Ini Alasan Mengapa Anda Mual saat Menonton 3D

Reporter : Ayik
Jumat, 5 Desember 2014 15:46
Ini Alasan Mengapa Anda Mual saat Menonton 3D
Saat Anda menyaksikan film 3D, mata Anda seolah 'dibohongi' karena film dibuat seolah memadukan sebuah gambar satu dengan gambar lainnya sehingga menimbulkan efek dimensi kedalaman.

Dream - Menonton film menjadi kegiatan sekaligus hiburan sejenak di sela-sela padatnya rutinitas sehari-hari. Bagi Anda yang hobi mengunjungi teater atau bioskop untuk menyaksikan film kesayangan Anda tentu film tiga dimensi bukan sesuatu hal yang baru.

Keunikan saat menonton film tiga dimensi terbilang sangat menyenangkan, karena penonton diajak larut dan merasakan sensasi seolah ikut dalam film tersebut. Namun ada beberapa orang yang merasa pusing bahkan mual saat menonton film tiga dimensi atau 3D.

Saat Anda menyaksikan film 3D, mata Anda seolah 'dibohongi' karena film dibuat seolah memadukan sebuah gambar satu dengan gambar lainnya sehingga menimbulkan efek dimensi kedalaman. Menurut dokter dari New York University Langone Medical Center, mata akan bergerak secara berlapis dengan cara yang tidak alami hal itu yang menyebabkan pusing.

Adapun dampak negatif yang ditimbulkan usai menonton film 3D: mata akan bekerja lebih keras dan fokus untuk mengirimkan rangsangan demi melihat tumpukan gambar. Gambar yang direkam oleh mata akan dikirimkan ke otak dengan kondisi tubuh bingung.

Kondisi mual dan pusing menjadi bagian dari persepsi karena umumnya penonton sangat sensitif saat menyaksikan film 3D. Menurut, Dr Richard Isaacs, seorang ahli bedah kepala dan leher, otak Anda diberi perintah untuk tubuh tetap diam dan hanya fokus pada gambar yang direkam oleh mata.

Teknologi 3D menggunakan kemampuan otak untuk menyatukan dua gambar menjadi satu. Kacamata menjadi barang wajib saat pertunjukan film berlangsung hal ini sebenarnya hanya untuk menginterpretasikan dua gambar datar menjadi satu obyek yang memiliki kedalaman.

Bagi Anda penyuka film 3D sebaiknya mulai saat ini Anda menghindari menonton film 3D. Karena akan menimbulkan dampak pusing, mual, sakit mata bahkan kestabilan tubuh yang berkepanjangan.

Mau gaul bukan berarti harus merusak kesehatan, bukan?

Beri Komentar