Minuman Penurun Kolesterol, Alami dan Menyehatkan

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 13 Juli 2020 14:12
Minuman Penurun Kolesterol, Alami dan Menyehatkan
Apa saja minuman penurun kolesterol?

Dream – Kolesterol adalah salah satu penyakit yang tak bisa diremehkan. Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebabnya. Menurunkan kadar kolesterol tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi obat semata.

Banyak penderita kolesterol yang juga mengonsumsi minuman alami penurun kolesterol. Minuman ini berfungsi mengembalikan kadar kolesterol dalam darah.

Seseorang dikatakan menderita kolesterol tinggi ketika memiliki total kolesterol darah lebih dari 240 miligram per desiliter (mg/dL). Angka tersebut dipengaruhi oleh komponen dalam kolesterol darah, yakni kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserida.

Jika tidak segera diatasi, justru akan menambah risiko penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan serangan jantung. Nah apa saja minuman penurun kolesterol? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Teh

 Teh Hijau© Pexels.com

 

Teh memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk turunkan kolesterol.  Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu menaikkan kadar kolesterol baik. Kandungan polifenol dalam teh hijau kemungkinan mampu menghalangi kolesterol diserap usus sekaligus membantu menyingkirkannya. Namun untuk mendapatkan hasilnya, teh harus rutin dikonsumsi selama beberapa minggu.

2 dari 5 halaman

Jus Alpukat

 Alpukat© Pixabay.com

 

Buah alpukat mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) dan serat yang dapat menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL. Mengonsumsi alpukat dapat dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat dapat dibuat menjadi jus sebagai minuman yang menyehatkan.

3 dari 5 halaman

Jus Delima

 Delima© Pexels.com

 

Diketahui bahwa delima memiliki kandungan antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan inilah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan ini juga dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat atau LDL.

4 dari 5 halaman

Susu Kedelai

 Susu Kedelai© Pexels.com

 

Protein kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sekitar tiga sampai enam persen. Selain itu, susu kedelai juga mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kadar lipid dalam tubuh juga kaya vitamin B-6 dan mengandung magnesium, phosphorus, riboflavin, serta thiamin.

5 dari 5 halaman

Minyak Zaitun

 Minyak Zaitun© Pixabay.com

 

Minyak zaitun extra virgin bermanfaat untuk turunkan kolesterol. Minyak zaitun extra virgin juga mengandung polifenol yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Minum 60 ml minyak zaitun extra virgin setiap hari dipercaya dapat menyehatkan jantung karena minyak ini mampu menurunkan lemak jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL).

 

(Sumber: sehatq)

Beri Komentar