Pasangan Ternyata 'Anak Mami', Cari Tahu Cara Menaklukannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 7 Mei 2021 10:48
Pasangan Ternyata 'Anak Mami', Cari Tahu Cara Menaklukannya
Akan menjadi tidak baik bila kedekatan itu menjadi terlalu berlebihan hingga ketergantungan.

Dream – Memiliki pasangan yang dekat dengan ibunya merupakan hal yang baik. Ini mengindikasikan bahwa pasanganmu adalah orang yang penyayang dan sosok yang bertanggung jawab.

Akan menjadi tidak baik bila kedekatan itu menjadi terlalu berlebihan hingga ketergantungan. Apabila pasangan laki-laki sudah terlalu bergantung dengan ibunya, biasa disebut dengan sebutan ‘anak mami’, bisa jadi dapat mengacaukan dan mengganggu hubungan atau kehidupan pernikahan.

Bagaimana cara membedakan pasangan laki-laki yang hanya sekedar dekat atau memang anak mami? Anak yang bergantung pada ibunya dan tidak mandiri memiliki ciri-ciri berikut ini;

1. Tidak bisa mengambil keputusan sendiri
Anak mami akan selalu bertanya pada ibunya saat akan mengambil keputusan, bahkan hal-hal sepele atau kecil. Mereka akan lebih percaya dengan saran ibunya ketimbang diskusi panjang dengan pasangannya.

2. Tidak mandiri
Terlepas dari seberapa dewasa laki-laki tersebut, anak mami akan selalu manja dengan ibunya. Pasangan anak mami juga akan cenderung bergantung pada pasangannya, dalam hal kebutuhan finansial, emosional, hingga sosial.

3. Tidak tahu batasan waktu
Anak mami akan susah mengatur jadwal sendiri, meski sudah dewasa mereka akan tetap meminta ibunya untuk mengurus kegiatannya.

4. Mengabaikan kebutuhan pasangan
Anak mami akan cenderung memprioritaskan ibunya ketimbang pasangannya sendiri, cenderung mengabaikan kebutuhan pasangan yang kemudian membuat hancur komunikasi internal hubungan pernikahan.

 

1 dari 6 halaman

Lantas, bagaimana cara menghadapi pasangan anak mami? Jika sahabat Dream mulai mencurigai pasangan kalian adalah anak mami, cobalah pahami cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya, antara lain;

- Tetapkan batasan dengan jelas
Harus bisa memberikan pengertian bahwa kamu berbeda dengan ibunya, berikan pembatas di mana saat bersama ibunya dia boleh menjadi anak mami, tapi saat bersama kamu, dia harus bisa memposisikan dirinya sebagai orang dewasa. Cobalah bersikap tegas dan jangan terus mengikuti kemauannya.

- Hidup terpisah
Jika memiliki pasangan anak mami, lebih baik untuk tinggal terpisah dengan mertua, karena tinggal bersama akan membuat pasangan kamu akan lebih memprioritaskan ibunya ketimbang kamu pasangannya. Lebih parah lagi jika terjadi masalah rumah tangga, pasangan kamu akan langsung pergi dan melapor ke ibunya. Jadi tinggal terpisah merupakan keputusan paling bijak.

- Hindari konfrontasi
Sebagai menantu, meski memiliki suami anak mami, cobalah untuk tidak konfrontasi langsung dan meminta mertua untuk tidak mencampuri urusan rumah tangga, jangan sampai terbawa emosi. Ketika hal ini akan didiskusikan, sampaikan dengan jujur perasaan cemburu dan rasa ingin lebih banyak memiliki waktu berdua dengan pasangan. Berilah solusi, misalnya dengan menyatakan bahwa tak masalah untuk sesekali berkunjung ke rumah orang tua tapi bukan berarti sang ibu boleh datang kapan saja tanpa batasan.


Laporan Josephine Widya/ Sumber: SehatQ

2 dari 6 halaman

Ketahui Penyebab Sifat 'Bucin' Saat Memiliki Pasangan

Dream - Bucin merupakan istilah yang sangat sering digunakan sejak beberapa tahun terakhir. Istilah ini diklaim menjadi singkatan dari budak cinta.

Umumnya, istilah tersebut digambarkan dengan pasangan yang rela melakukan apapundan biasanya terjadi di awal hubungan.

© Dream

Dilansir dari Sehatq.com, berdasarkan teori psikologi Sigmund Freud bucin merupakan orang yang mengidealisasikan orang lain secara sadar maupun tidak.

Seseorang cenderung mencintai pasangannya secara keseluruhan. Sehingga, kamu bisa bersifat lebih empatik, baik, perhatian dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

Penyebab sifat bucin

Faktor kimia

Salah satu penyebab sifat bucin adalah produksi hormon dopamin ketika jatuh cinta. Kamu akan merasa kecanduan dan ingin mengalami momen bahagia dengan pasangan secara terus menerus.

Faktor psikologis

Banyak faktor psikologis yang dapat memicu sifat bucin. Namun jika merasa rendah harga diri, mental maupun emosional, kamu lebih berpotensi bersifat bucin.

Meski wajar dialami, namun bucin bisa berakibat buruk bagi dirimu. Kamu bisa melakukan hal yang tidak wajar ketika bucin, sehingga dapat berdampak buruk bagi lingkunganmu.

Kamu juga bisa kehilangan fokus terhadap tujuan hidup dan cita-citamu. Apalagi, jika tidak menentukan skala prioritas. Sehingga, kamu perlu mengontrol perasaanmu agar tidak bersifat berlebihan.

(Sumber: Sehatq.com)

4 dari 6 halaman

3 Artis 'Bucin' yang Cuma Follow Pasangannya

Dream - Vino G Bastian dijuluki budak cinta atau bucin oleh netizen. Alasannya karena Vino yang memiliki 3 juta follower itu ternyata hanya menfollow satu orang yang tak lain istrinya sendiri Marsha Timoty.

Julukan Bucin yang disematkan ke Vino ramai disebut di twitter. Akun @mahasiswikupu2 pada 4 Oktober 2019 memberikan julukan tersebut dan ingin mendapatkan pendamping seperti Vino.

vino G bastian© vino G bastian

" Vino G Bastian followers 3 juta, followingnya 1, istrinya doang. Ya Allah ini bucin yang aku inginkan,"  tulis akun tersebut.

Ternyata selain Vino, ada dua aktor lain yang melakukan hal serupa. Siapa dia?

 

5 dari 6 halaman

2. Dodit Mulyanto


Siapa sangka julukan bucin juga pantas disematkan oleh aktor sekaligus komika Dodit Mulyoto. Pria asal Blitar Jawa Timur ini hanya menfollow calon istrinya Cici.

dodit mulyoto© dodit mulyoto

6 dari 6 halaman

3. Ammar Zoni

Sama dengan Vino, Ammar Zoni juga melakukan hal serupa. Ammar hanya menfollow istri tercnta Irish Bella.

ammar zoni© ammar zoni

Sejak menikahi wanita asal Cirebon ini, Ammar memang sangat mencintai istrinya itu. Kini Ammar hanya menfollow satu orang meski jumlah followernya saaat ini mencapai 6 juta follower.

Beri Komentar