Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Berolahraga

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 8 September 2020 16:36
Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Berolahraga
Apa sebabnya?

Dream - Mungkin, kamu pernah merasa sakit di bagian atas maupun samping perut saat berlari atau melakukan kardio. Hal ini sangat umum dialami dan semakin lama menjadi semakin perih.

Lalu, apa penyebab hal ini? Dilansir Times of India, rasa sakit saat melakukan kardio ini seringkali dirasakan di bagian kanan perut.

Biasanya, rasa sakit ini muncul setelah melakukan kegiatan atletik seperti lari, bermain basket atau latihan kardio untuk waktu yang lama. Hingga kini, belum diketahui secara jelas penyebab rasa sakitnya.

1 dari 2 halaman

Penyebab nyeri perut

Sakit Perut© Shutterstock.com

Namun, ada beberapa teori yang dikaitkan dengan sakit di area perut. Salah satu yang diduga penyebab rasa sakit ini adalah peningkatan aliran darah pada liver dan limpa selama melakukan kardio.

Dugaan lainnya adalah disebabkan oleh organ bagian dalam ketika diafragma tertarik ke bawah. Adanya iritasi pada perut serta panggul juga diduga menjadi penyebabnya.

2 dari 2 halaman

Cara mengatasinya

Berolahraga© Shutterstock.com
Meski belum jelas penyebab sakit perut setelah olahraga, namun ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakitnya. Berikut di antaranya.

  1. Ketika berlari, beristirahatlah sesekali atau perlambat kecepatanmu.
  2. Jangan menahan napas ketika berolahraga.
  3. Tarik napas dalam-dalam dan buang napas perlahan.
  4. Ketika merasa sakit di perut, lakukan stretching dengan meletakkan satu tangan di atas kepala serta menekukkan kepala ke samping.
  5. Pijat area yang sakit dengan jari secara perlahan.
  6. Minum yang cukup saat berolahraga dan hindari minuman bersoda.
  7. Perhatikan postur saat berolahraga.
  8. Jangan berolahraga setelah makan dalam porsi besar.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar