Muslim Traveler Guide: Rekomendasi Kuliner Halal dan Enak di Taiwan

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 8 Januari 2020 16:56
Muslim Traveler Guide: Rekomendasi Kuliner Halal dan Enak di Taiwan
Punya rencana liburan ke Taiwan? Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner enak dan halal yang kami sajikan buat kamu, Sahabat Dream!

Taiwan sukses mempromosikan diri sebagai negara tujuan yang ramah untuk para Muslim traveler. Hal ini dibuktikan dari jumlah kunjungan wisatawan Muslim yang meningkat pesat setiap tahunnya. Tercatat, sekitar 180 ribu Muslim traveler yang mengunjungi negeri yang dulunya dikenal dengan nama Formosa, yang memiliki arti pulau yang cantik ini.

Pengembangan wisata halal di Taiwan juga semakin diperkuat dengan upaya pemerintah untuk terus mempromosikan Sertifikasi Makanan Muslim dan Sertifikasi Restoran Muslim demi menciptakan iklim pariwisata halal yang semakin kondusif. Hingga saat ini, Taiwan memiliki lebih dari seratus restoran bersertifikasi Muslim sehingga menjadi jaminan bagi wisatawan Muslim untuk liburan ke negara yang satu ini.

Restoran Muslim yang hadir pun beragam. Ada yang menyajikan Chinese Food, Thailand, Turki, western food, hingga yang memiliki cita rasa nusantara alias masakan Indonesia sendiri. Banyak juga restoran vegetarian di Taiwan yang bahan bakunya sama sekali nggak melibatkan daging dan alkohol.

Punya rencana liburan ke Taiwan? Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner enak dan halal yang kami sajikan buat kamu, Sahabat Dream!

Hui Guan Chinese Halal Restaurant

©Taiwan Tourism Board© ©Taiwan Tourism Board

Kalau berkunjung ke restoran yang satu ini, kamu akan disambut oleh kuliner khas suku Hui, yang merupakan salah satu dari lima suku terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Suku yang dikenal memeluk agama Islam ini memiliki daerah otonom di Ningxia. Nah, salah satu tokoh yang sudah nggak asing lagi bagi kaum Muslim di Indonesia, yaitu Laksamana Cheng Ho yang pernah mampir di Semarang, adalah sosok yang berasal dari Suku Hui.

Bicara soal makanannya, cita rasa khas Chinese food terasa sangat jelas dalam masakannya dan yang pasti halal. Beberapa menu andalan yang wajib kamu cobain di sini adalah aneka seafood seperti kepiting bumbu, ayam dua rasa, aneka pangsit, dan ikan pedas. Jangan lupa nikmati makanan tersebut dengan roti pita, dijamin sensasinya jadi semakin luar biasa.

Hui Guan Chinese Halal Restaurant

Alamat: No.9, Alley 51, Lane 12, Section 3, Bade Road, Songshan District, Taipei City

MRT: Songshan-Xindian Line dan turun di stasiun MRT Taipei Arena. Lalu berjalan di Nanjing East Road, lalu belok menuju Dunhua South Road, sebelum tiba di Alley 51, Lane 12, Section 3, Bade Road.

Tel: +886-2-2577-9851

Harga: NTD 140 – 280 per porsi

Really Good Seafood

©Taiwan Tourism Board© ©Taiwan Tourism Board

Bukan hanya sekadar nama, Really Good Seafood benar-benar menyajikan masakan yang banyak jadi favorit para Muslim traveler. Bahkan, restoran tersebut pernah memenangkan Michelin tahun 2018 dan 2019. Lokasinya sendiri berada di sebuah vila yang menghadap ke Taman Hutan Da An yang memberikan sensasi tersendiri. Ada sederet menu hidangan laut terbaik yang jadi favorit para selebriti dan pebisnis di negara tersebut.

Ada berbagai hidangan halal nan lezat yang bisa dicicipi di sana. Mulai dari masakan seafood seperti kepiting, ikan remis, dan sashimi. Sementara itu kamu juga bisa memesan set makan siang dengan harga mulai dari NTD 1.000.

Really Good Seafood

Alamat: No. 222, Section 1, Fuxing South Road, Da'an District, Taipei City

MRT: Bannan Line ke stasiun MRT Zhongxiao Fuxing, lalu jalan 9 menit di Fuxing South Road

Tel: +886-2-2771-3000

Web: www.reallygoodseafood.com

Harga: Set menu mulai NTD$ 1.000 ke atas.

Halal Chinese Beef Noodles

©Taiwan Tourism Board© ©Taiwan Tourism Board

Chinese beef noodles bisa dibilang jadi salah satu kuliner wajib dicicipi saat berada di Taiwan. Banyak juga kedai hingga restoran yang menjual masakan tersebut. Tapi, Halal Chinese Beef Noodles adalah rekomendasi terbaiknya karena pernah memenangkan penghargaan Michelin di tahun 2019. Restoran yang sudah berdiri selama 60 tahun ini memiliki cita rasa otentik karena pemiliknya hanya menggunakan daging sapi Taiwan yang belum dibekukan demi mendapatkan rasa dan tekstur terbaik. Nggak hanya itu saja, kaldunya juga dididihkan sepanjang hari untuk menciptakan rasa terbaik tanpa banyak minyak.

Selain mencicipi mi daging sapi yang terkenal, kamu juga bisa cobain roti rata (flatbread) yang memiliki isian tumis daging sapi. Dendeng sapi yang tersedia juga punya rasa yang nggak kalah juara.

Halal Chinese Beef Noodles

Alamat: No. 1, Alley 7, Lane 137, Yanji Street, Da’an, Taipei City

Tel: +886-2-2721-4771

Harga: NTD 100 – 170 per porsi

Gusto Pizza

©Taiwan Tourism Board© ©Taiwan Tourism Board

Kalau mood-nya ingin mencicipi makanan Barat, datang saja ke Gusto Pizza yang memiliki sertifikasi halal. Resto yang satu ini memiliki chef yang juga seorang Muslim bernama Bilal Rehman-Chohan yang berasal dari London. Sang chef melihat Taipei belum memiliki resto pizza dengan cita rasa global. Inilah yang menjadi inspirasinya membangun Gusto Pizza dengan adonan Italia yang memiliki cita rasa London.

Berbagai sajian pizza bisa kamu cicipi di sini, mulai dari Marinara, Three Cheese, hingga Tandoori Chicken. Bagi pecinta pedas, ada juga varian Hot & Spicy yang wajib dicoba. Proses pembuatan pizza di sana dijamin halal karena mengikuti panduan ketat dari Chinese Muslim Association of Taiwan. For your information, resto ini bahkan mendapatkan predikat sebagai 50 resto pizza terbaik di Asia, lho.

Gusto Pizza

Alamat: No.74-1, Lianyun Street, Zhongzheng District, Taipei City

MRT: turun di Dongmen Station exit no.7

Tel: +886-2-2358-7001

Harga: sekitar NTD 200 – 380 per loyang pizza

Kalau kebetulan sedang kangen masakan Indonesia saat liburan di Taiwan, nggak perlu bingung juga. Ada berbagai resto masakan khas tanah air yang tersebar di berbagai daerah di negara tersebut. Berikut panduannya, catat deh biar nggak lupa!

Taipei

Royal Café & Restaurant

Letaknya nggak jauh dari Da’an Park di Taipei. Royal Café & Restaurant adalah tempat yang tepat bagi para Muslim traveler asal tanah air yang ingin mencari masakan rumahan ala Indonesia. Beberapa rekomendasi menu andalannya antara lain gado-gado, mie goreng, nasi rendang, dan aneka nasi goreng. Pilih sendiri deh mana yang jadi menu favoritmu.

Royal Café & Restaurant

Alamat: No.72, Sec. 2, Xinsheng South Road, Da’an District, Taipei City

Tel: +886-2-2364-1310

Toko Sakura

Tempat ini memiliki dua bagian. Satu berfungsi sebagai mini market yang menjual aneka makanan kemasan khas Indonesia, dan bagian kedua adalah restoran yang menjual berbagai masakan halal. Menunya beragam, mulai dari rendang daging, sambal telur, hingga nasi ayam goreng. Menariknya lagi, lokasi Toko Sakura ini berada dekat dengan Grand Mosque. Jadi, kamu bisa mampir usai beribadah untuk menikmati masakan terbaiknya.

Toko Sakura

Alamat: 1F., No. 74, Sec. 2, Xinsheng South Road, Da'an District, Taipei City

Tel: +886-2-2391-6011

Kaoshiung

Jawawa Indonesian Restaurant

Salah satu rekomendasi restoran halal yang bisa kamu temui di Kaoshiung adalah Jawawa Indonesian Restaurant. Ada sederet rekomendasi menu lezat yang sesuai lidah wisatawan Muslim Indonesia yang bisa dicobain di sini. Mulai dari sate ayam, gulai, laksa, pecel lele, sampai udang telur asin.

Jawawa Indonesian Restaurant

Alamat: No. 217, Nanhua Rd., Xinxing Dist., Kaohsiung City

Tel: +886-7-550-9889

Chen Lili Indonesian Restaurant

Rekomendasi lain yang bisa ditemukan di Kaoshiung adalah Chen Lili Indonesian Restaurant. Menu utama yang bisa dipesan di sini antara lain nasi tumpeng, nasi kuning, dan nasi uduk. Sementara itu, hidangan yang juga laku di kalangan masyarakat Kaoshiung antara lain bebek, ikan bakar, bakso, dan sate. Ada juga hidangan prasmanan yang bisa dinikmati di lantai 2. Cukup membayar NTD 500, kamu bisa menikmati makan sepuasnya!

Chen Lili Indonesian Restaurant

Alamat: No.276, Wufu 4th Rd., Yancheng Dis., Kaohsiung City

Tel: +886-7-521-3138

Tainan

Mic Mac Indonesian Restaurant

Kalau kebetulan sedang berada di daerah Tainan, mampir saja ke Mic Mac Indonesian Restaurant. Menu yang menjadi rekomendasi di tempat ini adalah nasi tumpeng dan siomay.

Mic Mac Indonesian Restaurant

Alamat: No.42-2, Xihua St., North Dist., Tainan City

Tel: +886-973-947-516

Chiayi

Toko Wiwi

Di Toko Wiwi yang berlokasi di Chiayi ini, kamu bisa menemukan banyak masakan rumahan ala tanah air. Sebut saja nasi rendang, ayam goreng, hingga sayur lodeh. Sensasinya dijamin bikin kamu merasa masih berada di Indonesia.

Toko Wiwi

Alamat: No.1, Ximen St., W. Dist., Chiayi City

Tel: +886-5-227-7319

Usai menikmati berbagai kuliner halal di Taiwan, jangan lupa cicipi dessert-nya yaitu Ice Monster. Ada banyak cabang yang bisa ditemukan di sana, salah satunya di Songgao Road no. 16, Xinyi District, Taipei City.

Berbekal informasi kuliner di atas, sekarang pastinya sudah siap berpetualang langsung ke Taiwan dong? Yuk, saatnya rencanakan perjalananmu, Sahabat Dream! Selamat liburan ya.

Beri Komentar