Pakai Masker 2 Lapis, Bisa Melindungi Lebih Maksimal?

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 10 November 2020 10:12
Pakai Masker 2 Lapis, Bisa Melindungi Lebih Maksimal?
Mari cari tahu faktanya.

Dream - Penggunaan masker kini jadi bagian dari aktivitas sehari-hari saat pandemi. Beragam masker pun bisa dipilih masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan harga yang cukup beragam.

Mungkin Sahabat Dream pernah melihat orang atau tenaga kesehatan menggunakan masker sebanyak dua lapis. Ada yang menggunakan masker N95, kemudia dilapisi lagi dengan surgical mask atau masker medis.

Penggunakan masker dua lapis ini sebenarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tenaga kesehatan yang sehari-hari kontak dengan pasien pastinya risiko mereka tertular lebih tinggi. Penggunaan masker dua lapis bagi tenaga kesehatan biasanya juga harus mengikuti pedoman protokol kesehatan khusus.

 

1 dari 2 halaman

Lalu bagi masyarakat umum, apakah pakai masker dua lapis bisa melindungi lebih maksimal? Elizabeth Hanes, soerang perawat senior, mengungkap jika kita menggunakan masker level medis seperti N95 atau masker bedah, meletakkan lapisan lain di atasnya mungkin tidak banyak membantu.

" Masker medis ini dibuat dari bahan tenunan rapat yang dirancang khusus untuk mencegah partikel virus masuk, jadi mungkin tidak memerlukan bantuan tambahan," kata Hanes dikutip dari WebMD.

Jika menggunakan masker katun, mengenakan masker dua lapis mungkin juga memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap menghirup virus dari udara. Penelitian terbaru yang dilakukan pada masker individu menunjukkan bahwa masker kain dua lapis bekerja lebih baik daripada masker satu lapis.

 

2 dari 2 halaman

Jadi, apakah itu berarti bahwa lapisan ekstra bisa memberi perlindungan lebih? " Kami belum memiliki bukti ilmiah tentang hal itu, tetapi sampai kami memilikinya, mungkin tidak ada salahnya untuk mengenakan masker berlapis, jika berada dalam situasi berisiko tinggi, seperti tinggal dengan seseorang yang positif Covid-19," ungkap Hanes.

Saat sudah mengenakan masker dua lapis, jangan langsung merasa aman. Kita tetap harus menjalankan dua protokol lainnya agar tak tertular Covid-19, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar