Unilever di seluruh Indonesia.

Yup, upaya tersebut tak bisa dilepaskan dari peranan  ribuan karyawannya selalu diprioritaskan kesehatan dan keselamatannya. That's why protokol kesehatan selalu diterapkan dengan ketat pada semua fasilitas perusahaan sejak awal pandemi. Unilever bukan hanya menjadi salah satu perusahaan pertamam di Indonesia yang menerapkan Work From Home, tapi juga terus memantau kondisi kesehatan karyawan diiringi tim dokter perusahaan.

Karyawan-karyawan yang bekerja di pabrik dan lapangan yang bekerja di lokasi, diterapkan standard keamanan yang tinggi. Misalnya dengan pemeriksaan kesehatan secara kontinyu, melengkapi karyawan dengan alat pelindung diri (APD) yang memadai, hingga memastikan kehigienisan lingkungan kerja. Apabila terdeteksi terdapat karyawan yang mempunyai risiko kesehatan, maka perusahaan akan segera menindaklanjuti dan mengirimkan beberapa kebutuhan pemeriksaan. Di antaranya pulse oximeter, termometer digital, monitor tekanan darah digital, ventilator portabel, multivitamin.

5 dari 7 halaman

Unilever Memberi Dukungan untuk Edukasi tentang Kebersihan

Produk-produk Unilever Indonesia senantiasa menjadi bagian penting bagi keseharian konsumen, terlebih lagi di masa seperti sekarang. Kebutuhan akan produk kesehatan dan kebersihan meningkat dari sebelumnya, maka dari itu perusahaan melakukan beragam percepatan dan menghadirkan beragam inovasi. Hasilnya, peningkatan pasikan dilakukan dengan sangat cepat, mengakses kemasan baru, memastikan ketersediaan bahan baki, memproduksi, hingga membuatnya tersedia demi melindungi konsumen.

Beberapa produk juga diproduksi dalam jumlah ekstra untuk kemudian didonasikan kepada pihak yang membutuhkan.  Salah satu contoh respon perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan meningkatkan produksi hand sanitizer Lifebuoy dalam beberapa minggu. Dalam waktu singkat, diluncurkan juga beberapa inisiatif baru seperti spray higienis Sahaja Spray, Wipol Disinfectant Spray, Wipol Surface Disinfecting Wipes hingga Vaseline Hand Cream Anti-Bacterial.

Dalam mendukung pencegahan penyebaran virus,  aksesibilitas pun lebih dimaksimalkan melalui Unilever's Home Delivery, sehingga konsumen tetap bisa #AmanBelanjaDariRumah. Tak berhenti sampai di situ, Unilever juga memberikan anjuran bagi  masyarakat akan pentingnya mengikuti protokol juga melalui berbagai kanal komunikasi. Baik secara online (media elektronik dan media sosial) maupun offline (edukasi di toko-toko). 

6 dari 7 halaman

Dukungan Unilever Indonesia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Memastikan jika produk Unilever selalu tersedia bagi masyarakat selalu menjadi komitmen Unilever Indonesia. Berdonasi sebelum berjualan menjadi komitmen melalui semangat #MariBerbagiperan yang telah digaungkan sejak masa awal pandemi. Unilever Indonesia beserta brand-brandnya telah  memberikan dukungan melalui berbagai hal sebagai upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Bentuk donasi disalurkan melalui 102 rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia, 20 institusi pemerintahan, 29 mitra LSMM, dan 39 mitra Unilever.

Dukungan Pada Tenaga medis

Bekerja sama dengan segenap karyawan, Unilever donasikan 52.000 paket makanan senilai Rp1,8 miliar yang secara bertahap disalurkan ke tenaga kesehatan melalui sebuah inisiatif bernama “ Meals for Meals”. Kemudian telah didonasikan juga 60.000 masker N95 kepada 8 Rumah Sakit Rujukan di bawah naungan PERSI serta melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dan Tangerang untuk diberikan kepada tenaga medis dan fasilitas kesehatan.

Dukungan Bagi Masyarakat

  • Mendonasikan paket produk dan alat kebersihan kepada 100.000 masjid di seluruh Indonesia bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI)
  • Mendonasikan 40.000 alat tes PCR senilai Rp 10,7 miliar yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada tenaga medis yang bertugas di sejumlah rumah sakit, laboratorium dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia
  • Melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Perusahaan mendonasikan hand sanitizer, sabun, produk makanan dan minuman, produk perawatan higienitas rumah, dan paket makanan bagi tenaga medis senilai Rp 10 miliar kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
  • Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menyalurkan 1.300.000 produk Unilever seperti Lifebuoy, Wipol, SariWangi, dan Buavita senilai total Rp 7,2 Miliar kepada 249.952 Kepala Keluarga (KK) di 3 provinsi dan 13 kabupaten/kota di Indonesia.
  • Mendonasikan 10.000 unit hand sanitizer Lifebuoy, 3.000 unit masker KN95, 2.880 unit alat test PCR, dan 250 unit wastafel portabel serta materi edukasi PHBS senilai kepada Pemerintah Kota Surabaya
7 dari 7 halaman

Dukungan bagi Pedagang Warung

Baru-baru ini kampanye #UnileverUntukIndonesia diluncurkan untuk memberikan dukungan nyata senilai total 40 Miliar rupiah bagi 147.000 pedagang warung di ekosistem perusahaan. Tujuannya agar ekosistem tetap sehat selamat dan dapat tetap berjualan. Hal ini dilakukan dengan cara menyumbangkan keuntungan dari transaksi dengan warung-warung tersebut selama tiga bulan ke depan. Hal itu disampaikan dalam bentuk paket berisi produk kebersihan serta alat perlindungan diri, dan tambahan modal untuk keberlangsungan usaha. Selain itu Unilever Indonesia juga meluncurkan aplikasi Sahabat Warung untuk membantu para pedagang warung untuk memastikan supply barang terjaga dengan tetap menjaga jarak untuk keselamatan mereka.

" Kali ini tantangan yang kita hadapi berada dalam level berbeda, diperlukan kerjasama lintas sektor untuk menghadapi  berbagai dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Kolaborasi dan gotong royong merupakan kunci terpenting dalam membantu mengatasi pandemi ini. Semoga Unilever Indonesia dapat terus mengambil peran strategis, dan bersama-sama kita dapat segera bangkit menuju Indonesia yang semakin sehat, sejahtera, dan maju," tutup Hemant.

 

 

© Dream 

Beri Komentar