Pentingnya Mengurangi Konsumsi Garam di Musim Hujan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 15 Januari 2021 17:12
Pentingnya Mengurangi Konsumsi Garam di Musim Hujan
Ketahui juga cara menghindari konsumsi garam berlebihan.

Dream - Musim hujan merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan agar tubuh lebih hangat. Namun di saat yang sama, konsumsi makanan juga harus diperhatikan.

Biasanya, kandungan yang kerap diperhatikan saat mengonsumsi makanan adalah protein, karbohidrat, lemak dan jumlah kalorinya.

Padahal, jumlah garam di dalam makanan yang dikonsumsi juga berperan penting bagi kesehatan tubuh. Ketika dikonsumsi berlebihan di musim hujan, garam bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Hal ini dikarenakan musim hujan membuat seseorang jarang berkeringat. Sehingga, kandungan garam dalam tubuh meningkat dan meningkatkan tekanan darah.

Kamu bisa melakukan beberapa tips yang dilansir dari Times of India untuk mengurangi konsumsi makanan bergaram selama musim hujan.

1 dari 2 halaman

Mengurangi konsumsi makanan cepat saji

Pasta© Pexels.com


Makanan cepat saji rata-rata mengandung banyak garam. Misalnya, makanan ringan, makanan beku, biskuit dan burger.

Mengonsumsinya terlalu sering akan meningkatkan kadar sodium yang bisa berbahaya bagi kesehatan kardiovaskular.

Menjauhkan tempat garam dari dapur dan meja makan

Rasanya kurang lengkap jika belum menyertakan garam pada masakan. Namun jika ingin benar-benar menghindarinya, cobalah menjauhkan tempat garam dari dapur dan meja makan.

2 dari 2 halaman

Mengganti garam dengan bumbu lainnya

Bawang Putih© Pexels.com


Jika terbiasa menggunakan garam sebagai penyedap rasa, gantilah dengan bahan dapur lainnya seperti lada dan bawang putih. Keduanya dapat membuat masakanmu lebih lezat tanpa harus menambahkan garam.

Memilih makanan yang kandungan sodiumnya rendah

Ketika harus membeli makanan, pilihlah yang kandungan sodiumnya rendah. Terutama, jika kandungannya tampak jelas pada kemasan.

Jika sulit menemukan informasi kandungannya, kamu bisa mencari tahu lewat internet atau aplikasi pengukur kalori untuk memastikan konsumsi garam tetap dalam batas wajar.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar