Istirahat Seperti 'Tabungan' untuk Tubuh, Jangan Sampai Abai

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 31 Agustus 2019 15:02
Istirahat Seperti 'Tabungan' untuk Tubuh, Jangan Sampai Abai
Bukan hanya makan sehat dan olahraga saja, pastikan kamu istirahat dengan cukup.

Dream - Banyak orang beranggapan kalau ingin tubuh selalu fit dan sehat, hanya perlu makan sehat dan olaharaga teratur. Padahal ada satu lagi yang sangat penting dan kerap terabaikan, yaitu istirahat yang cukup.

Terdengar sepele, tapi banyak orang yang sulit mendapatkan waktu istirahat cukup dan berkualitas. Mereka yang kurang istirahat cenderung akan mudah sakit, memiliki emosi yang tak stabil, dan berat badannya mudah naik.

" Jadi nggak hanya berolahraga dan diet saja, harus istirahat juga. Karena pada saat tidur, tubuh melepaskan growth hormon," ujar Diana Suganda, spesialus gizi saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

1 dari 5 halaman

Pembaruan Sel

Pelepasan growth hormon inilah yang menjadi alasan anak usia dini disarankan untuk selalu tidur siang, " Itulah kenapa anak kecil disuruh tidur siang, karena ada hormon pertumbuhan supaya lebih optimal tumbuh kembangnya."

 Tidur NyenyakTidur Nyenyak © Shutterstock

Sedangkan untuk orang dewasa, tidur bisa membantu regenerasi sel. Proses regenerasi sel pun akan bekerja optimal ketika Sahabat Dream memiliki kualitas tidur yang baik.

2 dari 5 halaman

Deep Sleep

" Tidak hanya tidur saja, tapi harus deep sleep untuk bisa recovery sel," katanya.

Jika waktu tidurmu kurang, Diana menganjurkan untuk mencukupi nutrisi dan menyempatkan beristirahat di sela-sela aktivitas.

Sahabat Dream juga bisa melebihkan waktu tidur beberapa jam setiap hari untuk mengganti kurangnya jam tidur. (mut)

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

3 dari 5 halaman

Tips Tidur Lelap, Begini Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak

Dream - Masalah tidur bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Seperti jam tidur yang singkat dengan waktu aktivitas yang banyak, bisa membuat badan kelelahan.

Panjang pendeknya durasi jam tidur akan mempengaruhi energi, produktivitas, keseimbangan emosi, dan bahkan berimbas ke berat badan.

Dengan jam dan kualitas tidur yang baik, tentu dapat meningkatkan produktivitas dan juga energi. Oleh sebab itu, memiliki jam tidur dan siklus tidur yang baik sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ada banyak kebiasaan dan gaya hidup yang bisa membuat kita sulit tidur di malam hari. Dari sinilah masalah mulai terjadi, gangguan tidur yang dialami dapat merembet ke permasalahan lain.

Sahabat Dream jangan khawatir, berikut beberapa tips tentang cara agar cepat tidur:

4 dari 5 halaman

Buat Siklus Tidur yang Baik

Menyelaraskan siklus tidur dengan jam bangun adalah salah satu cara agar cepat tidur. Dengan siklus tidur yang baik, akan membuat jadwal harian dan aktivitas di siang hari juga ikut teratur.

Cara agar cepat tidur adalah dengan tidur di jam yang sama setiap harinya.

  cara agar cepat tidurcara agar cepat tidur © Shutterstock


Jika hal itu sudah menjadi kebiasaan, maka dengan otomatis tubuh akan mengikuti siklus tersebut dan lebih cepat untuk tertidur.

Begitu pula sebaliknya, jika tubuh terbiasa tidur begadang hingga larut, makan kebiasaan ini akan diikuti oleh tubuh dan akan susah untuk tidur di jam yang berbeda.

5 dari 5 halaman

Selain itu, untuk mengatasi sulit tidur di malam hari, kita juga harus pandai untuk mengatur jam istirahat di siang hari.

Apabila siang kita istirahat berlebihan, maka malam hari kita akan mengalami kesulitan untuk tidur. Ada juga beberapa tips lain yang bisa dipakai sebagai cara agar cepat tidur, seperti:

-    Menghindari tidur di akhir pekan.
-    Mengupayakan tidur di jam yang sama setiap hari
-    Mengatur jam istirahat di siang hari

Mengatur Pencahayaan Kamar

Melatonin adalah hormone alami yang mengatur paparan cahaya masuk dan bisa mempengaruhi siklus tidur seseorang. Otak membutuhkan banyak melatonin ketika gelap dan akan membuat kita mudah tidur.

Sebaliknya, otak akan sedikit memproduksi melatonin apabila banyak paparan cahaya yang masuk, dan akan membuat kita sulit tidur.

Ada beberapa aspek lain yang bisa mempengaruhi produksi melatonin dalam tubuh seperti:

-    Paparan sinar matahari di pagi hari, akan mengurangi produksi melatonin dan akan membuat kita bangun ketika sedang tidur.
-    Menghabisakan banyak waktu di luar ruangan ketika siang hari, juga akan mempengaruhi produksi melatonin.

  cara agar cepat tidurcara agar cepat tidur © Shutterstock


-    Memberikan ventilasi udara masuk, dengan paparan sinar matahari langsung.

Dan, cara untuk mengatasi masalah cahaya di malam hari bisa dengan:
-    Menghindari cahaya layar selama 1-2 jam sebelum tidur.
-    Menghindari menonton TV di malam hari.
-    Pastikan ruangan ketika hendak tidur.
-    Jalan main HP ketika hendak tidur.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna