Kombinasi Zat Besi & Vitamin C Dukung Optimalkan Potensi Prestasi Generasi Maju

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 11 Maret 2021 18:10
Kombinasi Zat Besi & Vitamin C Dukung Optimalkan Potensi Prestasi Generasi Maju
Penyerapan zat besi tidak akan optimal tanpa vitamin C, padahal zat besi berperan sangat penting mendukung tumbuh kembang generasi maju

Dream - Orangtua tentu bahagia melihat sang buah hati lahap menyantap makanan. Namun, sudahkan makanan si kecil memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal?

Faktanya, satu dari tiga anak Indonesia yang berusia di bawah lima tahun mengalami anemia. (Riskesdas 2018). Dimana menurut Grantham-McGregor S, 50-60 persen kejadian anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Zat besi menjadi salah satu komponen penting, mengingat fungsinya membentuk myelin saraf otak yang membantu perkembangan motorik, kognitif, perkembangan perilaku hingga emosi anak.

Jika kekurangan zat besi, performa edukasi dan kecerdasan kognitif menurun, dan imunitas buah hati juga akan menurun. Tak hanya itu beragam efek negatif defisiensi zat besi akan muncul dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

SGM© SGM Explor Pro-gress Maxx Launch (Dream.co.id)

" Sumber zat besi seperti daging merah, hati, ikan, ayam, bayam dan susu perlu dimasukan dalam menu sehari-hari. Mengkonsumsi zat besi juga membutuhkan valensi agar lebih mudah diserap, Valensinya yaitu vitamin C" jelas Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK, Spesialis Gizi Klinis dan President of Indonesian Nutrition Association (INA) pada acara peluncuran SGM Eksplor Pro-gress Maxx.

Vitamin C berperan penting agar penyerapan zat besi optimal. Dr Luciana melanjutkan bahwa vitamin C dapat didapatkan dari buah atau sayur seperti lemon, nanas ataupun bayam. Susu yang diperkaya dengan zat besi dan vitamin C juga bisa menjadi pilihan.

1 dari 4 halaman

Kombinasi Zat Besi dan Vitamin C

Sejalan dengan hal ini, PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) berkomitmen untuk turut mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak.

SGM© Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor

“ Semua anak berhak maju tanpa terkecuali. Kami ingin membantu orang tua memenuhi kebutuhan zat besi serta nutrisi penting lainnya untuk anak dan menghindarkan mereka dari dampak jangka panjang kekurangan zat besi.” ujar Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor pada kesempatan yang sama.

Sarihusada melalui SGM Eksplor berinovasi dan meluncurkan formula terbaru yaitu SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC.

SGM© SGM Explor Pro-gress Maxx Launch (Dream.co.id)

Formula SGM Eksplor Pro-gress Maxx diperkaya oleh IronC, sebuah kombinasi zat besi dan vitamin C dalam rasio molar yang telah disesuaikan untuk memberikan asupan zat besi kepada anak dan memastikan asupan tersebut dapat terserap dengan optimal.

Selain IronC, SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga dilengkapi oleh nutrisi penting lainnya seperti minyak ikan, omega 3 dan 6, kalsium, vitamin D, serat pangan, dan zinc untuk mendukung tumbuh anak kembang mencapai 5 potensi prestasi.

 

2 dari 4 halaman

Lima Potensi Prestasi Buah Hati

Tumbuh kembang anak yang terhambat dan tidak optimal menjadi momok yang menakutkan bagi para orangtua, juga bangsa Indonesia. Jika para calon Generasi Maju di tahun 2045 tidak tumbuh optimal, mimpi bangsa menjadi negara maju pada perayaan 100 tahun kemerdekaan mungkin akan tertunda.

Maka dari itu, komponen zat besi yang didukung oleh vitamin C sangatlah krusial dalam masa tumbuh kembang anak. Komponen tersebut akan mendukung terwujudnya 5 potensi prestasi bagi buah hati. Berikut kelima potensi prestasi yang mendukung tumbuh kembang buah hati.

1. Berpikir Cepat

Anna Surti Ariani© SGM

" Pada anak yang potensi prestasi berpikir cepatnya optimal, dia akan mudah memahami, lebih kritis jadi tidak mudah terlena dengan hoax" jelas Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psikolog Anak dan Keluarga pada kesempatan yang sama.

Selain itu anak juga mampu mengolah suatu informasi secara mendalam, kritis, cerdas dan kreatif. Berikan anak media untuk menambah wawasannya dan biarkan buah hati berani mengolahnya sendiri.

2. Tumbuh tinggi

Tinggi buah hati yang terus meningkat sesuai umurnya menjadi salah satu tanda optimalnya tumbuh kembang buah hati.

Perkembangan buah hati menjadi tinggi, kuat, sigap, fleksibel, luwes, lincah dan terampil. Hal ini tentu diiringi dengan asupan nutrisi yang baik termasuk zat besi dan vitamin C serta stimulasi motorik seperti permainan olah tubuh.

3. Percaya Diri

Ilustrasi© Percaya Diri (Sumber: Shutterstock)

" Percaya diri itu bukan anak yang suka tampil, tapi percaya diri adalah keyakinan anak terhadap kemampuan dirinya" tambah Psikolog Anak dan Keluarga yang akrab disapa Bunda Nina.

Orangtua harus memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatannya sendiri tanpa mengatur atau mengekang. Setelah anak memilih pilihannya, jangan lupa untuk memberikan pujian.

4. Aktif Bersosialisasi

Keterampilan sosial buah hati dapat dilihat ketika ia mampu berinteraksi dengan orang lain, berteman dan berkerja sama. Biarkan si kecil berinteraksi dengan teman sebaya atau orang-orang yang lebih tua darinya.

5. Tangguh

Ilustrasi© Ilustrasi Tangguh (Sumber: Shutterstock)

" Anak yang tangguh itu bukan sekedar fisiknya tetapi juga psikis yang tanggung" tambah Anna Surti Ariani.

Anak yang mampu mengatasi stress pada situasi menantang. Biarkan si kecil berani melakukan aktivitasnya sendiri. Sebagai orang tua memantau kegiatannya tanpa mengatur adalah pilihan yang terbaik untuk mewujudkan sosok buah hati yang tangguh.

3 dari 4 halaman

Upaya Alyssa Soebandono dalam Pemenuhan Nutrisi Buah Hati

Allysa© SGM

Alyssa Soebandono, selebriti sekaligus bunda dua orang anak mengaku sangat memperhatikan asupan nutrisi, zat besi dan stimulasi untuk kedua putranya, Rendra dan Malik.

" Kekurangan zat besi tidak bisa diabaikan sejak kecil dibiarkan sejak kecil karena akan berdampak ke 5 potensi prestasinya. Jadi sebagai orang tua, aku juga harus terus belajar dan mencari informasi. Kalau bukan orangtuanya lalu siapa yang akan memikirkan masa depan sang anak" jelas Alyssa Soebandono.

Alyssa menceritakan pengalamannya dalam upaya pemenuhan nutrisi dan stimulasi sang buah hati. Putra pertamanya, Rendra cukup pemilih untuk makan. Hal ini membuat Alyssa terus memutar otak untuk membuat makanan yang bergizi lengkap, rasanya enak dengan bentuk dan warna yang menarik.

" Anak-anak aku juga tidak begitu tertarik makan sayur. Jadi aku kreasikan sayur yang dicampur ke nasi dan lauk lainnya agar anak-anak tidak sadar kalau makan sayur" cerita istri Dude Harlino ini.

 

4 dari 4 halaman

Sekolah Generasi Maju

@ichasoebandono© Sumber: Instagram Allysa Soebandono

Untuk mengembangkan potensi prestasi kedua anaknya, Alyssa memilih menggunakan buku-buku edukasi yang dipilih bersama sang suami. Selain itu Alyssa juga mencari tips tentang stimulasi yang tepat untuk anak-anak melalui Sekolah Generasi Maju pada situs www.generasimaju.co.id.

Pada platform Sekolah Generasi Maju, dapat ditemukan berbagai informasi dan tips tentang stimulasi yang tepat untuk anak-anak. Kemudian, melalui Aplikasi Analisis Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, orangtua dapat memantau tumbuh kembang anak dalam mencapai potensi prestasinya melalui serangkaian pertanyaan.

Sekolah Generasi Maju© Sekolah Generasi Maju (Sumber: generasimaju.co.id)

Akan hadir juga, Online Festival Generasi Maju adalah rangkaian acara di platform digital yang akan membahas topik-topik mengenai tumbuh kembang anak bersama para ahli. Kegiatan yang akan dimulai pada April 2021 ini bertujuan untuk mengedukasi orang tua untuk mendukung anak menjadi Generasi Maju.

Beri Komentar