Penularan Covid-19 Lewat Airborne, Dokter Paru Beri Peringatan

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 13 Juli 2020 09:28
Penularan Covid-19 Lewat Airborne, Dokter Paru Beri Peringatan
WHO akhirnya mengeluarkan panduan terbaru terkait cara transmisi SARS-CoV-2.

Dream - Selama ini virus Covid-19 atau SARSCoV-2 diketahui menular lewat percikan ludah atau droplet. Penelitian terus dilakukan untuk mengetahui secara detail terkait virus ini.

Rupanya banyak desakan dari para ilmuwan serta penelitian terbaru terkait dengan transmisi COVID-19 kepada World Healh Organization. Ada kemungkinan virus terkait bisa menular dan bertransmisi lewat melalui airborne walaupun tanpa ada tindakan atau prosedur medis yang menghasilkan aerosol.

Akhirnya pada 9 Juli 2020, WHO mengeluarkan panduan terbaru terkait cara transmisi SARS-CoV-2. Dikutip dari rilis Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, perbedaan signifikan penularan airborne dan droplet yaitu airborne dapat menular pada jarak lebih dari 1 meter sedangkan droplet kurang dari 1 meter.

Penularan via airborne artinya virus bertahan di udara dan bisa bergerak lebih jauh.  Penting diwaspadai, airborne bertahan lama di udara sedangkan droplet tidak bertahan lama di udara. Hal tersebut tentu sangat berimplikasi terhadap cara pencegahan dan pengendalian terhadap COVID-19 karena transmisi airbone dan droplet sangat berbeda.

 

1 dari 5 halaman

Ruangan Tertutup Berisiko Penularan Airborne

Penelitian-penelitian eksperimen sebelumnya menunjukkan penularan airborne terjadi ketika terjadi tindakan yang menghasilkan aerosol. Satu studi menemukan virus di sampel udara dalam kondisi ketidakmampuan menemukan virus dan masih bisa bereplikasi.

Beberapa laporan klinis petugas kesehatan yang terpapar COVID-19, dalam kondisi tidak dilakukan prosedur menghasilkan aerosol. Pada kondisi di lingkungan di luar fasilitas medis. Beberapa kejadian luar biasa berkaitan dengan ruangan tertutup/indoor yang padat, dipikirkan kemungkinan terdapatnya transmisi secara aerosol atau airborne, kombinasi dengan transmisi droplet.

Contohnya pada acara paduan suara, restoran atau kelas fitnes. Hal ini didasari penelitian dari Miller (2020) yang dilakukan pada anggota paduan suara, 53 dari 61 orang paduan suara tertular di ruang tertutup padahal kondisi cuci tangan dilakukan dan jarak fisik diberlakukan.

 

2 dari 5 halaman

Restoran

Selain itu, penelitian Li (2020) di sebuah restoran dilaporkan 10 orang dari 3 keluarga yang berbeda tertular COVID- 19, tidak ada kontak erat antara 3 keluarga tersebut.

 Tes Corona© Shutterstock

Pada acara tersebut, transmisi aerosol dalam jarak pendek, pada lokasi indoor spesifik, seperti kondisi yang ramai dan ruangan ventilasi yang kurang adekuat dalam waktu yang lama dengan seseorang yang terinfeksi kemungkinan dapat terjadi.

 

3 dari 5 halaman

Rekomendasi WHO dan Imbauan Perhimpunan Dokter Paru

Oleh karena itu, WHO menyatakan kemungkinan terdapatnya penularan secara airborne pada kondisi ruang tertutup (indoor), ramai dan ventilasi yang kurang baik. Namun, WHO belum menyatakan secara pasti jika COVID-19 menular secara airborne.

Dengan terdapatnya risiko penularan secara airborne, terutama pada ruangan tertutup, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau:

1. Masyarakat tetap waspada dan tidak panik
2. Menghindari keramaian baik itu tempat tertutup maupun tempat terbuka
3. Menggunakan masker dimana saja dan kapan saja bahkan dalam ruangan
4. Menciptakan ruangan dengan ventilasi yang baik (jendela dibuka sesering mungkin)
5. Tetap menjaga kebersihan tangan serta hindari menyentuh wajah sebelum cuci tangan
6. Tetap menjaga jarak pada aktivitas sehari-hari

4 dari 5 halaman

Aktor Senior Amitabh Bachchan dan Putranya Positif Covid-19

Dream - Bintang Bollywood Amitabh Bachchan dinyatakan positif mengidap Covid-19 pada Sabtu, 11 Juli 2020. Hal tersebut disampaikan lewat akun Twitternya.

" Saya dinyatakan positif.. dibawa ke rumah sakit. Keluarga dan staff telah mengikuti tes dan sedang menunggu hasilnya,"  kata Amitabh Bachchan dalam cuitannya.

Amitabh Bachchan kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Nanavati Mumbai, India. Putranya yang merupakan aktor, Abhishek juga dinyatakan positif Covid-19.

Dilansir dari BBC News, Amitabh Bachchan dan putranya mengalami gejala ringan dan berada dalam kondisi yang stabil.

 Amitabh Bachchan© Foto: Twitter @SrBachchan

5 dari 5 halaman

Amitabh Bachchan juga menyarankan kepada setiap orang yang berhubungan dengannya sejak 10 hari terakhir untuk melakukan tes.

" Semua yang melakukan kontak dengan saya selama 10 hari terakhir, tolong segera periksakan diri kalian," tulisnya.

 Amitabh Bachchan© Foto: Shutterstock

Unggahan tersebut langsung menjadi sorotan publik. Banyak rekan artis yang mendoakan kesembuhan Amitabh Bachchan. Mulai dari Sonam Ahuja, Shoaib Akhtar hingga Chitra Tripathi.

Amitabh Bachchan dikenal sebagai salah satu aktris legendaris di India. Pria 77 tahun itu telah menerima berbagai penghargaan film.

Pria berjuluk 'Big B' itu terjun ke dunia hiburan pada 1970 silam. Namanya melejit usai membintangi film populer seperti 'Sholay' dan 'Zanjeer'.

Beri Komentar