Tahu Beda Ortodontis dan Protodonsia? Yuk Kenali Spesialisasi Dokter Gigi dan Keahliannya

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 6 April 2022 06:47
Tahu Beda Ortodontis dan Protodonsia? Yuk Kenali Spesialisasi Dokter Gigi dan Keahliannya
Sebelum mulai merawat gigi sesuai dengan kebutuhan, yuk simak beberapa perbedaan spesialis gigi

Dream - Gigi menjadi organ tubuh yang penting bagi manusia. Jika gigi rusak dan berlubang, akan menyebabkan banyak kuman menumpuk dan mengganggu sistem saraf.

Gangguan gigi dan gusi juga bisa menyebabkan komplikasi loh. Salah satunya gigi berlubang pada penderita penyakit jantung dapat berakibat infeksi endokarditis. Infeksi ini terjadi pada lapisan dalam jantung yang disebabkan kuman-kuman pada mulut dan gigi yang berlubang.

Jika gigi tersebut rusak dan perlu dicabut, tentu akan mengurangi fungsi dalam mengunyah. Tak hanya mengurangi fungsinya dalam melembutkan makanan, gigi ompong juga akan memengaruhi estetika wajah kita.

Gigi yang ompong akan menjadi fokus seseorang ketika tengah berbincang-bincang. Tentunya ini akan buat jadi gak percaya diri.

Maka dari itu, penting sekali untuk merawat kesehatan dan memastikan gigi tetap menawan. Sebelum mulai merawat gigi sesuai dengan kebutuhan, yuk simak beberapa perbedaan spesialis gigi yang dibagikan Rumah Sakit JIH Solo pada keterangan tertulisnya.

1 dari 5 halaman

Spesialis Ortodontis

Shutterstock© Shutterstock

Spesialis ortodontis memiliki keahlian dalam diagnosis, pencegahan, dan pengobatan gigi yang tidak sejajar.

Seorang ortodontis dapat melakukan prosedur merapikan gigi menggunakan kawat gigi dan peralatan retainer.

Selain menunjang penampilan, tujuan dari pemerataan gigi adalah untuk memperbaiki fungsi gigi sehingga dapat mengunyah dan bicara lebih baik.

 

2 dari 5 halaman

Spesialis Protodonsia

Shutterstock© Shutterstock

Prostodonsia biasanya meliputi diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi bagi gangguan gigi yang mencakup gigi terlepas atau gigi rusak parah, serta perawatan prostesis gigi.

Perawatan prostodonsia sering dilakukan karena alasan kecantikan atau estetik dan rehabilitasi dalam rongga mulut.

Contohnya seperti penggantian gigi yang hilang menggunakan gigi palsu (denture), mahkota (crown), atau veneer. Prostodontis juga dapat mengganti gigi dengan implan gigi.

 

3 dari 5 halaman

Spesialis Bedah Mulut

Shutterstock© Shutterstock

Dokter bedah mulut tentunya memiliki pengetahuan yang lebih dalam untuk diagnosis dan tindakan berbagai bedah mulut dan rahang.

Bidang keahlian dokter spesialis ini yakni pembedahan area rongga mulut, seperti tumor pada gigi, gusi, dan lidah, dan biopsi mulut.

Tindakan operasi seperti operasi gigi bungsu, operasi rekonstruksi untuk menangani patah tulang rahang dan gigi, bibir sumbing, infeksi pada mulut dan pemasangab implan gigi juga dilakukan spesialis bedah mulut.

 

4 dari 5 halaman

Spesialis Konservasi Gigi

Shutterstock© Shutterstock

Spesialis konservasi gigi atau endodontik adalah perawatan gigi agar fungsi dan estetika gigi dapat kembali normal.

Tindakan yang dilakukannya meliputi pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai dengan kebutuhan, perawatan gigi berlubang, perawatan saluran akar, pemutihan gigi (bleaching), serta bedah endodontik.

 

5 dari 5 halaman

Spesialis Kedokteran Gigi Anak

Dokter spesialis gigi ini memiliki keterampilan khusus dalam menangani kasus dan penyakit seputar gigi, gusi, dan mulut pada anak-anak, mulai dari usia 1 tahun hingga menjelang remaja.

Kelima dokter spesialis ini hadir di berbagai Rumah Sakit salah satunya Rumah sakit JIH Solo yang menyediakan 5 dokter spesialis dan 4 dokter gigi umum yang melayani pasien dalam program One Stop Dental Care.

Program tersebut diperuntukkan jika terdapat kondisi yang tidak dapat ditangani oleh dokter gigi umum. Maka akan diberikan rujukan internal untuk masalah gigi dan mulut dapat ditangani oleh dokter gigi spesialis. Tindakan yang dilakukan tidak hanya untuk tindakan kuratif tetapi preventif dan rehabilitatif.

“ Praktik kami adalah praktik kedokteran gigi satu atap untuk memenuhi semua kebutuhan gigi Anda. Beberapa dokter spesialis yang ada di tempat kami antara lain Spesialis Ortodontis, Protodonsia, Bedah Mulut, Konservasi Gigi, dan Kedokteran Gigi Anak,” jelas drg. Angga Novendra Eka Satria pada rilis yang diterima Dream.

Rumah sakit JIH Solo pun buka setiap hari termasuk hari minggu dan akses mudah melalui website.

Beri Komentar