Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 10 November 2020 13:12
Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok
Cari tahu kandungan atau bahan yang efektif mengatasi kerontokan.

Dream - Kerontokan merupakan salah satu masalah utama hijaber. Rambut yang tertutup dan sering diikat membuat rambut lebih rapuh, mudah patah serta rontok.

Apalagi, jika sering berkeringat dan terkena sinar matahari. Tidak hanya rontok, rambut juga akan berbau kurang sedap. Sebenarnya, ada beberapa penyebab kerontokan yang terbagi menjadi internal dan eksternal.

" Faktor eksternal kerontokan adalah lingkungan, kondisi udara, sinar matahari, polusi, debu, rangsangan mekanik maupun kimia seperti penggunaan alat styling," ungkap Shella Pratiwi, Aesthetic Specialist dalam webinar peluncuran Sunsilk Super Shampoo, Senin kemarin.

Sedangkan faktor internalnya adalah stres, genetik, kondisi hormonal atau penyakit tertentu serta kurangnya asupan nutrisi.

" Stres memicu hormon kortisol yang menyebabkan kerontokan. Sebenarnya, bisa tergantikan dengan pertumbuhan rambut baru. Tapi, stres juga menghambat hal tersebut" .

1 dari 3 halaman

Cara mengatasinya

Oleh karena itu, kamu perlu mengatasinya dengan meningkatkan elastisitas serta kelembapan rambut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi produk atau bahan alami yang mengandung kolagen.

" Kolagen dipecah di dalam tubuh dan terbagi menjadi esensial dan non-esensial. Salah satu pemecahan kolagen adalah proline yang digunakan untuk menghasilkan keratin agar rambut lebih sehat dan kuat," katanya.

Selain itu, kolagen juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, seng, zat besi serta antioksidan yang mampu melawan kerusakan rambut akibat radikal bebas.

Di samping mengonsumsi kolagen, kamu juga bisa meningkatkan kekuatan, kelembapan serta elastisitas rambut dengan memakai produk yang mengandung ginseng.

" Ginseng dapat digunakan untuk memicu pertumbuhan rambut baru dan mencegah kematian sel rambut," tutupnya.

2 dari 3 halaman

Tips Mengatasi Rambut Berminyak Akibat Hair Oil

Dream - Ketika ingin menutrisi dan melembapkan rambut, kamu bisa menggunakan hair oil. Selain menutrisi, melembapkan dan menghaluskan, hair oil juga bisa memicu pertumbuhan rambut.

Tapi, kamu harus memerhatikan banyaknya hair oil yang digunakan agar tetap nyaman dan tidak menyebabkan masalah rambut.

Jika terlanjur menggunakan hair oil terlalu banyak, berikut tips untuk mengatasinya yang dilansir dari Miss Kyra.

Menggunakan sampo yang berbusa

Biasanya, sampo yang berbusa atau memiliki banyak foam mengandung sulfat. Sulfat dapat mengatasi kandungan minyak berlebih pada rambut. Sehingga, kondisi rambutmu kembali seperti biasa.

 

3 dari 3 halaman

Memakai blotting paper

 

 

Jika hanya ingin menghilangkan sedikit minyak pada rambut, gunakanlah blotting paper. Tepuk-tepukkan blotting paper pada kulit kepala dan rambut hingga minyaknya terserap serta rambutmu terasa lebih nyaman.

Memakai dry shampoo

Memakai Produk Perawatan Rambut© Shutterstock.com


Menyemprotkan dry shampoo pada kulit kepala dapat menyerap minyak berlebih dan membuat rambutmu segar kembali. Tapi, jangan terlalu banyak menggunakan dry shampoo agar tidak merusak penampilan rambut.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar