Cara Menanam Bawang Putih yang Penuh Manfaat Kesehatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 6 Agustus 2019 14:48
Cara Menanam Bawang Putih yang Penuh Manfaat Kesehatan
Bawang putih jadi salah satu bumbu dapur yang paling wajib. Ternyata kita bisa menanam sendiri bawang putih sendiri.

Dream - Bawang putih termasuk dalam keluarga allium yang merupakan sayuran umbi kuno. Bagi orang Indonesia, bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang sangat penting dan wajib ada.

Walau banyak digunakan di Indonesia, bawang putih jarang ditanam sendiri oleh masyarakatnya. Padahal bawang putih mudah tumbuh dan tidak memerlukan ruang yang luas. Dengan menanam bawang putih sendiri, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Bawang putih tidak hanya bisa dimanfaatkan umbinya saja, daun bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan memasak. Selain itu, dengan menanam bawang putih sendiri, kita menjadi lebih hemat dan kebun menjadi lebih hidup.

 Bawang Putih© Pixabay

Cara menanam bawang putih sebenarnya sangat mudah, namun waktu penanaman harus tepat untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Bagi Sahabat Dream yang ingin menanam bawang putih sendiri, bisa menyimak cara menanam bawang putih di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Cara Menanam Bawang Putih dari Biji (Cengkeh Bawang)

Cara menanam bawang putih yang paling mudah adalah dengan menggunakan biji atau cengkeh individu yang patah dari umbinya. Dari patahan biji tadi, Sahabat Dream bisa langsung menanamnya ke tanah yang gembur. Atau bisa juga di wadah tanam tertentu terlebih dahulu, sebelum dipindah ke tanah.

 Bawang Putih© MEN

Tempat untuk menanam bawang putih tidak bisa sembarangan tanah. Sahabat Dream akan lebih menumbuhkan bawang di tanah yang pernah ditumbuhi bawang sebelumnya, tidak hanya bawang putih saja. Penggunaan media, haruslah media yang subuh dan area yang memiliki kekeringan yang baik.

Apabila tidak ada tanah bekas menanam bawang sebelumnya, kita bisa menggunakan media biasa yang areanya jauh dari air. Bawang putih tidak bisa hidup dengan air yang banyak, karena akan membuatnya busuk dan sakit.

Setelah media tanam siap, pisahkan cengkeh atau biji bawang putih. Tanam biji bawang dengan jarak 4-6 inchi dari bawang satu ke bawang lain. Posisi bawang putih saat ditanam, haruslah dengan ujung runcing yang berada di atas dan ujung yang tumpul ke bawah. Tanam dengan kedalaman kurang lebih 1-2 inchi.


Kemudian, kencangkan tanah dan siram ketika tanah sudah kering.

2 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat untuk Menanam Bawang Putih

 Bawang Putih© Shutterstock

Cara menanam bawang putih memang sangat mudah, namun Sahabat Dream perlu tahu kalau bawang putih tidak bisa ditanam pada waktu yang sembarangan. Waktu penanaman bawang putih menjadi sangat penting untuk keberhasilan panen.

Salah satu waktu yang tepat untuk menanam bawang putih adalah saat masuk musim kemarau. Pada waktu-waktu tersebut, matahari bersinar terik, sehingga bawang putih bisa mendapat sinar matahari yang cukup.

Cara menanam bawang putih yang agar cepat tumbuh dan sehat, memang paling baik dilakukan saat musim panas atau kemarau. Tapi, di musim lain seperti musim semi dan musim hujan, bawang bisa ditanam namun risiko tumbuhnya sangat kecil.

3 dari 5 halaman

Tanam Bawang Putih Setelah Daun Tumbuh

 Bawang Putih© Pixabay

Setelah melakukan penanaman bawang putih, kita harus bersabar menunggu hingga daun bawang mulai tumbuh. Saat daun bawang sudah mulai tumbuh, pertanda bahwa bawang membutuhkan nutrisi lain untuk membuatnya tumbuh dengan baik.

Apabila daun bawang tumbuh saat musim semi dan musim hujan, kita perlu menaburkan osmocote di sekitar tanaman bawang untuk mengurangi penguraian dan pembusukan pada bawang. Pemberian osmocote ini akan berlangsung hanya beberapa saat saja.

 

4 dari 5 halaman

Jangan Disiram

Baru kemudian, bawang akan berhenti memproduksi daun, dan beralih ke produksi umbi. Pada masa ini, disarankan untuk tidak menyiram bawang dengan air. Biarkan bawang putih tanpa air dan tanahnya mengering.

 Sebulan Makan 6 Siung Bawang Putih Panggan, Lihat Hasilnya!© MEN

Tidak hanya mudah untuk ditanam, bawang putih juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Bawang putih mengandung banyak nutrisi, seperti kandungan vitamin C, vitamin B6, kolin, kalsium, magnesium, fosporus, potassium, mangan, dan selenium.



5 dari 5 halaman

Manfaat Konsumsi Bawang Putih

-    Memperlancar peredaran darah
Walau memiliki bau yang khas, ternyata bawang putih sangat membantu sistem peredaran darah pada manusia yang mengonsumsinya.

-    Baik untuk pernapasan
Mengonsumsi bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pernapasan seperti batuk, bronchitis, infeksi dan lain sebagianya.
-    Memperlancar saluran pencernaan, mengurangi pembengkakan, radang sendi dan lain sebagainya.
-    Membantu meningkatkan kinerja sistem reproduksi.
-    Mengandung anti jamur, anti bakteri, dan antibiotik.

 Bawang Putih© Pixabay

Semua manfaat tersebut tentu bisa didapatkan oleh siapa saja yang mengonsumsi bawang putih secara rutin. Jadi, tidak ada salahnya untuk menanam bawang putih di belakang pekarangan atau kebun kecil. Selain mudah ditanam, dan hemat, bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (mut)

Sumber: DIY Natural dan Burpee

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair