Obat untuk Dry Clean Bisa Jadi Pencetus Kanker?

Reporter :
Kamis, 14 Februari 2019 10:45
Obat untuk Dry Clean Bisa Jadi Pencetus Kanker?
Dry clean dicurigai menyimpan bahaya yang begitu besar.

Dream - Teknik dry clean jadi solusi praktis untuk menghilangkan noda pada baju tanpa perlu mencuci dan menunggu pakaian hingga kering. Biasanya, pakaian berbahan halus dan khusus dicuci dengan cara dry clean untuk menyingkirkan kotoran membandel.

Meski sangat bermanfaat membersihkan pakaian, dry clean dicurigai menyimpan bahaya yang begitu besar.

Obat yang dipakai sebagai bahan untuk mencucinya yang disebut perchloroethylene (PERC) atau tetrachloroethylene dikabarkan bisa memicu kanker.

Tak heran kalau Environmental Protection Agency (EPA) pada 2008 mengajukan PERC untuk diklasifikasikan sebagai zat mirip karsinogen pada manusia atau zat pemicu kanker. EPA juga menemukan bahwa efek PERC selain kanker yang juga sangat berbahaya adalah kerusakan otak dan sistem saraf.

National Academy of Sciences Amerika Serikat mengungkap kalau temuan EPA pada dasarnya benar. Mereka sepakat bahwa PERC adalah zat mirip karsinogen pada manusia. Sayangnya belum ada bukti langsung bahwa bahan kimia tersebut menyebabkan kanker pada manusia.

" Kami memuji EPA karena melakukan pekerjaan yang sangat menyeluruh tapi penelitian lanjutan sangat dibutuhkan untuk mengetahui efek PERC secara detail," kata anggota panel Ivan Rusyn, MD, PhD, ahli toksikologi di University of North Carolina, seperti dikutip dari WebMD.

 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi