Mengenal Penyakit Vertigo, Penyebab dan Gejala-Gejalanya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 5 Agustus 2020 06:12
Mengenal Penyakit Vertigo, Penyebab dan Gejala-Gejalanya
Bila merasakan gejala vertigo sebaiknya tidak melakukan gerakan tiba-tiba yang dapat mengganggu keseimbangan tubuh.

Dream – Vertigo adalah salah satu penyakit yang membuat penderitanya belingsatan. Mereka yang terserang vertigo akan mengalami sakit kepala yang sangat hebat. Dalam kondisi yang lebih parah, seseorang akan merasakan bumi seperti diputar-putar sehingga menyebabkan kehilangan kesimbangan dalam tubuh.

Gejala serangan vertigo pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang ringan dan tidak terasa sementara yang lainnya mendapat serangan sangat parah hingga tidak dapat melakukan aktifitas apapun.

Penyakit vertigo terbagi ada dua jenis yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam, organ kecil yang berkomunikasi dengan otak untuk mengontrol keseimbangan, dan dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan cedera kepala.

Sedangkan vertigo sentral sering disebabkan oleh masalah di wilayah otak yang disebut cerebellum (yang juga mengontrol keseimbangan) atau batang otak, yang mentransmisikan pesan antara cerebellum dan sumsum tulang belakang.

1 dari 3 halaman

Penyebab Vertigo

Vertigo© Pexels.com

 

Penyebab umum dari vertigo adalah karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan inilah yang menganggu sistem keseimbangan dalam tubuh. Sehingga membuat penderitanya mengalami pusing yang sangat hebat.

Selain itu ada juga penyebab lain dari vertigo. Seperti, perubahan posisi kepala secara tiba-tiba, migrain atau sakit kepala yang tidak tertahankan, gangguan pada otak seperti adanya tumor, hingga obat-obatan tertentu yang menyebabkan gangguan pada telinga.

2 dari 3 halaman

Gejala Vertigo

Bagi penderita vertigo, gejala umum yang sering dirasakan adalah sekelilingnya terasa berputar dan telinga yang cenderung berdengung.

Rasa berputar inilah yang menyebabkan penderitanya mengalami mual dan rasa ingin muntah yang tak tertahankan. Bahkan bila dipaksakan, penderitanya bisa saja pingsan karena kehilangan keseimbangan tubuh.

Selain itu ada pula beberapa gejala yang sering dirasakan oleh penderita vertigo.

Telinga berdenging

Biasanya orang dengan penyakit vertigo mengalami gangguan pendengaran pada tahap awal dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika semakin parah, bisa terjadi meniere (perbedaan tekanan dalam telinga), tinnitus (telinga berdenging) atau labirinitis (adanya infeksi yang berhubungan dengan keseimbangan).

Merasa akan jatuh

Penderita vertigo akan kehilangan keseimbangan tubuhnya. Perasaan inilah yang membuat sensasi seperti akan terjatuh. Bumi yang dipijak pun terasa berputar-putar. Untuk itu sebaiknya segera tidur dan menutup mata untuk mengurangi efek tersebut.

Gejala vertigo biasanya dirasakan dalam beberapa jam saja. Bila penderitanya sudah beristirahat yang cukup, bisa saja vertigo hilang dengan segera. Namun, dalam beberapa kasus, vertigo dapat berlangsung selama beberapa hari. Sehingga penderitanya tidak dapat beraktifitas seperti biasanya.

 

3 dari 3 halaman

Pencegahan Vertigo

Vertigo© Pexels.com

 

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo:

  • Menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.
  • Segera duduk jika vertigo menyerang.
  • Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
  • Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
  • Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
  • Kenalilah pemicu vertigo dan lakukan latihan yang dapat memicu vertigo. Otak akan menjadi terbiasa dan malah menurunkan frekuensi kambuhnya vertigo. Lakukan latihan ini dengan meminta bantuan orang lain.
  • Bagi yang juga mengidap penyakit Meniere, batasi konsumsi garam dalam menu sehari-hari.

Untuk penanganan vertigo dengan gejala ringan, masih dapat dilakukan dirumah saja. Cukup dengan beristirahat yang cukup. Selain itu lakukan pijatan ringan di sekitar area kepala. Dan minum air putih yang cukup untuk membantu memperlancar peredaran darah.

 

(Sumber: alodokter.com dan berbagai sumber lainnya)

Beri Komentar