Pemilik Gigi Sensitif, Hati-hati Lakukan Prosedur Pemutihan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 21 September 2021 10:36
Pemilik Gigi Sensitif, Hati-hati Lakukan Prosedur Pemutihan
Noda kuning dan kecokelatan berupa plak memang harus dibersihkan secara teratur.

Dream - Banyak orang terobsesi dengan gigi putih dan senyum sempurna. Berbagai cara pun dilakukan, termasuk berkonsultasi secara khusus dengan dokter gigi.

Tampilan gigi yang putih dan bersih diyakini dapat mempengaruhi senyum dan kepercayaan diri secara keseluruhan. Menurut drg Diksha Tahilramani Batra, ahli gigi protestik dan ahli implan, gigi yang putih memang biasanya lebih sehat.

Meskipun gigi kuning bisa dibilang sehat, tapi, kata menurut drg Diksha, tetap harus dibersihkan untuk menghilangkan noda kekuningannya. Kalau gigi mulai ada perubahan seperti muncul warna cokelat, hitam dan keabu-abuan, maka hal itu merupakan indikasi adanya penyakit.

" Mulai dari pembusukan hingga kerusakan saraf yang membutuhkan perawatan," ungkapnya, dikutip dari Times of India

Menurutnya, saat ingin mendapatkan gigi yang putih, penting untuk mengetahui kekuatan gigi kita. Karena hal ini ditentukan oleh jumlah dan ketebalan enamel alami di gigi yang membuat warna gigi menjadi putih. Seiring dengan usia, lapisan enamel menurun membuat gigi kekuningan hingga keabu-abuan.

 

1 dari 5 halaman

Terdapat beberapa perawatan untuk membuat gigi lebih putih, bersih dan cerah. Mulai dari pembersihan sederhana seperti membersihkan noda kuning dan cokelat hingga proses pemutihan atau mencerahkan lapisan enamel gigi. Diksha mengingatkan jika pasien memiliki gigi yang sensitif dan enamel giginya banyak yang berkurang maka tidak cocok untuk melakukan pemutihan gigi.

Gigi Putih© Shutterstock

Kalau gigi rusak atau pernah melakukan perawatan gigi, pilihan seperti veener keramik atau mahkota gigi akan lebih cocok untuk mendapatkan senyum putih yang alami dan tahan lama. Gigi putih yang sempurna tentunya harus dijaga melalui asupan yang dikonsumsi dan juga kebersihan mulut.

 

2 dari 5 halaman

Untuk perokok atau sering mengkonsumsi kafein maka harus melakukan perawatan ekstra agar gigi tetap putih. Dokter gigi pasti menyarankan protokol khusus seperti produk kebersihan mulut yang tepat, solusi pemutihan yang bisa dilakukan di rumah dengan dosis yang pas, pembersihan gigi yang optimal dan prosedur pemutihan gigi tahunan.

Banyak tips sederhana untuk mendapatkan gigi putih alami tanpa melakukan pemasangan veener keramik. Caranya, mengkonsumsi sayuran hijau dan makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan ini dapat membantu menjaga gigi tetap putih.

Laporan Syifa Putri Naomi

3 dari 5 halaman

4 Jenis Minuman yang Bisa Membuat Gigi Mudah Menguning

Dream - Semakin banyak orang yang berusaha memutihkan atau mencerahkan gigi di klinik kecantikan untuk mendapatkan senyum indah serta lebih percaya diri ketika berkomunikasi.

Namun, upaya tersebut tidak akan membuahkan hasil yang permanen. Kamu harus menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi jika ingin gigimu tetap putih atau cerah.

Rajin sikat gigi dan minum air mineral juga bisa mencegah perubahan warna gigi agar tetap cerah. Dilansir Eat This, berikut makanan atau minuman yang harus dihindari untuk mencegah perubahan warna gigi.

4 dari 5 halaman

Kopi

Kopi© Pexels.com

Meski lezat dan mampu membuatmu lebih berenergi, kopi bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Hal ini disebabkan oleh kadar kromogen yang tinggi.

Kromogen merupakan molekul berpigmentasi tinggi. Sehingga, sangat mudah menyebabkan gigi berubah warna. Jika kondisi gigimu buruk, perubahan warna akan lebih mudah terjadi dan sulit diatasi.

Teh

Sama dengan kopi, teh juga mengandung kromogen dan tanin. Bahkan, teh lebih mudah menyebabkan perubahan warna gigi daripada kopi. Kamu bisa menambahkan susu untuk mengurangi potensi perubahan warna gigi ketika mengonsumsi teh.

5 dari 5 halaman

Jus buah beri-berian

Jus Buah Beri-berian© Pexels.com

Walaupun sehat, jus yang terbuat dari berbagai jenis buah beri bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Cegah perubahan warna gigi akibat buah-buahan dengan sering mengonsumsi sayuran hijau seperti seledri dan selada segar.

Minuman soda

Minuman soda memiliki kadar gula tinggi yang mampu menghancurkan enamel atau lapisan terluar gigi. Sehingga, bagian dalam gigi (dentin) akan terlihat lebih jelas.

Sedangkan, dentin memiliki warna yang lebih gelap daripada enamel. Akibatnya, gigi pun akan terlihat lebih menguning. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung soda untuk mencegah perubahan warna gigi.

Beri Komentar