3 Bentuk Kemasan Vaksin Covid-19 Sinovac, Brand Sama Warna Tutup Beda

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 18 Januari 2021 16:12
3 Bentuk Kemasan Vaksin Covid-19 Sinovac, Brand Sama Warna Tutup Beda
Di Indonesia proses vaksinasi telah dimulai.

Dream - Vaksin dan menjalankan protokol 3M secara disiplin merupakan kunci mencegah tertular Covid-19. Protokol 3M adalah memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Di Indonesia proses vaksinasi telah dimulai pekan lalu diawal Presiden Joko Widodo dan tenaga kesehatan yang mendapat suntikan CoronaVac, vaksin Covid-19 dari Sinovac. Hingga akhir 2021 diharapkan akan ada ketersediaan 426 juta vaksin covid-19 pada 2021.

Tahap awal, Indonesia menggunakan Sinovac untuk vaksinasi covid-19. Kemasan dari vaksin Sinovac ini pun berbeda-beda untuk menandakan tiga tahapan yang berbeda.

1 dari 2 halaman

Alasan Perbedaan Kemasan

Ilustrasi© Freepik

Sinovac melakukan uji klinis vaksinnya bersama Tim Uji Klinis Universitas Padjajaran. Vaksin yang digunakan untuk uji klinis ini dikemas dengan nama SARS-CoV-2 Vaccine.

Vaksin covid-19 yang digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi adalah vaksin jadi yang diproduksi Sinovac langsung dan telah mendapat Persetujuan Penggunaan Darurat (EUA) dari Badan POM, yaitu dengan kemasan bernama CoronaVac.

Di awal Januari, Sinovac sudah mengirimkan 15 juta dosis vaksin covid-19 dalam bentuk bahan baku (vaksin curah) untuk bisa diolah menjadi vaksin jadi dan didistribusikan PT Bio Farma dengan kemasan yang berbeda juga.

Berikut 3 perbedaan vaksin covid-19 Sinovac:

2 dari 2 halaman

Perbedaan Kemasan Vaksin

Ilustrasi© Pexels.com

Kemasan SARS-CoV-2 Vaccine

Ini merupakan vaksin yang diimpor khusus untuk pelaksanaan uji klinis fase 3 di Bandung. Vaksin dikemas dalam prefilled syrenge (pfs) isi 1 dosis, kemudian 1 pfs dikemas dalam 1 dus sekunder.

Kemasan CoronaVac (SARS-CoV-2 Vaccine Sinovac)

Merupakan vaksin yang diimpor langsung dari Sinovac. Vaksin dikemas dalam dus berisi 40 vial (tutup oranye/jingga) di mana per vial ukurannya 2 ml dan berisi 1 dosis. Tiga juta dosis vaksin ini dialokasikan untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Kemasan Vaksin COVID-19 Bio Farma

Vaksin ini diproduksi PT Bio Farma dan merupakan hasil kerja sama transfer teknologi dengan Sinovac. Vaksin dikemas dalam kemasan dus sekunder berisi 10 vial ukuran 5 ml, di mana setiap vial berisi vaksin 10 dosis (tutup vial berwarna dark navy).

 

(Sumber: Merdeka.com)

Beri Komentar