Menguak Bahaya Makan Kecap Manis Berlebihan

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 13 Juli 2020 10:12
Menguak Bahaya Makan Kecap Manis Berlebihan
Pastikan mengonsumsi secukupnya saja.

Dream - Kecap manis memang jadi bumbu tambahan yang disukai orang Indonesia. Perpaduan rasa manis dan gurih, membuatnya bisa dipadukan dengan beragam makanan seperti nasi, mi bahkan kerupuk.

Sahabat Dream penggila kecap manis? Pastikan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Dikutip dari Klikdokter, kecap manis ternyata berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, apalagi bila dikonsumsi berlebihan. Yuk, kita cari tahu sebabnya.

Tinggi Natrium
Salah satu zat yang patut diperhatikan pada setiap saus atau bumbu masakan adalah natrium atau garam. Nah, sayangnya, kecap manis mengandung banyak natrium. Natrium sendiri sebenarnya merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Asupan natrium yang tinggi berhubungan dengan peningkatan tekanan darah, terutama pada orang yang sensitif terhadap garam. Peningkatan tekanan darah yang terjadi secara berkelanjutan berpotensi menyebabkan terjadinya penyakit jantung maupun serangan jantung.

Bahaya konsumsi kecap manis berlebih bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah peningkatan tekanan darah. Jika kamu adalah penderita hipertensi, membatasi konsumsi kecap manis dan bahan makanan lain yang tinggi natrium adalah wajib.

Adapun batas aman konsumsi natrium yang disarankan adalah 1.500–2.300 mg per hari. Satu sendok makan kecap manis berkontribusi terhadap 38 persen kebutuhan natrium harian Anda.

 

1 dari 3 halaman

Tinggi Gula

 Pubertas Anak Terjadi Lebih Cepat, Apa Penyebabnya?© MEN


Kecap manis mengandung gula yang cukup tinggi sehingga terasa manis dan enak. Dalam satu sendok makan kecap manis mengandung gula 10 gram. Adapun, asupan gula per hari dari Kementerian Kesehatan adalah 50 gram.

Jika kecap manis dikonsumsi terlalu banyak, risiko penyakit diabetes melitus akan meningkat. Atas alasan yang sama, penderita diabetes juga sebaiknya membatasi asupan jumlah kecap manis.

 

 

2 dari 3 halaman

Mengandung Zat Amin

Amin adalah bahan kimia alami yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Saus kedelai—dalam hal ini kecap manis—mengandung sejumlah amin, termasuk histamin dan tyramine. Nah, konsumsi histamin terlalu banyak dapat menyebabkan efek racun.

 Penuaan Pada Manusia, Apa Penyebabnya? © MEN

Gejala yang dapat timbul akibat paparan histamin yang terlalu tinggi adalah sakit kepala, berkeringat, pusing, gatal, ruam, dan masalah lambung. Ingin menghindari bahaya kecap manis yang satu ini? Orang yang sensitif terhadap amin sebaiknya mengurangi asupan kecap manis atau menghindarinya sama sekali.

 

3 dari 3 halaman

Meningkatkan Risiko Hipotiroidisme

Dampak makan kecap terlalu banyak lainnya adalah meningkatkan risiko hipotiroidisme. Pada orang normal, mengonsumsi kecap yang mengandung kedelai tidak akan memengaruhi kelenjar tiroid.

Namun, makan kecap berlebihan dapat mengganggu penyerapan obat pengganti hormon tiroid. Itu sebabnya, para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi obat tersebut beberapa saat sebelum makan.

Selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar