CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

Memilih Gorengan Sehat untuk Berbuka Puasa

Reporter : Glugut Hari Pamungkas | Minggu, 18 Juni 2017 15:30
Sponsored Content By:
Konsumsi gorengan saat berbuka puasa sah-sah saja, asal pilih yang sehat dan jangan berlebihan.

Dream - Bagi kebanyakan orang, berbuka puasa tanpa gorengan bagaikan memakan sayur tanpa garam. Kurang sedap rasanya jika membatalkan puasa tanpa sepiring gorengan yang hangat dan renyah.

Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan ini dapat menimbulkan dampak yang mengganggu kesehatan. Mulai dari peningkatan kolesterol hingga memicu batuk dan sakit tenggorokan, yang menjadi tanda panas dalam.

Jika sulit mengurangi konsumsi gorengan, ada beberapa cara memilih gorengan sehat untuk berbuka puasa, seperti berikut ini.

Pilih Gorengan yang Tipis dan Matang

Saat membeli gorengan, usahakan memilih gorengan yang tipis dan sepenuhnya matang. Selain rasanya yang lebih renyah, sisa minyak yang ada di dalamnya pun tidak terlalu banyak. Tidak hanya menghindari perubahan rasa, tapi juga membatasi masuknya minyak ke dalam tubuh, agar terhindar dari gangguan kesehatan seperti peningkatan kadar kolesterol dan panas dalam.

Gorengan yang Berwarna Kuning Kecokelatan

Penampilan gorengan yang berwarna kuning kecokelatan memang lebih menggugah selera, ketimbang yang berwarna lebih gelap. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan minyak goreng yang masih baru dan bukan minyak yang berwarna kecokelatan, bahkan hitam pekat.

Menurut situs hellosehat.com, penggunaan minyak goreng yang berulang memicu pembentukan akrolein, karena pemanasan minyak yang telah melebihi titik asapnya. Akrolein sendiri merupakan senyawa yang dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan atau panas dalam.

Hindari Gorengan Terlalu Kering atau Kasar

Gorengan yang renyah memang sangat sedap dimakan saat berbuka puasa. Tapi tekstur makanan yang digoreng kering dan memiliki tekstur kasar dapat melukai dinding tenggorokan.

Akibatnya, terjadi iritasi dan memicu berbagai gangguan, seperti batuk, infeksi, hingga panas dalam. Apalagi dengan tingginya konsumsi makanan berlemak dan berminyak yang membuatnya lebih sulit dicerna, sehingga menurunkan proses kekebalan tubuh dan memperburuk sakit tenggorokan.

Membuat Sendiri Gorenganmu

Agar lebih sehat, lebih baik buat sendiri gorengan di rumah. Selain dapat memilih bahan-bahan yang berkualitas dan bernutrisi, minyak goreng yang dipilih pun dapat menggunakan varian yang lebih sehat. Coba gunakan minyak jagung, biji bunga matahari, kanola, atau zaitun untuk memasak gorengan. Walau harganya lebih mahal, tapi lebih menyehatkan tubuh.

Selain cara-cara di atas, jangan lupa untuk menggunakan kertas tisu makanan untuk menyerap sisa-sisa minyak yang ada di gorengan. Selain membuat tidak berminyak, juga mengurangi jumlah minyak yang dikonsumsi. Jika tenggorokan mulai terasa sakit, coba atasi dengan Larutan Penyegar Cap Badak yang terbuat dari Gybsum Fibrosum dan Galcareus Spar. Bahan alami ini telah dipercaya turun temurun sebagai pereda gejala panas dalam, seperti sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, sariawan, sembelit, dan kelelahan.

Larutan Penyegar Cap Badak

Facebook.com/larutanpenyegar

Diproses secara modern dan higienis, menjadikan produk andalan Sinde ini aman dikonsumsi segala usia dan telah terjamin halal. Jangan ragu untuk menyediakannya saat sahur maupun berbuka puasa, apalagi ditunjang rasanya yang menyegarkan tubuh, mulai dari yang original hingga buah-buahan.

Konsumsi gorengan saat berbuka puasa sah-sah saja, asal pilih yang sehat dan jangan berlebihan.

Rekomendasi Pilihan



Mimpi Makam Suami Kebanjiran, Istri Segera Bangun Pesantren

Jumat, 23 Juni 2017 18:03

Dalam mimpi itu dia melihat makam sang suami...

Jangan Anggap Remeh, 4 Penyakit Ini Bisa Ganggu Momen Lebaran

Jumat, 23 Juni 2017 17:02

Jangan sampai dilewatkan dengan tiduran saja karena 4 penyakit berikut ini.

5 Tanda Anda Dehidrasi

Jumat, 23 Juni 2017 16:40

Bibir yang kering dan rasa dahaga biasanya menjadi pertanda kalau tubuh kita kurang minum.

Libur Lebaran? Kunjungi Wisata Halal Pulau Santen Banyuwangi

Jumat, 23 Juni 2017 15:40

Wisata halal dikembangkan untuk membidik pangsa pasar Muslim di dunia.

Pulihkan Tubuh Setelah Sakit dengan Nutrisi Ini

Jumat, 23 Juni 2017 15:20

Makanan ini juga bermanfaat agar sakit tak datang lagi.

Kabar Gadis Diperkosa di ICU Merebak, Astaga yang Terjadi...

Jumat, 23 Juni 2017 15:09

Korban dibius dan diperkosa oleh seorang laki-laki yang bertugas menjaga ruang ICU.