Pentingkah Menjaga Kebersihan Lidah?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 7 Desember 2021 09:12
Pentingkah Menjaga Kebersihan Lidah?
Ketahui efek kondisi lidah yang buruk dan cara mengatasinya.

Dream – Sejak kecil, orangtua mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi setiap pagi maupun malam hari.

Beberapa orangtua juga menyarankan untuk berkumur dengan obat kumur dan menggunakan benang gigi untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Selain ketiga cara tersebut, terdapat satu rutinitas yang penting untuk dilakukan, yaitu menjaga kebersihan lidah. Meski seringkali disepelekan, tapi lidah yang kotor dan tidak dibersihkan akan menjadi sarang bakteri penyebab berbagai masalah gigi maupun mulut.

1 dari 4 halaman

Efek buruk tidak menjaga kebersihan lidah

Bau Mulut© Shutterstock

Salah satu masalah yang bisa dialami akibat lidah yang kotor adalah bau mulut. Dilansir dari Pop Sugar, kotoran yang menumpuk pada lidah bisa terlihat seperti noda kecokelatan atau kehitaman dan membuat bagian atas lidah menjadi kasar.

Kamu bisa mengalami masalah pada gusi akibat penumpukan bakteri pada lidah maupun di dalam mulut. Oleh karena itu, kamu harus rutin memerhatikan kesehatan dan kebersihan lidahmu.

2 dari 4 halaman

Cara membersihkan lidah

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang basah dan pasta gigi atau scraper. Jika ingin menggunakan sikat dan pasta gigi, kamu hanya perlu memakainya seperti ketika menyikat gigi.

Hanya saja, pasta gigi yang dibutuhkan lebih sedikit dan sikat gigimu harus basah agar lebih lembut ketika digunakan untuk menyikat lidah. Lalu, gosok lidahmu secara perlahan hingga permukaannya tertutup oleh pasta gigi. Selanjutnya, kumur hingga lidah dan mulutmu bersih.

Jika ingin menggunakan scraper, letakkan alat tersebut di bagian belakang lidah dan tarik ke depan. Ulangi beberapa kali dan pindahkan scraper dengan sudut yang berbeda. Lalu, kumur hingga mulutmu benar-benar bersih.

Melakukan kedua cara tersebut akan lebih efektif untuk memastikan kebersihan lidah. Namun, menjadikan pembersihan lidah sebagai rutinitas lebih penting untuk kesehatan gigi dan mulut.

Laporan: Anzila Riskia Putri

3 dari 4 halaman

Mengenali Clicking, Kelainan Sendi yang Bikin Mulut Tidak Bisa Ditutup Lagi

Dream - Masalah gigi dan mulut tidak hanya sebatas gigi berlubang atau berantakan (maloklusi). Masih banyak masalah lain yang bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya adalah clicking atau Temporomandibular Disease (TMD).

Clicking merupakan kelainan sendi yang ditandai dengan bunyi 'klik' atau 'pop' saat membuka mulut. Terutama, ketika membuka mulut terlalu lebar.

Sederet Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Aktivitas di Tengah Pandemi

Biasanya, clicking terasa di depan telinga dan bisa terjadi hanya di satu sisi wajah atau keduanya. "  Clicking terjadi di sendi rahang dan kelainan rahang ini bisa disertai rasa nyeri," ungkap drg. Shabrina Ramadhona dalam wawancara virtual, Jumat 29 Oktober 2021.

 

1 dari 2 halaman

Rasa Nyeri Bisa Menyebar

 

Mengalami Sakit Gigi© Shutterstock

Meski bisa menimbulkan rasa nyeri, sebenarnya clicking atau TMD bukanlah penyakit. Namun, kondisi ini tetap harus diperhatikan dan diatasi.

Kesehatan Area Intim Jangan Diabaikan, Begini Cara Efektif Merawatnya

Rasa nyeri akibat clicking bisa merambat ke area wajah lainnya maupun kepala. " Tergantung derajat keparahan" . Clicking yang tidak segera diatasi juga bisa menyebabkan seseorang sulit membuka atau menutup mulut.

" Kadang bisa jadi jaw lock, mulut yang terbuka, nggak bisa menutup lagi. Makanya, kalau sudah merasa kurang nyaman, sebisa mungkin segera ditangani. Jangan ditunggu sampai parah," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Kelainan Sendi di Bagian Gigi dan Mulut

Mengalami Sakit Gigi© Shutterstock

Kelainan sendi yang disebabkan oleh kebiasaan menggertakkan rahang atau gigi, mengunyah hanya di satu sisi, keadaan gigi yang hilang, penyakit arthritis, maupun trauma ini, juga dapat menyebabkan bentuk wajah menjadi asimetris.

Merasa Kembung Setelah Berhubungan Intim, Ternyata Ini Sebabnya

Kamu yang merasa mengalami gejala-gejala clicking dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan. " Ada pemeriksaan intraoral. Diperiksa apa ada kelainan dalam rongga mulut. Selain itu, otot daerah sendi juga diperiksa. Rontgen juga termasuk pemeriksaan penunjang" .

Setelah pemeriksaan, dokter akan menentukan perawatan yang tepat untuk mengatasi clicking. Mulai dari terapi seperti senam rahang, memakai alat seperti night guard, hingga operasi bedah mulut.

Beri Komentar