Pandemi Belum Usai, Berikut 6 Tips Aman Menginap di Hotel Saat Pandemi

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 28 Oktober 2020 17:34
Pandemi Belum Usai, Berikut 6 Tips Aman Menginap di Hotel Saat Pandemi
Libur panjang tentu berpotensi mengundang banyak orang untuk menginap di hotel selama liburan.

Dream – Akhirnya, libur panjang telah tiba. Namun libur panjang kali ini terasa berbeda. Karena pandemi di Indonesia masih belum usai. Masa Pembatasan Berskala Besar Transisi di berbagai kota juga sedang diperpanjang hingga November 2020.

Libur panjang ini tentu berpotensi mengundang banyak orang untuk menginap di hotel selama liburan. Menginap di hotel memang seru sambil staycation bareng keluarga dan sahabat. Tetapi banyak hal yang perlu kamu perhatikan jika memutuskan untuk menginap di hotel saat pandemi.

Supaya tetap aman dari ancaman virus corona, ada baiknya kamu pahami dulu berbagai tips aman menginap di hotel saat pandemi.

Meskipun menginap di hotel menjadi hal yang menggiurkan untuk menghilangkan kebosanan, tapi perhatikan 6 tips di bawah ini saat kamu sudah memutuskan untuk menginap di saat pandemi.

World Health Organization (WHO) sudah merilis berbagai protokol kesehatan yang perlu dilakukan selama menginap di hotel supaya terhindar dari virus corona penyebab Covid-19. Mari kita simak tipsnya berikut ini seperti dilansir dari laman SehatQ.

1 dari 6 halaman

Patuhi Protokol Kesehatan

Ilustrasi© freepik.com

Kebiasaan baru selama pandemi Covid-19 adalah bahwa kamu harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Jangan kendor untuk selalu pakai masker dan mencuci tangan. Karena ini merupakan tips aman menginap di hotel saat pandemi.

Terlebih saat kamu berada di luar rumah untuk liburan dan memutuskan untuk menginap di hotel. Tetap ikuti protokol kesehatan saat berada di hotel untuk mencegah penularan virus corona. Sebab setiap kamu berada di luar rumah, artinya kamu berisiko tertular Covid-19.

  • Mencuci tangan secara rutin pakai air mengalir dan sabun atau hand sanitizer berbahan alkohol.
  • Menerapkan jaga jarak minimal satu meter dengan petugas hotel maupun tamu yang lain.
  • Selalu menggunakan masker selama berada di luar kamar hotel.
  • Menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk, baik dengan siku maupun dengan tisu. Jangan lupa buanglah tisu bekas bersin ke tempat sampah.
2 dari 6 halaman

Pilih Hotel yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Ilustrasi© freepik.com

Selain kamu yang selalu menerapkan protokol kesehatan, pastikan juga hotel yang kamu pilih untuk menginap juga menerapkan protokol kesehatan.

Ini adalah salah satu tips aman menginap di hotel saat pandemi. Kamu bisa cari tahu dahulu memalui situs resmi dan media sosialnya atau langsung menghubungi pihak hotel.

Jika pihak hotel menerapkan protokol kesehatan yang disebutkan berikut ini, barulah kamu putuskan untuk menginap di sana.

  • Pihak hotel mewajibkan seluruh tamu untuk pakai masker di ruang publik, seperti ruang tunggu dan ruang resepsionis.
  • Mewajibkan tamu menggunakan tangga dan menghindari lift supaya tidak mengundang kerumunan di tempat kecil.
  • Membersihkan kamar hotel secara rutin.
  • Pihak hotel memastikan karyawannya sudah dibekali pengetahuan umum mengenai cara pencegahan viru corona.
  • Pihak hotel membatasi waktu para pengunjung di ruang publik, seperti tempat fitness, ruang makan, kolam renang hingga tempat bersantai.
  • Jika semua protokol kesehatan itu sudah diterapkan, maka menunjukkan keseriusan pihak hotel untuk menjaga keamanan dan keselamatan para tamu dari ancaman virus corona.
3 dari 6 halaman

Bawa Hand Sanitizer

Ilustrasi© freepik.com

Meskipun biasanya disediakan hand sanitizer di ruang publik oleh pihak hotel, namun sebaiknya sediakan hand sanitizer sendiri. Ini adalah salah satu tips aman menginap di hotel saat pandemi.

Meskipun mencuci tangan dengan air bersih dan sabun dianggap lebih efektif, namun keberadaan hand sanitizer menjadi penolongmu saat kamu tidak menemukan tempat cuci tangan maupun toilet di sekitar.

4 dari 6 halaman

Disarankan Bawa Disinfektan

Ilustrasi© freepik.com

Tips aman menginap di hotel saat pandemi yang tidak kalah penting adalah membawa disinfektan sendiri. Terdapat banyak permukaan yang sudah tersentuh oleh pengunjung lainnya di hotel tempatmu menginap.

Maka dari itu kamu harus membershkan sendiri permukaan benda yang akan kamu sentuh. Meskipun pihak hotel mungkin sudah membersihkan secara berkala, namun bisa saja ada permukaan yang luput dari perhatian mereka.

Permukaan benda yang sering disentuh adalah gagang pintu, jendela, hingga semprotan di toilet harus menjadi prioritas utama.

5 dari 6 halaman

Hindari Kerumunan

Ilustrasi© freepik.com

Tips aman menginap di hotel saat pandemi selanjutnya adalah selalu menghindari temoat ramai atau kerumunan.

Meskipun pihak hotel sudah menerapkan protokol kesehatan, namun kamu juga perlu menghindari tempat rami di gedung hotel.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona. Sebab ada banyak tamu yang datang dan berisiko menularkan Covid-19.

6 dari 6 halaman

Ventilasi Ruangan Kamar Hotel

Ilustrasi© freepik.com

Hal yang perlu kamu perhatiak sebagai tips aman menginap di hotel saat pandemi adalah ventilasi kamar. Apabila ventilasi kamar hotel tertutup rapat, dikhawatirkan virus corona penyebab Covid-19 bisa bersemayam di sana.

Terlebih jika kamar itu sudah digunakan sebelumnya oleh pengunjung lain. Selain itu, kamu juga sebisa mungkin menghindari sirkulasi udara dari pendingin ruangan atau kipas. Namun sebaiknya bukalah jendela kamar hotel selebar mungkin untuk meningkatkan sirkulasi udara dari luar.

Itulah 6 tips aman menginap di hotel saat pandemi yang perlu kamu pelajari dulu sebelum pergi liburan.

Selain berbagai tips yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga eprlu melaporkan ke pihak hotel apabila kamu atau keluargamu menunjukkan gejala Covid-19. Sehingga pihak hotel bisa segera melakukan penanganan cepat dan menghubungi rumah sakit.

Beri Komentar