Penting! Rutin Bersihkan Kacamata Demi Cegah Penularan Covid-19

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 18 Oktober 2020 14:02
Penting! Rutin Bersihkan Kacamata Demi Cegah Penularan Covid-19
Jangan sampai kacamata penuh dengan virus dan kuman yang bisa menular.

Dream - Bagi Sahabat Dream pemakai kacamata, jangan malas untuk rutin membersihkannya berkali-kali. Terutama jika setelah dari luar rumah.

Media penularan virus corona (Covid-19) adalah percikan air liur (droplet) yang bisa menyembur lewat bersin atau batuk penderita Covid-19.

Droplet tersebut bisa menempel di kacamata dan masuk ke cairan mata, yang sangat mungkin membuat penularan terjadi. Untuk itu selalu bersihkan kacamata secara rutin.

Bukan dengan ujung pakaian atau tisu, tapi membersihkannya dengan tahapan yang benar. Tentunya agar kotoran dan virus yang berbahaya bisa hilang dan kacamata tetap dalam kondisi baik.

Simak tahapan penting membersihkan kacamata, termasuk kacamata hitam.

- Cuci dan keringkan tangan sebelum memegang kacamata. Pastikan kacamata bebas dari lotion atau minyak.
- Bilas kacamata Anda di bawah air hangat yang mengalir. Ini akan menghilangkan kotoran, debu, pasir, atau garam yang dapat menggores lensa
- Beri sedikit sabun bayi ada setiap lensa. Pastikan sabunnya bebas lotion karena lotion akan mengotori lensa
- Gosok lensa dengan lembut dan semua bagian kacamata dengan lap microfiber
- Bilas kacamata Anda dengan seksama, pastikan untuk menghapus setiap bekas sabun
- Gerakkan kacamata agar air sisa di dalam hilang
- Keringkan kacamata dengan lap yang tidak berbulu

 

1 dari 6 halaman

Pencucian yang menyeluruh akan membantu menghilangkan kuman dari kacamata. Jika ingin mendisinfeksi kacamata setelah dibersihkan, semprotkan disinfektan ke kain lembut yang bebas serabut hingga lembap. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk menyeka kacamata.

Diamkan sejenak selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu kacamata baru bisa digunakan kembali. Semoga selalu sehat, Sahabat Dream.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

2 dari 6 halaman

5 Kesalahan Memakai Masker yang Berisiko Tertular Virus

Dream - Masker menjadi bagian dari protokol kesehatan selama Covid-19. Alat ini mampu melindungi saluran pernapasan dari paparan virus serta bakteri.

Namun nyatanya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika pakai masker. Keselahan tersebut membuat masker tidak berfungsi dengan baik.

© Dream

Seperti diketahui, Covid-19 merupakan virus yang menyebar dari percikan ketika seseorang berbicara, batuk atau pun bersin.

Virus dapat menyebar di udara dan menginfeksi jika terhidup lewat saluran pernapasan. Dilansir dari Hackensack, berikut ini kesalahan ketika memakai masker:

3 dari 6 halaman

Hidung Terbuka

Kesalahan Memakai Masker© Foto: Shutterstock

Memakai masker dengan membuka bagian hidung tidak akan memberi perlindungan pada tubuh kita atau pun orang lain. Ketika kita sakit, droplets dan lendir hidung seharusnya tetap berada di dalam masker dan tidak boleh mengkontaminasi udara sekitar.

Sebaliknya, kita juga harus menutupi hidung agar tidak menghirup virus yang berada di udara sekitar kita.

4 dari 6 halaman

Diletakkan di Dagu

Masker sebaiknya tidak digunakan di bawah dagu. Bagian bawah dagu, terutama area leher biasanya sudah terekspose oleh udara sekitar. Memakai masker di bawah dagu akan membuat virus serta bakteri yang menempel berpindah ke masker dan terhirup lewat hidung.

5 dari 6 halaman

Dagu yang Terbuka

Gunakan masker untuk menutupi daerah wajah seputar hidung, pipi, mulu hingga dagu. Bagian dagu tidak boleh terlupakan karena virus dapat mudah berpindah ke area mulut.

Masker Rusak

Masker harus digunakan sesuai usia pemakaian. Masker yang sudah lusuh, kotr dan robek tidak layak untuk dikenakan karena tak lagi efektif dalam menyaring partikel yang terdapat di udara.

Masker medis hanya boleh digunakan sekali pakai. Sedangkan masker kain dapat digunakan beberapa kali dengan perawatan dan cara mencuci yang tepat.

6 dari 6 halaman

Tidak Pakai Masker Sama Sekali

Masker tak hanya melindungi Anda dari paparan penyakit, namun juga memutus rantai penularan Covid-19 ke orang sekitar. Gunakan masker medis atau masker kain yang terdiri dari 3 lapisan untuk mencegah paparan penyakit.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar