Osteoporosis Bisa Menyerang Usia Muda, Kenali Penyebabnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 17 Oktober 2019 06:48
Osteoporosis Bisa Menyerang Usia Muda, Kenali Penyebabnya
Hati-hati, Sahabat Dream!

Dream - Penyakit osteoporosis kerap dianggap hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Anggapan itu semakin menguat ketika melihat tayangan iklan yang menampilkan model berusia lanjut.

Padahal anggapan itu keliru. Osteoporosis bisa dialami di usia lebih muda terutama pada yang menjalani gaya hidup kurang sehat.

“ Seiring dengan berjalannya waktu, kepadatan tulang pasti menurun dan penyerapan kalsium berkurang. Apalagi pada perempuan yang mengalami menopause,"  ungkap Suci Sutinah, Medical Advisor PT Bayer Indonesia dalam acara kolaborasi Lock & Lock dengan CDR di Tanamera, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Oktober 2019.

 acara CDR

Foto: Talkshow with CDR, Lock & Lock/dream.co.id-Cynthia Amanda Male

" Menstruasi dan hormon estrogen bisa membantu penyerapan kalsium,” katanya menambahkan.

1 dari 5 halaman

Kalsium Semakin Lambar Diserap di Usia 30

Suc menjelaskan penyerapan kalsium biasanya mulai tidak optimal saat usia menginjak 30 tahun. Untuk mengatasinya, kamu perlu ‘menabung’ kalsium dengan mengonsumsi sayuran, susu dan suplemen.

“ Suplemen jika mengandung kalsium saja tidak akan efektif. Harus yang mengandung vitamin D juga,” katanya lagi.

 shutterstock

2 dari 5 halaman

Bumil dan Busui Jangan Lengah

Apalagi jika kamu sedang hamil atau menyusui. Selama proses ini kalsium di dalam tubuh akan dibagi dua masing-masing untuk sang ibu dan janin di dalam kandungan.

“ Jadi untuk mengganti kalsium yang diberikan untuk bayi, mamanya harus mengonsumsi kalsium ekstra.”

 shutterstock

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus menjaga tubuh agar tetap aktif serta menstabilkan berat badan.

“ Jangan lupa memilih susu murni, susu sapi. Bukan susu bubuk. Supaya setidaknya penurunan kepadatan tulang tidak drastis dan lebih bersahabat,” tutup Suci.

3 dari 5 halaman

6 Cara Hindari Masalah Tulang Seiring Usia

Dream - Banyak yang menyepelekan masalah kesehatan tulang. Padahal, mengetahui masalah kesehatan tulang sejak dini adalah sangat penting.

Penelitian membuktikan bahwa wanita usia 50 ke atas mengalami masalah osteoporosis 4 kali lebih tinggi, dibandingkan pria pada usia yang sama.

Jika menurut riwayat kesehatan keluarga ada yang menderita osteoporosis, maka risiko keturunannya untuk menderita masalah yang sama juga besar.

Menurut penelitian terbaru, wanita Asia dan Kaukasia sangat rentan terhadap osteoporosis dibandingkan dengan wanita dari latar belakang etnik lainnya.

Terlepas dari usianya, orang-orang akan mulai kehilangan massa tulang setelah menginjak usia 30 tahun.

Ini adalah proses yang berkelanjutan, dan untuk memperlambat proses itu kita perlu mengadopsi gaya hidup sehat.

Dilansir dari BrightSide.me, 6 cara berikut akan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sehingga masalah osteoporosis bisa dihindari sejak dini.

1. Batasi Konsumsi Garam

  6 Cara Menghindari Osteoporosis

Para ilmuwan Jepang menyatakan, asupan sodium dalam garam yang berlebihan menempatkan kesehatan tulang dalam bahaya. Garam menyebabkan hilangnya kalsium dalam tulang, yang pada akhirnya membuat tulang menjadi lemah dan rapuh.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumi garam tidak lebih dari 2.300 mg per hari. Namun batas ideal untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 1.500 mg per hari.

4 dari 5 halaman

2. Mengonsumsi Cukup Protein

  6 Cara Menghindari Osteoporosis

Sejumlah penelitian menunjukkan, asupan protein secara langsung terkait dengan indeks kepadatan tulang yang lebih tinggi. Kalsium dan protein bahkan bekerja sama untuk menjaga kesehatan tulang.

Menurut Harvard Health, asupan diet protein yang ideal adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Tetapi sebelum menjalani diet tinggi protein, konsultasikan dengan dokter. Sebab terlalu banyak mengonsumi kalsium dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sumber makanan yang mengandung protein di antaranya seafood, daging unggas putih, susukejutelur, kacang-kacangan.

5 dari 5 halaman

3. Waspada Terhadap Kafein

  6 Cara Menghindari Osteoporosis

Semua orang pasti suka dengan kopi. Tapi mengonsumi kopi secara berlebihan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa kafein (ketika diminum dalam jumlah besar) akan mengurangi massa tulang dan meningkatkan terjadinya tulang keropos. Kafein memiliki efek negatif pada penyerapan kalsium dalam tubuh.

Minum kopi tidak dilarang tapi jumlahnya harus seimbang. Dokter menyarankan untuk mengonsumi 400 mg kafein atau setara dengan 4 cangkir kopi sehari. Jadi, jika mengonsumi kopi 4 cangkir atau kurang, maka masalah tulang ini tidak perlu dikhawatirkan. (ism) 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik