Miliki Banyak Kandungan Penting, Ini 8 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 7 Mei 2021 16:45
Miliki Banyak Kandungan Penting, Ini 8 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan
Daun sukun tidak terlalu populer seperti buahnya. Namun ternyata daun ini bisa diandalkan untuk mengatasi beragam penyakit.

Dream – Manfaat daun sukun mungkin tidak sepopuler buahnya, yang biasa dijadikan sebagai gorengan maupun kripik. Buah sukun menjadi camilan yang digemari. Bahkan hanya dengan dikukus saja, buah sukun terasa lezat, legit, dan pastinya menyehatkan.

Selain buahnya, daun sukun juga memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan. Sebab dalam daun sukun mengandung polifenol, flavonoid, kalium, riboflavin, tanin, asam amino esensial, sitosterol, dan asetilkolin. Semua kandungan itulah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Daun sukun juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antiatherosklerosis, antimikroba, antikanker, antinefritis, dan antioksidan. Dengan banyaknya kandungan daun sukun, tidak mengherankan jika manfaatnya juga cukup beragam untuk mendukung kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Mengobati Luka dan Mengatasi Gagal Ginjal

Daun Sukun Bermanfaat untuk Mengobati Luka© Pixabay.com

Mengobati Luka

Manfaat daun sukun yang pertama bagi kesehatan adalah bisa untuk mengobati luka karena daun sukun memiliki kandungan antioksidan. Selain itu juga ada beberapa senyawa, seperti polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid di dalam daun sukun yang bisa membantu dalam mempercepat penyembuhan luka. Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu mengalami luka, maka daun sukun bisa menjadi solusi yang tepat.

Mengatasi Gagal Ginjal

Manfaat daun sukun yang tak bisa kamu lewatkan adalah bisa mengatasi gagal ginjal. Menyadari bahwa ginjal adalah organ vital yang perlu kamu jaga kesehatannya. Jika sampai ginjal tidak bisa bekerja secara normal, maka akan membuat tubuhmu dipenuhi dengan racun. Bagi penderita gagal ginjal, umumnya akan memperoleh perawatan hemodialisis yang dilakukan secara teratur.

Tetapi perlu kamu ketahui juga bahwa dari perawatan ini akan memberikan efek samping. Misalnya saja kelelahan, hipotensi, infeksi, dan sepsis. Oleh karena itu, kamu bisa memilih dengan cara alami menggunakan daun sukun yang dijadikan teh. Minuman ini akan membantu kerja ginjal agar lebih optimal yang bertindak sebagai diuretik.

2 dari 4 halaman

Mengatur Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Jantung Sehat© Freepik.com

Mengatur Kolesterol

Manfaat daun sukun juga bisa membantu mengatur kolesterol di tubuh. Jika sampai tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini bisa membuat sistem kardiovaskular mengalami kerusakan. Oleh karena itu, daun sukun diyakini mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang memiliki peran penting untuk bisa menurunkan kolesterol. Selain itu pastinya bisa menghindarkanmu dari masalah kesehatan berupa penyakit jantung koroner.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit berbahaya yang telah banyak merenggut nyawa. Penyakit ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti halnya komplikasi hipertensi, diabetes, maupun gagal ginjal. Di dalam daun sukun terdapat senyawa yang bisa menormalkan tekanan darah serta meningkatkan aliran darah.

Tidak hanya itu saja, daun sukun memiliki kandungan flavonoid, riboflavin, dan sirosterol yang bisa menjada kesehatan jantung. Dengan begitu, hal ini bisa memperkecil terjadinya kerusakan pada sistem kardiovaskular.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menjadikan daun sukun sebagai teh. Nantinya the daun sukun akan membantu menurunkan kadar kolesterol serta mengambil kolesterol dari darah untuk dikeluarkan melalui feses dan urine.

3 dari 4 halaman

Mengontrol Kadar Gula di Tubuh dan Mengatasi Alergi

Ilustrasi Mengalami Alergi© Freepik.com

Mengontrol Kadar Gula di Tubuh

Manfaat daun sukun ampuh untuk membantu mengontrol kadar gula di tubuh. Berlebihnya kadar gula di dalam tubuh, hal inilah yang bisa memicu hadirnya penyakit diabetes. Solusinya, kamu bisa menggunakan daun sukun yang memiliki efek insulin. Di mana bisa diandalkan untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Selain itu, daun sukun juga memiliki senyawa flavonoid yang diyakini mampu menjaga gula darah tetap stabil serta bisa memperkecil risiko penyakit diabetes.

Mengatasi Alergi

Manfaat daun sukun berikutnya bagi kesehatan adalah bisa untuk mengatasi alergi. Alergi sendiri adalah bentuk respon dari sistem kekebalan tubuh pada za tasing yang tidak berbahaya bagi tubuh. Alergi ini bisa muncul karena tubuh tidak bisa memproduksi hormone maupun enzim yang memiliki tanggung jawab untuk sistem anti-alergen di dalam tubuh.

Dari kondisi inilah yang membuat tubuh tidak bisa mengenali beberapa zat dan menimbulkan reaksi saat bertemu dengan allergen. Untuk meredakan reaksi serta munculnya alergi, maka kamu bisa mengonsumsi satu cangkir teh daun sukun secara rutin.

4 dari 4 halaman

Meredakan Asam Urat dan Mengobati Kandidiasis Vagina

Ilustrasi Mengalami Kandidiasis Vagina© Freepik.com

Meredakan Asam Urat

Manfaat daun sukun lainnya adalah untuk meredakan asam urat. Adanya kandungan antiinflamasi di dalam daun sukun mampu untuk meredakan peradangan pada sendi. Kamu bisa mengonsumsi teh daun sukun untuk mengurangi penyakit asam urat secara perlahan.

Pastikan saat kamu mengonsumsi teh daun sukun, maka hindarilah makanan dengan purin tinggi. Karena kandungan inilah yang bisa memicu munculnya asam urat. Jika sampai kadar asam urat mengalami peningkatan, maka hal ini akan berhubungan dengan penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan penyakit ginjal.

Mengobati Kandidiasis Vagina

Manfaat daun sukun juga baik untuk kesehatan perempuan. Di mana mampu untuk mengobati kandidiasis vagina. Ini adalah kondisi di mana vagina mengalami infeksi oleh ragi Candida sp. Biasanya kerap terjadi pada perempuan yang mengalami diabetes, obesitas, dan yang imunitasnya rendah seperti TBC, HIV, dan kanker.

Kamu bisa mengonsumsi teh daun sukun untuk mengobatinya. Usahakan meminumnya secara rutin sebanyak 1 gelas dalam sehari dan pakailah teh tersebut sebagai sabun vagina dengan pemakaian sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Itulah 8 manfaat  daun sukun yang mampu mengatasi beragam penyakit. Jadi, daun sukun yang biasanya tidak dipedulikan ini bisa sahabat Dream gunakan sebagai obat tradisional yang manjur.

Beri Komentar