Mengapa Otot Perlu Dilatih Ketika Ingin Menurunkan Berat Badan?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 27 Februari 2020 16:36
Mengapa Otot Perlu Dilatih Ketika Ingin Menurunkan Berat Badan?
Fitness trainer Ade Rai punya jawabannya.

Dream - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai diet, latihan cardio dengan banyak bergerak, hingga melakukan resistant training atau latihan beban.

Latihan cardio tidak harus dilakukan dengan berlari, bersepeda, berenang, ataupun zumba. Cardio bisa dilakukan dengan membuat diri lebih aktif bergerak.

Sementara, resistant training diyakini lebih penting dilakukan untuk menurunkan berat badan karena otot merupakan organ yang boros kalori. Dengan latihan beban, kalori dalam otot terbakar.

" Makanya, kenapa wanita mesti melakukan aktivitas pengencangan otot rangka. Apakah dengan squat, atau plank, push up di tembok atau dumble sederhana," ujar Fitness Trainier, Ade Rai, di Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu 26 Februari 2020.

Gerakan tersebut akan melatih otot rangka membakar gula. Setelahnya, otot akan membutuhkan gula dan jumlahnya meningkat sehingga tubuh akan mengencang.

 Ade Rai© Khidr Al-Zahrani

1 dari 5 halaman

Beberapa gerakan melatih otot

Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan menjaga kadar gula. Kebanyakan orang gemuk disebabkan oleh asupan karbohidrat yang meningkatkan kadar gula.

" Orang gemuk disebabkan karena banyak makan karbohidrat yang menyebabkan kadar gula meningkat. Lalu, pankreas memproduksi insulin untuk mengambil kelebihan gula, untuk ditaruh ke organ tubuh."

Tapi jika gula dikonsumsi dalam jumlah cukup dan sesuai kebutuhan, maka tidak akan terjadi peningkatan berat badan.

 Ade Rai© dream.co.id

2 dari 5 halaman

Makanan juga harus dijaga

Maka dari itu, konsumsi makanan dan minuman harus sepadan dengan aktivitas maupun kebutuhan. Jika mengonsumsi gula berlebih, harus meningkatkan aktivitas yang dapat membakar gula.

" Paling efektif dengan latihan pengencangan otot rangka seperti push up dan plank. Ini berlaku bagi siapapun. Dan harus diet," tuturnya.

Kita memulai diet dengan mengganti pilihan makanan yang lebih sehat. Misalnya, mengganti paha atau sayap dengan dada ayam, nasi putih dengan nasi merah berserat tinggi, atau kentang dengan ubi.

3 dari 5 halaman

Kop Run 2020 Digelar di Jakarta. Runnner, Are You Ready?

Dream - Jakarta resmi terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan “ Kop Run presented by AXA”.

Hal tersebut tentunya merupakan kabar gembira untuk para pecinta tim sepakbola Liverpool FC (LFC) dan pecinta olahraga lari pada umumnya.

Acara tersebut merupakan kaloborasi antara Liverpool FC dan partner resminya, AXA serta AXA Mandiri, yang akan gelar lari akbar pada 11 April 2020.

Kop Run Jakarta 2020 ini akan mengajak para penggemar tim LFC dan fitness enthusiasts untuk ambil bagian dalam lari 5km dan 10km.

4 dari 5 halaman

Bek Legenda Liverpool Hadir

Untuk membuka secara resmi pendaftaran event lari Kop Run ini, seorang legenda LFC, mantan pemain belakang, Phil Babb turut hadir di The Westin Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020.

“ Saya sangat gembira bisa membawa Kop Run ke Indonesia untuk pertama kalinya dan bekerja sama dengan AXA dan AXA Mandiri. Saya harap anda untuk bersiap-siap berpastisipasi dalam acara ini, semua orang pasti bisa,” ungkap Phil Babb.

  Kop Run 2020© dream.co.id

Mantan pemain belakang Liverpool FC itu juga mengaku sangat puas dengan penyelenggaraan Kop Run tahun lalu, yang diadakan di Bangkok.

“ Saya merasa puas dan beruntung karena bisa menyaksikan dengan langsung di Bangkok tahun lalu, banyaknya masyarakat mengikuti event ini, dan atmosfernya pun luar biasa. Kami berharap di Jakarta akan lebih hebat,” serunya.

Jadi acara lari akbar pertama di Indonesia


  Kop Run 2020© dream.co.id

Sebagai partner resmi Liverpool FC dan Official Training Kit Partner, AXA dan AXA Mandiri mengungkapkan sangat gembira ketika terpilih jadi tuan ruan di event Kop Run pertama di Indonesia.

“ Liverpool FC dan AXA menganut nilai-nilai dan misi yang sama, seperti misi baru dari AXA dan AXA Mandiri yaitu ‘Know You Can’, yang artinya adalah Yakin Kita Bisa, begitu pula dengan misi LFC yaitu, ‘You Will Never Walk Alone’,” ujar Julien Steimer, selaku Country CEO AXA Indonesia di kesempatan yang sama.

Liverpool FC juga mengisi minggu pelaksanaan race dengan berbagai kegiatan menarik di Kota Kasablanka.

Di hari penyelenggaraan Kop Run pun, para pelari juga diundang untuk merasakan serunya berlomba di race village, dengan hadiah tiga terbaik untuk pria dan wanita ditiap kategori jarak.

5 dari 5 halaman

Segera daftarkan diri kamu

Selama event berlangsung, para partner resmi LFC, seperti Standart Chartered, New Balance, Western Union, MG, Joie, dan Extra Joss juga turut hadir menggelar aneka kegiatan di lingkungan stadion.

Pendaftaran Kop Run Jakarta 2020 mulai saat ini resmi dibuka dengan menyediakan 8000 tiket lomba, dan akan ditutup pada hari Minggu, 15 Maret 2020.

Buat kamu yang mau ikutan, silakan mendaftar di link ini.

Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis