Otak Wanita Lebih `Muda` dari Pria, Benarkah?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 11 Februari 2019 07:43
Otak Wanita Lebih `Muda` dari Pria, Benarkah?
Otak wanita lebih lambat tiga tahun daripada pria dengan usia yang sama.

Dream - Otak, jadi penggerak seluruh organ dan juga pembuat keputusan utama. Seiring bertambahnya usia, seperti juga organ lain, kinerjanya akan terus menurun. Rupanya, jika dibandingkan antara otak pria dan wanita, 'usianya' sangat berbeda.

Studi yang dipimpin oleh para peneliti dari Fakultas Kedokteran Washington University di St. Louis, menunjukkan, metabolisme otak wanita lebih lambat tiga tahun daripada pria dengan usia yang sama.

" Bukannya otak pria menua lebih cepat, tetapi otak pria dewasa lebih cepat sekitar tiga tahun daripada wanita. Dan perbedaan itu bertahan sepanjang hidup mereka," kata Manu Goyal, asisten profesor radiologi di Mallinckrodt Institute of Radiology di Washington University, seperti dikutip dari The Health Site.

Goyal mengungkap alasan wanita tidak mengalami penurunan kognitif di usia tua adalah karena otak mereka secara efektif lebih muda.

Wanita cenderung mendapat skor lebih baik daripada pria pada usia yang sama saat menjalani tes berpikir, mengingat dan memecahkan masalah.

1 dari 1 halaman

Otak Bekerja Menggunakan Gula

Hasil studi Goyal ini kemudian diterbitkan dalam laporan National Academy of Sciences.

Dalam studi itu disebutkan, otak bekerja menggunakan gula. Tetapi otak berubah-ubah dalam menggunakan gula seiring bertambahnya usia.

Untuk mengetahui bagaimana otak menggunakan gula secara berbeda, tim Goyal menganalisis 121 wanita dan 84 pria yang berusia 20 hingga 82 tahun.

 sulit konsentrasi

Para peneliti melatih algoritma pembelajaran mesin pada usia pria dan metabolisme otak mereka, yang kemudian dipindahkan ke alat pemindaian PET dengan mengukur aliran oksigen dan glukosa dalam otak mereka. Setelah itu hasilnya diterapkan pada wanita.

Algoritma itu menghasilkan temuan, usia otak perempuan rata-rata 3,8 tahun lebih muda dari usia otak pria. Para peneliti juga melakukan analisis secara terbalik. Kali ini, algoritma melaporkan bahwa otak pria 2,4 tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

" Otak wanita yang relatif lebih muda dapat dideteksi bahkan di antara peserta termuda, yang berusia 20-an," kata para peneliti. (ism)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary