Penuhi Kebutuhan Vitamin Demi Jaga Vitalitas Tubuh

Reporter :
Jumat, 6 Desember 2019 07:12
Penuhi Kebutuhan Vitamin Demi Jaga Vitalitas Tubuh
Jika asupan tak memadai, jangan ragu untuk mengonsumsi suplemen.

Dream - Kesibukan pekerjaan memang sangat menguras fisik dan kerap kali membuat kita kelelahan sampai jatuh sakit. Belum lagi perjalanan pulang dan pergi ke kantor yang macet dan membuat stres.

Ada kalanya kondisi tubuh sangat tak memadai. Efeknya adalah tubuh pegal, sakit kepala, demam, bahkan hingga muntah. Berbagai penyakit pun bermunculan tanpa kita sadari.

Menjaga pola hidup untuk selalu sehat memang tak mudah. Kita harus memperbaiki makanan dan olahraga teratur. Saat aktivitas begitu padat, penting juga mengonsumsi suplemen tambahan.

Beberapa orang mengalami keluhan kesehatan karena kekurangan vitamin. Contohnya, kekurangan vitamin D bisa membuat orang memiliki suasana hati yang tak stabil.

" Seseorang yang mellow atau depresi itu bisa muncul ketika kekurangan vitamin D,” ujar Natali Ardianto, CEO Indopasifik Teknologi Medika Indonesia (ITMI), dalam acara peluncuran Jovee di Jakarta, Kamis 5 Desember 2019.

 

1 dari 6 halaman

Mencari Nutrisi yang Tepat

Untuk membantu kaum pekerja yang super sibuk, ada sebuah aplikasi kesehatan digital yang bisa digunakan yaitu Jovee. Aplikasi ini dirancang oleh PT Indopasifik Teknologi Medika Indonesia (ITMI) untuk menjadi asisten kesehatan personal bagi penggunanya dengan memperhatikan kondisi dan pola hidup pelanggan.

 JoveeJovee © Dream

" Generasi milenial dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai pengingat atau asisten kesehatan pribadi untuk gaya hidup lebih sehat. Jovee akan membantu memberikan solusi berupa pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan suplemen yang dipersonalisasi, sesuai dari kebutuhan dan pola hidup masing-masing,” ujar Natali.

Nantinya aplikasi ini akan akan merekomendasikan suplemen sesuai kondisi kesehatan personal. Sangat praktis dan aman. Mau coba?

Laporan Diah Tama

2 dari 6 halaman

Cermat Mengonsumsi Vitamin Agar Tak Mubazir

Dream - Banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi suplemen atau vitamin secara teratur akan membuat tubuh lebih bermanfaat. Nyatanya sejumlah studi penelitian menunjukkan bahwa suplemen tidak selalu bermanfaat.

 Cermat Mengonsumsi Vitamin Agar Tak MubazirCermat Mengonsumsi Vitamin Agar Tak Mubazir © © MEN

Bahkan mengkonsumsi suplemen vitamin dengan mineral tertentu justru lebih besar bahayanya daripada manfaatnya. Bagaimana kita mengetahui konsumsi vitamin yang tepat?

Sebaiknya sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin, berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini untuk mengetahui jenis vitamin yang paling dibutuhkan tubuh.

Jika sudah terlanjur mengkonsumsi suplemen tertentu, tanyakan kepada dokter apakah sebaiknya suplemen yang sudah dikonsumsi dilanjutkan atau tidak.

Selain meningkatkan risiko pada kesehatan tertentu, beberapa suplemen juga dapat berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi. 

3 dari 6 halaman

Pastikan Dosisnya Tepat

Dikutip dari Healthline, para peneliti dan lowa Women’s Health Study menganalisis lebih dari 3.800 wanita, yang berusia 55 tahun ke atas, dalam jangka waktu 20 tahun.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Archives if Internal Medicine, mereka menemukan bahwa sebagian besar suplemen vitamin dan mineral tidak ada kaitannya dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Suplemen vitamin dan mineral juga bisa berbahaya. Menurut Mayo Clinic, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin E dapat meningkatkan resiko gagal jantung dan kematian dini.

 Efek Samping Mengkonsumsi VitaminEfek Samping Mengkonsumsi Vitamin © © MEN

 

4 dari 6 halaman

Hati-hati Berlebihan

Selain itu Mayo Clinic juga memperingatkan jika mengkonsumsi suplemen vitamin lebih dari 200 miligram vitamin B-6 per hari dapat menyebabkan sakit saraf dan kejang.

Dalam penelitian baru juga dilaporkan oleh National Institutes of Health mengatakan bahwa terlalu banyak vitamin A akan merusak bagian tulang. Untuk itu sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen secara rutin, pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter.

(ism, Laporan: Ratih Permata Sari)

5 dari 6 halaman

Seberapa Penting Vitamin C untuk Wajah?

Dream - Kini banyak orang yang sadar pentingnya merawat kulit secara rutin. Apalagi, tingkat polusi dan teriknya sinar matahari semakin tinggi. Kedua hal tersebut memicu radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

" Polusi dan sinar UV bisa merangsang radikal bebas dan merubah sel-sel menjadi flek, reaksi penuaan, bahkan tumor jinak hingga ganas," ujar Vina Feriza, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dalam acara A Journey with Wardah: 'Love Your Skin, Love Yourself' di Bandung, Senin kemarin.

Memakai pelembap dan sunblock atau sunscreen secara rutin tidak cukup melindungi kulit dari kedua hal berbahaya itu. Kulitmu memerlukan vitamin C yang cukup.

" Vitamin C harus selalu digunakan, karena sunscreen hanya akan mencegah paparan sinar UV. Tapi, tidak bisa menetralisir radikal bebas yang sudah terlanjur masuk ke kulit," tuturnya.

Selain menetralisir radikal bebas, ketika digunakan secara rutin vitamin C juga menstimulasi produksi kolagen, mencegah penuaan dini dan menjadikan kulit selalu kenyal serta kencang.

Jika belum yakin untuk membeli produk vitamin C yang tersedia di pasaran dengan harga cukup tinggi, kamu bisa mencoba rangkaian produk Wardah C-Defense. 

6 dari 6 halaman

Tak Memiliki Kandungan Alkohol

 Produk Wardah C-DefenseProduk Wardah C-Defense © Cynthia Amanda Male/Dream

Rangkaian produk ini terdiri dari Energizing Cream Wash, C-Defense Serum dan DD Cream with SPF 30 PA+++. Ketiganya diklaim sebagai solusi perawatan kulit remaja dan dibanderol seharga Rp125 ribu per paket.

Produk tersebut pun tidak memiliki kandungan alkohol sehingga aman digunakan untuk berbagai jenis kulit. " Beberapa Makeup Artist pun pakai serum sebelum merias wajah seseorang," imbuh Elsa Maharani, Public Relations Manager Wardah.

Selagi berbagi cerita seputar manfaat vitamin C bagi wajah, Elsa juga memperkenalkan Amanda Rawles sebagai Brand Ambassador terbaru dan termuda untuk kosmetik halal ini.

Hal ini dikarenakan pencapaiannya yang telah membintangi 15 judul film sepanjang karirnya.

Menyambut predikat barunya itu, Amanda pun terlihat antusias. " Semoga dengan menjadi Brand Ambassador, aku bisa menginspirasi lebih banyak orang lagi," ujar perempuan berdarah Australia-Indonesia ini. (ism)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak