Ngantuk Pas Puasa di Kantor, Begini Cara Mengusirnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 20 Mei 2018 16:00
Ngantuk Pas Puasa di Kantor, Begini Cara Mengusirnya
Tak jarang kita merasa ngantuk di kantor.

Dream – Sahabat Dream, salah satu hal yang paling sering dialami oleh orang berpuasa adalah rasa kantuk di siang hari. Energi yang terkumpul saat sahur mulai habis dan tubuh pun mulai lelah.

Rasa kantuk ini acapkali disebabkan oleh aliran oksigen yang tidak lancar pada otak. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, terutama ketika masih bekerja dan berpuasa.

Tapi tenang, ada lima cara menendang rasa kantuk tanpa harus membatalkan puasa, sebagaimana dikutip Dream dari Merdeka.com, Minggu 20 Maret 2018.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan. Bangunlah dari kursi dan jalan-jalanlah sejenak ke luar ruangan. Hirup udara yang segar dan melihat pemandangan yang menyegarkan pandangan.

Aktivitas ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Ini yang akan menyingkirkan kantuk dan rasa malas.

Yang ke dua, meditasi selama lima menit dan lakukan beberapa latihan pernapasan. Meditasi bisa membuat badan rileks serta melancarkan sirkulasi oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

Ke tiga, tidur siang. Tidur siang singkat yang dinamakan dengan power nap justru akan membuat kamu lebih segar dan tidak lagi mengantuk sepanjang waktu.

Tidur ini hanya dilakukan dalam beberapa menit. Penelitian mengungkapkan tidur siang singkat di siang hari justru membuat tubuh lebih segar dan produktif setelahnya.

Ke empat, cuci muka. Ketika mengantuk dan wajah mulai kaku, cucilah muka. Jangan lupa untuk memperbaiki penampilan seperti menyisir rambut, memakai make up, atau memijat wajah sendiri. Ini akan membuat penampilan kamu menjadi lebih segar.

Ke lima, menemukan hal yang lucu. Jika mengantuk, tak ada salahnya untuk mencari hiburan sesekali dengan mencari gambar-gambar lucu ketika di kantor. Gambar-gambar lucu ini akan menghalau kantuk sementara waktu.

Beri Komentar
Summer Style 2019