Mengenal Toxoplasma, Parasit Penyebab Radang Otak yang Diidap Barli Asmara

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 28 Agustus 2020 15:33
Mengenal Toxoplasma, Parasit Penyebab Radang Otak yang Diidap Barli Asmara
Desainer 42 tahun itu sempat menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit radang otak.

Dream - Kabar meninggalnya desainer terkenala Indonesia, Barli Asmara mengejutkan para penikmat fashion Tanah Air. Desainer kondang itu menghembuskan napas terakhir di Bali pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Menurut keterangan pihak keluarga, Barli Asmara meninggal dunia sekitar pukul 3 sore WITA setelah mendapat perawatan di ruang ICU.

" Radang otak, kena virus Toxoplasma," tutur Mutia Wisnu, sepupu Barli lewat pesan singkat kepada awak media.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Barli Asmara (@barliasmara) on

Radang otak atau Ensefalitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan otak sehingga menyebabkan gejala gangguan saraf.

Penyakit ini dapat terjadi akibat inveksi virus, bakteri atau jamur. Termasuk Toxoplasma gondii, parasit bersel tunggal yang hidup di berbagai jenis unggas dan mamalia.

1 dari 5 halaman

Penyebab Seseorang Terserang Toxoplasma

Toxoplasma dapat tumbuh di dalam lapisan usus hewan. Penyebaran infeksi dapat terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari terpapar kotoran hewan yang terinfeksi Toxoplasma, melalui plasenta ibu hamil, transfusi darah hingga transplantasi organ dari orang yang terinfeksi parasit ini.

Toxoplasma© Foto: Shutterstock

Tak hanya itu, manusia juga bisa tertular Toxoplasma jika mengonsumsi daging kurang matang dari hewan yang terinfeksi parasit tersebut. Sayur, buah-buahan serta umbi-umbian terkontaminasi tanah dari Toxoplasma juga bisa menjadi sumber penyebaran parasit.

2 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Toxoplasma Penyebab Radang Otak

Toxoplasma yang menginfeksi tubuh dapat menjadi sangat serius ketika tubuh tidak memiliki imunitas yang cukup kuat. Parasit ini juga bisa mengancam janin yang dikandung oleh ibu hamil. Selain itu, terdapat pula risiko serius dari penyakit radang otak.

Radang otak diawali dengan gejala ringan yang kerap disalahartikan sebagai flu. Seperti demam, sakit kepala, muntah, tubuh terasa lelah, serta nyeri otot dan sendi.

Radang Otak© Foto: Shutterstock

Penyakit ini dapat diketahui dengan pemeriksaan lanjutan yang mencakup MRI, CT Scan, tes laboratorium, biopsi otak dan Elektroensefalogram (EEG).

Lumbal pungsi juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi jenis bakteri atau virus penyebab infeksi. Prosedur dilakukan dengan cara memasukkan jarum ke tulang belakang untuk mengambil sampel cairan serebrospinal.

Radang otak yang sudah parah dapat merusak kemampuan otak dalam mengendalikan tubuh. Selain konsumsi obat-obatan, penderita radang otak bisa saja memerlukan terapi fisik, wicara, okupasi higga psikoterapi.

3 dari 5 halaman

Kronologi Meninggalnya Barli Asmara

Dream - Kabar meninggalnya Desainer Barli Asmara membuat keluarga, sahabat dan penikmat karyanya berduka. Mulai dari Zaskia Sungkar, Dian Pelangi, Dwi Handa dan beberapa kerabatnya menunjukkan rasa duka cita.

Berdasarkan penuturan pihak keluarga, desainer 42 tahun itu tutup usia pada pukul 15.00 WITA di Bali.

" Inalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah wafat anak, cucu, kakak, adik, keponakan kami Barli Perdana Asmara bin Baron Asmara, 42th. Kamis, 27 Agustus 2020, pk.15.00 WITA di Bali. Mohon maaf atas segala kesalahan alm & mohon doa utk alm. Keluarga Besar Baron Asmara," tulis sepupu Barli, Mutia Wisnu melalui pesan singkat kepada media.

Selanjutnya, Mutia mengungkapkan penyebab meninggalnya desainer yang hampir 16 tahun berkarya di bidang fashion itu. " Radang otak, kena virus Toxoplasma" .

Melihat respon teman-temannya, belum banyak yang mengetahui penyakit yang diderita pria asal Bandung ini.

" Inalillahi wa inna ilaihi roji'un. Selamat jalan kak Barli. Insya Allah diberikan tempat terbaik di sisiNya," ucap Alyssa Soebandono.

" Inalillahiwainailaihirojiun Selamat jalan kak @barliasmara yang baik hati," tulis Ayushita.

" Kak, ya Allah to many memories with u kak, al fatihat," tutur Whulandary.

4 dari 5 halaman

Sempat Kritis dan 5 Hari di ICU

Sebelum meninggal, Barli sempat menjalani perawatan intensif selama beberapa minggu di rumah sakit. Sejak mendapat perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Bali, Dian Pelangi dan manajemen Barli Asmara kerap melakukan video call. Mereka menyemangati lelaki berusia 42 tahun itu supaya tetap bersemangat untuk melawan penyakit yang dideritanya.

Rencananya pemakaman Barli Asmara akan dilangsungkan di Bali. Sebab dia sudah tinggal di sana sejak sekitar satu tahun belakangan. Namun mengenai waktunya masih dalam pembicaraan keluarga.

5 dari 5 halaman

Duka Dian Pelangi atas Kepergian Barli Asmara

Dream - Setelah hampir 16 tahun berkarya, Desainer Barli Asmara tutup usia. Kabar kepergian Barli diketahui dari unggahan Instagram Zaskia Sungkar, Dwi Handa dan beberapa sosok terdekatnya.

Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya desainer yang sedang memasuki ranah e-commerce itu. Namun menurut Dian Pelangi saat dihubungi melalui pesan singkat sore ini, Barli meninggal siang tadi.

" Iya, saya baru di info juga. Bener, beliau siang tadi jantung dan nafasnya sudah terhenti," tutur desainer yang baru saja melahirkan itu.

Melalui pesan tersebut, terlihat Dian sangat sedih atas perginya desainer yang sempat berkolaborasi dengannya untuk koleksi Lebaran lalu.

Desainer 29 tahun itu juga memohon doa untuk kepergian Barli. " Mohon doanya ya. Beliau sahabat saya banget," lanjutnya.

Diketahui, selain merilis karya kolaborasi bersama Dian, Barli juga merilis koleksi bertajuk Unchained yang bertema monokrom dengan busana serba putih.

Di koleksi tersebut, ia melibatkan Okky Asokawati, Jovi Adhiguna, Reti Ragil dan beberapa sosok lainnya sebagai muse. Koleksinya yang bertajuk Neelakurinji merupakan karya terakhir yang tampil di pagelaran busana Muffest awal tahun ini.

Beri Komentar