Mengapa Harus Cuci Tangan 20 Detik untuk Bunuh Virus Corona di Tangan?

Reporter : Sugiono
Minggu, 11 Oktober 2020 18:20
Mengapa Harus Cuci Tangan 20 Detik untuk Bunuh Virus Corona di Tangan?
Bagaimana jika kita mencuci tangan hanya dalam waktu setengah dari anjuran itu?

Dream - Para ahli menyarankan mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik di bawah air mengalir untuk mengurangi risiko tertular virus corona. Namun, mengapa cuci tangan harus dilakukan minimal 20 detik?

" Butuh waktu untuk membersihkan semua permukaan itu secara efektif," kata Thomas Gilbert, profesor kimia dan biologi kimia di Northeastern University, Amerika Serikat.

" Jika Anda mencoba melakukannya dalam waktu setengahnya, Anda mungkin tidak akan membersihkan semuanya secara efektif," tambah dia.

Tangan memang punya banyak permukaan dan bagian yang harus dibersihkan satu per satu. Busa sabun harus menutupi semua permukaan untuk menangkap kuman di tangan, baik di telapak tangan, kerutan, kuku, sela-sela jari, di bawah cincin, tali pengikat, atau goresan yang mungkin Anda miliki pada jari yang cedera.

Jika mencuci tangan dengan benar, 20 detik memberikan cukup waktu untuk melakukannya secara teliti dan molekul sabun melakukan tugasnya di seluruh tangan.

1 dari 1 halaman

Menurut Gilberst, efektivitas sabun dapat dilihat ketika orang menggunakannya untuk mencuci benda-benda seperti kotoran dari tangan. Mencuci kotoran juga dapat menunjukkan bahwa jika tidak melakukannya dengan benar, 20 detik pun tidak akan cukup untuk membersihkan tangan Anda.

Hal yang sama berlaku untuk kuman, seperti SARS-CoV-2 --virus yang menyebabkan Covid-19.

" Anda dapat melakukan pekerjaan yang cukup efektif dan Anda benar-benar dapat mengetahui bahwa Anda melakukan pekerjaan yang baik dengan sabun dan air, karena jika ada kotoran atau sesuatu yang terlihat di kulit Anda, Anda dapat melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkannya," Kata Gilbert.

" Jika Anda menggunakan pembersih, Anda tidak akan mendapatkan pesan visual yang sama," tambah dia.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar