Penting Dilakukan Agar Gigi Anak Tak Menghitam

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 4 Desember 2016 13:02
Penting Dilakukan Agar Gigi Anak Tak Menghitam
Kondisi gigi hitam ini banyak terjadi pada anak-anak yang minum susu dengan botol hingga tertidur.

Dream - Kerusakan gigi susu seperti berlubang dan menghitam seringkali dialami oleh anak di usia pertumbuhan. Masalah ini pun sering diabaikan orangtua karena menganggap gigi susu akan tanggal dan berganti dengan gigi tetap.

Sebenarnya gigi susu ini merupakan " panduan" tumbuh bagi gigi tetap, agar sesuai posisinya dengan lengkung rahang.

Ketika gigi berlubang dan menghitam, maka mahkota gigi yang tersisa sangat minim. Efeknya, gigi tetap yang akan tumbuh bisa bertumpuk dan berantakan.

Kondisi gigi hitam ini banyak terjadi pada anak-anak yang minum susu dengan botol hingga tertidur, yang dikenal dengan rampan karies. Cairan manis dari susu akan melekat pada gigi sehingga bakteri yang ada dapat menyebabkan gigi hitam dan berlubang.

" Jangan membiarkan anak minum susu dengan dot semalaman, efeknya gigi akan hitam dan berlubang. Setelah minum susu segera berikan anak air putih atau ajarkan dia berkumur, untuk membersihkan sisa susu," kata Alex Hurley, seorang dokter gigi anak.

Orangtua juga harus terus mengajarkan buah hati menggosok gigi. Setelah gigi bayi tumbuh, biasakan untuk menyikat giginya dua kali sehari dengan sikat gigi bayi dan pasta gigi.

Lakukan hal itu sebelum waktu tidur. Dengan begitu, anak jadi terbiasa menggosok gigi sebelum terlelap.

Jika sudah terlanjur berlubang dan menghitam, segera periksan ke dokter gigi. Nantinya dokter akan membersihkan dan menambalnya. Membiarkannya bisa membuat anak mengalami nyeri di gigi dan gusi.

(Ism, Sumber: Web MD)

Laporan: Nanda Febriani

 

Baca Juga: Masya Allah, Alquran Bertinta Emas Terukir di Sutra Tipis Lucunya Kala Orang Arab Bermain Salju di Gurun Cantiknya Hijabers Kembaran Kim Ji Won (DOTS) Prihatin, Begini Bentuk Rumah 25 Meter Persegi Warga Suriah 20 Foto Ini Akan Buat Kamu Terinspirasi Jelajah Indonesia Foto Kehidupan Muslim Seabad Lalu di Tempat Imam Bukhari Hidup

Beri Komentar