Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit Meningitis

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 9 April 2020 17:48
Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit Meningitis
Gleen Fredly terserang meningitis. Penyakit jenis apakah itu?

Dream – Dunia musik Indonesia kembali berduka. Glenn Fredly, musisi yang terkenal dengan lagu-lagu romantisnya, tutup usia setelah terserang penyakit meningitis.

Pihak keluarga menyatakan penyakti tersebut telah menyerang Gleen dalam beberapa pekan terakhir. Ayah satu anak itu pernah menjalani perawatan dan sempat memperlihatkan kondisi tubuh yang membaik. 

Namun dalam sepekan terakhir, penyakit meningitis itu kembali membuat tubuhnya melemah. Glenn yang dikenal tak pernah memperlihatkan kondisi tubuh sakit meminta untuk segera berobat ke dokter. Takdir berkata lain. Gleen berpulang sekitar pukul 6 petang.

Melansir laman Health Line, Dream akan mengulas penyakit meningitis yang disebut merenggut nyawa Glenn Fredly.

1 dari 4 halaman

Penyakit Meningitis yang diderita Glenn Fredly

Berdasarkan keterangan Health Line, meningitis merupakan kondisi peradangan pada tiga selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Peradangan pada meninges (tiga selaput tersebut) dapat terjadi ketika cairan di sekitar meninges terinfeksi.

Infeksi ini juga terlihat seperti flu, padahal ia bisa semakin parah dan sulit mendapat diagnosis. Lalu apa sebenarnya penyebab penyakit meningitis?

Penyebab seseorang terserang meningitis adalah infeksi virus dan bakteri. Pemicu lainnya juga bisa berasal dari Infeksi kanker, iritasi kimia, jamur, dan alergi obat tertentu.

Bahkan dalam beberapa kasus, meningitis bisa menular. Penularannya dapat melalui batuk, bersin dan kontak dekat dengan penderita. Gejala seseorang terkena meningitis adalah demam, pusing, nyeri sendi, dan leher yang terasa kaku.

2 dari 4 halaman

Akibat yang Lebih Parah

 Ilustrasi© instagram @glennfredly309

Apabila penderita meningitis bertahan hidup, ia akan mendertia dengan beebrapa dampak atau akibat dari penyakit tersebut. Dilansir Liputan6.com, dampak sampingnya antara lain amputasi lengan, kaki, jari atau jempol. Kemudian kerusakan neurologis, tuli, dan kerusakan ginjal.

Infeksi bakteri ini menular dengan sangat mudah melalui tetesan pernapasan penderita. Selain itu juga ketika seseorang berbagi alat makan, botol minum, dan saling berciuman.

Pusat Pengendalian penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan supaya remaja usia 11 dan 16 tahun diberikan vaksin melawan meningococcal meningitis.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Meningitis

Pertama adalah meningitis yang disebabkan oleh virus. Virus meningitis adalah jenis meningitis yang paling umum. Virus kategori enterovirus ini menyebabkan 85 persen kasus meningitis. Biasanya menyerang disaat musim panas dan musim gugur.

Kedua, bakteri meningitis, dapat menular dan disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu. Meningitis jenis ini sangat fatal apabila tidak mendapat perawatan intensif. Banyak bakteri yang menyebabkan meningitis, diantaranya adalah streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, haemophilus influenza, dan listeria monocytogenes.

4 dari 4 halaman

Meningitis yang Disebabkan Oleh Jamur dan Parasit

 Ilustrasi© Pixabay

Ketiga adalah meningitis jamur, adalah jenis meningitis yang langka. Karena disebabkan oleh jamur yang menginfeksi tubuh kemudian menyebar ke aliran darah menuju otak dan sumsum tulang belakang. Sistem imun yang rendah cenderung rentan terserang meningitis jamur, termasuk diantaranya adalah penderita kanker dan HIV.

Keempat, meningitis parasite, disebabkan oleh parasit yang ditemukan di dalam tanah, tinja, dan pada beberapa hewan. Serta dari makanan seperti siput, ikan mentah, dan unggas.

Kelima, jenis meningitis non-infeksi, yaitu jenis meningitis yang disebabkan oleh kondisi atau perawatan medis, seperti perawatan lupus, cedera kepala, operasi otak, kanker, dan penggunaan obat-obatan tertentu, jadi bukan disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, maupun jamur, juga bukan parasit.

(sah)

Beri Komentar