Menyiasati Stres Saat Liburan

Reporter : Ervina
Selasa, 30 Desember 2014 12:00
Menyiasati Stres Saat Liburan
Tidak jarang, berlibur justru memicu stres karena merasa tegang dan adanya tekanan emosional. Cek lima metode mengatasi stres saat tengah asyik berlibur.

Dream - Berlibur seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk melepas penat dan stres dari rutinitas sehari-hari. Sayangnya, tidak sedikit liburan yang justru memicu kemunculan stres.

Untuk mengurangi ketegangan dan tekanan emosional saat berlibur, Peggy Caruso seorang penulis dan hypnotherapist membagi lima metode. Mengutip laman Womenshealth, lima metode berikut dapat membantu membuat liburan lebih berkualitas.

Maknai Liburan
Dengan mengetahui tujuan berlibur, maka setiap waktu yang Anda lalui akan lebih bermakna dan terasa menyenangkan. Jadikan liburan sebagai hadiah dari kerja keras Anda setiap hari dan sebagai sebuah ajang refleksi serta sebuah proses belajar dalam memaknai hidup.

Keluar dari Zona Nyaman
Jika selama ini Anda kerap menghabiskan waktu berlibur ke pantai, cobalah sekali-kali mencicipi dinginnya udara pegunungan atau dengan menjadi relawan untuk rumah jompo. Selain memiliki pengalaman dan relasi baru, berlibur dengan cara yang berbeda membuat Anda lebih bersyukur atas apa yang telah dimiliki.

Ketahui Batasan
Sebagai tamu yang berkunjung ke suatu tempat berlibur, jagalah selalu etika yang diusung oleh masyarakat setempat. Dengan mengetahui batasan, Anda bukan hanya menghargai perbedaan tetapi juga bisa merasakan menjadi bagian dari satu komunitas di mana Anda berada untuk waktu tertentu.

Belajar Katakan 'Tidak'
Sesekali cobalah untuk tidak mangkir saat ada agenda berlibur bersama keluarga besar. Saat seperti ini bisa membuat Anda merasakan hangatnya kebersamaan dan mencoba mengeksplorasi sisi lain dari diri Anda.

Berdoa
Meskipun sedang menikmati waktu berlibur, usahakan untuk tidak terbuai dan melupakan waktu sesaat untuk mensyukuri saat berlibur yang tengah Anda rasakan. Berdoa bukan hanya membuat perasaan lebih tenang, tetapi juga membuat Anda lebih bersemangat saat kembali ke rutinitas normal.

Beri Komentar