9 Manfaat Garam Himalaya bagi Kesehatan, Kandungan Mineralnya Melimpah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Sabtu, 1 Mei 2021 07:01
9 Manfaat Garam Himalaya bagi Kesehatan, Kandungan Mineralnya Melimpah
Beda dengan garam dapur, garam Himalaya menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat garam Himalaya atau yang tenar dengan sebutan himsalt tentunya berbeda dengan garam pada umumnya. Sesuai namanya, garam ini berasal dari pegunungan Himalaya yang berada di antara Pakistan, Cina, India, Bhutan, dan Nepal.

Untuk membedakannya dengan garam yang biasa kamu gunakan memasak, garam Himalaya berbentuk kristal berukuran kecil dan berwarna merah muda. Bahkan dari pembuatannya pun juga berbeda dengan garam dapur.

Garam dapur berasal dari air laut yang menguap dan membentuk kristal garam. Kemudian dilakukan pemurnian untuk menghilangkan mineral-mineralnya selain natrium klorida. Sedangkan garam Himalaya juga mengandung beberapa mineral sekitar 80 jenis. Dari kandungan itulah yang membuat warnanya menjadi merah.

Sebagaimana dilansir dari Healthbenefit, garam Himalaya mengandung 98 persen natrium klorida dan beberapa mineral, misalnya saja kalsium, kalium, magnesium, sampai zat besi. Dari beragam kandungan mineral itulah yang membuat garam  Himalaya dipercaya bisa menyehatkan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat garam Himalaya sebagaimana dihimpun melalui Brilio.net.

1 dari 5 halaman

Mendetoksifikasi Tubuh serta Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Ilustrasi Tubuh yang Terdetoksifikasi© Freepik.com

Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat garam Himalaya yang pertama untuk kesehatan adalah bisa mendetoksifikasi tubuh. Hal itu karena dari berbagai mineral yang dimiliki oleh garam Himalaya mampu membantu dalam proses detoksifikasi secara alami dan mendorong terjadinya pembuangan bakteri.

Adanya yodium alami pada garam Himalaya bisa membuat tubuh memiliki keseimbangan elektrolit, membantu usus agar bisa menyerap nutrisi serta menurunkan tekanan darah.

 

Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Di dalam garam Himalaya terdapat efek anti bakteri serta anti jamur yang bisa membantu tubuh agar terhindar dari infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan garam Himalaya sebagai solusi tepat utnuk mencegah dan mengobati terjadinya peradangan di bagian mulut, misalnya sariawan.

© Dream
2 dari 5 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Menyehatkan Pernapasan

Ilustrasi Imunitas Tubuh yang Baik© Freepik.com

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh sangatlah penting untuk menjauhkan tubuhmu dari berbagai serangan bakteri maupun virus pembawa penyakit. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, kamu bisa mengonsumsi garam Himalaya. Di mana terdapat kandungan natrium yang cukup tinggi, sehingga diyakini bisa menjaga sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja, kandungan tersebut pun efektif dalam memperbaiki proses pertumbuhan di tubuhmu.

 

Menyehatkan Pernapasan

Manfaat garam Himalaya juga bisa menyehatkan pernapasan. Hal ini karena adanya nutrisi alami yang ampuh untuk membersihkan paru-paru dari keberadaan lendir yang terlalu banyak. Bahkan di dalam garam Himalaya juga mempunyai efek antihistamin alami.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa berkumur dengan air yang dicampur dengan garam Himalaya secara teratur. Dengan begitu, kesehatan sistem pernapasan pun bisa terjaga dengan baik.

 

3 dari 5 halaman

Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker serta Menjaga Fungsi Pencernaan

Ilustrasi Mengalami Sakit Jantung© Freepik.com

Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Manfaat garam Himalaya yang tak kalah istimewa adalah bisa mencegah dari penyakit jantung dan kanker. Hal ini karena di dalamnya terkandung sodium dan ion klorida yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh serta melindungimu dari kerusakan sel.

Dengan begitu, garam ini ampuh menghindarkanmu dari beragam penyakit kronis, salah satunya jantung. Bahkan jika kamu rutin mengonsumsi garam Himalaya, maka bisa memperkecil risiko terkena penyakit kanker.

 

Menjaga Fungsi Pencernaan

Manfaat garam Himalaya lainnya bagi kesehatan adalah bisa menjaga fungsi pencernaan. Berkat adanya mineral yang tinggi pada garam Himalaya, maka ini bisa membuat pH di tubuhmu menjadi seimbang. Saat pH tubuh seimbang, maka imunitas tubuh pun akan lebih baik dan bisa membantu dalam memproses serta mencerna makanan.

 

© Dream
4 dari 5 halaman

Mencegah Serangan Radikal Bebas dan Mencegah Dehidrasi

Ilustrasi Mengalami Dehidrasi© Freepik.com

Mencegah Serangan Radikal Bebas

Dengan mengonsumsi garam Himalaya, hal ini bisa menghindarkanmu dari serangan radikal bebas. Seperti yang diketahui bahwa radikal bebas sangatlah berbahaya karena bisa merusak sel-sel di tubuh. Jika sampai radikal bebas di dalam tubuh tidak diimbangi dengan antioksidan, maka bisa memicu datangnya penyakit kronis, misalnya berupa jantung dan hipertensi.

Pencegahan serangan radikal bebas dengan garam Himalaya dikarenakan pada garam ini terkandung anti mikroba yang ampuh menangkalnya dengan baik.

 

Mencegah Dehidrasi

Manfaat garam Himalaya berikutnya adalah bisa mencegah dehidrasi. Hal ini karena garam Himalaya memiliki kandungan mineral serta elektrolit yang cukup tinggi. Kamu bisa meminum air yang diberikan sejumput garam Himalaya dengan kaya mineral setelah melakukan olahraga. Cara ini bisa memulihkan tenaga, meningkatkan energi, dan mencegah dari dehidrasi.

5 dari 5 halaman

Mengurangi Gangguan Tidur

Ilustrasi Mengalami Gangguan Tidur© Freepik.com

Bagi kamu yang mengalami gangguan tidur, maka salah satu solusinya adalah dengan garam Himalaya. Gangguan tidur ini terjadi saat di antara jam 2 pagi dan 4 pagi, di mana reaksi biokimia yang terjadi dikarenakan hormon stres yang tinggi kemudian mengalir di sistem.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu bisa mencampurkan madu dengan sejumput garam Himalaya. Lalu makanlah atau letakkan di secangkan teh untuk kamu konsumsi secara rutin.

Itulah 9 manfaat garam Himalaya untuk kesehatan. Demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pastikan sahabat Dream mengonsumsinya secara teratur.

 

 

 

© Dream
Beri Komentar