Pandemi Membuat Telemedicine Lebih Cepat Diterima

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 24 Oktober 2021 17:00
Pandemi Membuat Telemedicine Lebih Cepat Diterima
Membantu mempercepat koneksi pasien dan dokter.

Dream – Profesi dokter berperan besar dalam kehidupan masyarakat. Peranan ini semakin penting mengingat selama hampir dua tahun, dokter dan tenaga kesehatan lain menjadi garda terdepan dalam misi penyelamatan bangsa dari pandemi Covid-19.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melaporkan, selama hampir dua tahun pandemi hidup di tengah masyarakat. Sekitar 730 dokter gugur saat bertugas.

Sebagai alternatif yang lebih aman, kehadiran teknologi telemedicine memungkinkan dokter dan tenaga kesehatan lain untuk memberikan pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas bagi masyarakat.

“ Teknologi ini bukan dokter. Teknologi ini hanya membantu mempercepat koneksi, tetap di ujungnya adalah kawan-kawan dokter,” kata dr. Daeng M Faqih, SH, MH, selaku Ketua Umum PB IDI pada Jumat, 22 Oktober 2021 dalam Halodoc Talks special Hari Dokter Nasional.

Semenjak pandemi, layanan telemedicine telah berkembang dan mempercepat layanan vaksinasi hingga membuka akses pelayanan isoman. Dokter Daeng menjelaskan tanpa bantuan teknologi, hal ini hampir mustahil dikerjakan sebab pasien COVID-19 terbilang banyak namun tenaga kesehatan sangat terbatas.

 

 

1 dari 1 halaman

Salah satu aplikasi telemedicine, Halodoc, mengalami pertumbahan mencapai sepuluh kali lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Doddy Lukito, CEO & Co-Founder Halodoc mengungkap kini di pengguna aplikasinya juga bisa langsung berkonsultasi dengan spesialis. Seperti spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis anak, dokter kandungan, dokter THT, dokter kesehatan jiwa, dan bahkan dokter hewan.

Halodoc© Halodoc

Dokter Daeng berharap, layanan telemedicine ini bisa terus dimanfaatkan bukan hanya saat pandemi atau new normal melainkan hingga seterusnya melalui perbincangan dengan pihak-pihak terkait.

Laporan Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar