Meski Jarang Ditemukan, Ini Dia 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 7 Mei 2021 11:47
Meski Jarang Ditemukan, Ini Dia 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan
Miliki beragam kandungan yang sangat penting untuk tubuh, aprikot menjadi buah yang baik untuk membuatmu hidup sehat.

Dream – Buah aprikot mungkin belum terlalu familiar di kalangan masyarakat Indonesia, seperti halnya buah yang umum dikonsumsi, seperti papaya, pisang, dan mangga. Buah aprikot adalah buah impor yang biasanya bisa kamu jumpai di supermarket. Buah ini memiliki aroma yang manis lembut dan saat kamu melihatnya pasti ingin segera menikmatinya.

Meskipun buah ini jarang ditemukan, manfaat yang dimiliki oleh buah aprikot sangatlah beragam. Di antaranya terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, tembagam kalium, fosfor, magnesium, dan niasin. Dengan kesemua kandungan tersebut, maka tidak mengherankan jika buat aprikot sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Apalagi dalam kesehariannya, kamu perlu memenuhi asupan vitamin dari buah-buahan. Buah aprikot bisa menjadi pilihan yang tepat agar vitamin di tubuhmu terpenuhi dengan baik. Daripada makin penasaran apa saja manfaat buah aprikot untuk kesehatan, berikut ulasannya sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 5 halaman

Mengatasi Sembelit dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi Buah Aprikot untuk Tingkatkan Metabolisme© Freepik.com

Mengatasi Sembelit

Buah aprikot mampu membantu untuk mengatasi sembelit. Hal ini karena adanya kandungan serat di dalam aprikot yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serat di dalam buah aprikot juga akan merangsang produksi cairan lambung serta membuat sistem pencernaanmu semakin mudah untuk menyerap nutrisi.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam melakukan proses metabolisme tubuh, tentunya dibutuhkan beberapa kandungan penting. Potasium dan sodium menjadi kandungan yang dimiliki oleh buah aprikot dan berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Di mana nantinya bisa bermanfaat untuk memperbaiki sistem metabolisme serta mencegah dari terjadinya kram otot.

2 dari 5 halaman

Menyehatkan Jantung dan Meningkatkan Produksi Darah

Ilustrasi Jantung Sehat© Freepik.com

Menyehatkan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ vital yang jika terjadi masalah maka bisa membahayakan hidupmu. Sudah banyak nyawa yang melayang karena penyakit jantung. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan jantung dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan mengonsumsi buah aprikot.

Kandungan serat di dalam aprikot mampu untuk mengurangi kolesterol jahat di tubuh. Dengan begitu, jantungmu pun akan lebih kuat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Produksi Darah

Buah aprikot bisa kamu andalkan untuk meningkatkan produksi darah. Hal ini tidak terlepas dari kandungannya yang berupa zat besi untuk membantu memproduksi sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah aprikot, maka kamu bisa mendapatkan asupan zat besi yang baik dan juga terhindar dari anemia.

3 dari 5 halaman

Menguatkan Tulang dan Menyehatkan Mata

Ilustrasi Tulang Kuat© Freepik.com

Menguatkan Tulang

Bagi kamu yang ingin memiliki tulang kuat, maka cobalah untuk mengonsumsi buah aprikot. Buah ini mengandung beberapa mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya berupa zat besi, kalsium, mangan, tembaga, dan fosfor yang kesemuanya sangat diperlukan oleh tulang.

Jika kamu rutin mengonsumsi buah aprikot, maka bisa menghindarkanmu dari penyakit osteoporosis. Di mana penyakit ini kerap menyerang orang yang sudah tua.

Menyehatkan Mata

Buah aprikot juga ampuh untuk menyehatkan mata. Kandungan vitamin A di dalam buah aprikot yang akan membantu untuk memperbaiki penglihatan. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin A pada aprikot juga mampu mencegah dari efek buruk radikal bebas yang menyerang imunitas tubuh sehingga membuatmu mudah terserang penyakit.

 

4 dari 5 halaman

Mengatasi Demam dan Mencegah Penyakit Kanker

Ilustrasi Penyakit Kanker© Freepik.com

Mengatasi Demam

Bagi yang mengalami demam, maka mengonsumsi jus buah aprikot bisa menjadi solusi yang tepat. Hal ini karena aprikot memiliki kandungan berupa mineral dan vitamin yang sangat penting. Di mana mempunyai sifat menenangkan dan antiinflamasi guna meredakan rasa sakit dan peradangan yang dikarenakan oleh demam.

Mencegah Penyakit Kanker

Tidak hanya penyakit jantung saja yang bisa merenggut nyawa. Kanker juga menjadi penyakit yang banyak ditakuti. Namun kamu bisa mencegah penyakit ini agar tidak menyerangmu. Salah satunya dengan mengonsumsi buah aprikot.

Di mana buah ini memiliki kandungan berupa karotenoid dan antioksidan yang ampuh untuk mencegah kanker. Oleh karena itu, kamu pun dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah aprikot demi bebas dari penyakit kanker.

5 dari 5 halaman

Membuat Kulit Cantik dan Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Freepik.com

Membuat Kulit Cantik

Buah aprikot memiliki kandungan berupa vitamin A, vitamin C, dan fitonutrien. Kesemua kandungan nutrisi ini sangat berguna untuk memperlambat proses penuaan dan membuat kulitmu lebih cantik. Dengan begitu, aprikot bisa menjadi buat pilihan yang mampu memaksimalkan penampilanmu.

Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi idaman bagi setiap orang, apalagi perempuan. Berat badan yang tidak berlebihan bukan hanya sekedar untuk mendukung penampilan saja, tetapi juga membuat tubuhmu sehat. Demi mendapatkan berat badan yang ideal, maka perhatikan dengan baik makanan yang kamu konsumsi.

Aprikot menjadi buah yang bisa kamu andalkan. Dalam 100 gram buah aprikot terdapat 45 kalori dan serat. Sehingga saat kamu mengonsumsi buah aprikot, maka kamu akan merasa kenyang lebih lama dan ini berguna untuk menurunkan berat badan.

Itulah 10 manfaat buah aprikot untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaat-manfaat tersebut, sahabat Dream bisa mencoba mengonsumsi buah ini.

Beri Komentar