Ini Pengobatan Alami bagi Penderita Asma

Reporter : Ervina
Kamis, 9 Oktober 2014 13:30
Ini Pengobatan Alami bagi Penderita Asma
Alergi debu dan kondisi lingkungan yang kotor membuat seorang penderita asma merasakan sesak dan sulit bernafas. Berikut pengobatan alami agar penderita asma tetap bisa bernafas lega.

Dream - Alergi debu, udara kering, asap kendaraan bermotor, stres dapat dengan mudah mengiritasi paru-paru hingga membuat sesak nafas, dada terasa sesak, dan batuk kering. Kesadaran untuk hidup sehat dapat menjadi cara termudah bagi seorang penderita asma.

Pengobatan dokter mampu meminimalisir rasa sesak bagi seorang penderita asma, namun dalam jangka panjang kandungan steroid memiliki efek samping. Ada beberapa pengobatan alami yang dapat menghindari dan meminimalisir kemungkinan anda terserang asma.

Berikut caranya:

 (Sumber : Healthmeup)

 

1 dari 6 halaman

Inhalasi Uap

Menghirup uap air hangat dapat meringankan hidung tersumbat dan iritasi saluran pernafasan. Uap air juga dapat memberikan kelembaban pada saluran pernafasan dan mengurangi lendir. Siapkan alat penguap buatan yang terdiri dari air panas yang mendidih dalam panci, teteskan beberapa peppermint atau minyak kayu putih. Kemudian letakkan kepala di atas panci dan tutupi kepala dengan handuk, hirup uap air selama 10-15 menit.

2 dari 6 halaman

Jahe

Rasa hangat pada jahe dapat mengurangi radang saluran pernafasan. Sejumlah studi menunjukkan senyawa pada jahe dapat meningkatkan kerja otot hidup hingga memberikan efek 'rileks'. Satu sendok parutan jahe dapat diseduh dengan secangkir air panas yang diminum sebelum tidur di malam hari.

3 dari 6 halaman

Kopi

Penderita asma yang rutin meminum kopi diketahui sepertiga lebih jarang mengalami kambuh dibandingkan yang tidak mengkonsumsi minuman berkafein ini. Dua hingga tiga cangkir kopi dalam sehari dapat mengobati asma. Efek bronchodilating pada kopi dapat membantu melebarkan saluran pernafasan. Kopi sangat tidak dianjurkan bagi anak-anak penderita asma.

4 dari 6 halaman

Bawang Merah

Sifat anti-inflamasi pada bawang merah dapat menghambat penyempitan saluran pernafasan. Konsumsi bawang merah mentah dapat mengiritasi rongga hidung, namun jika sudah dimasak justru dapat mengurangi gejala asma.

5 dari 6 halaman

Bawang Putih

Rebusan 10-12 siung bawang putih dalam secangkir susu dapat membantu melancarkan pernafasan. Ramuan ini efektif melancarkan kerja paru-paru.

6 dari 6 halaman

Cabai

Senyawa capsaicin yang membuat rasa pedas pada cabai memiliki sifat anti-inflammatory yang bisa melancarkan saluran pernafasan. cabai dapat merangsang cairan dalam paru-paru, tenggorokan dan mengurangi lendir.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak