Penyebab dan Gejala Meningitis yang Renggut Nyawa Glenn Fredly

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 9 April 2020 09:07
Penyebab dan Gejala Meningitis yang Renggut Nyawa Glenn Fredly
Demam dan kekakuan leher merupakan gejala khasnya.

Dream - Glenn Fredly, musisi yang terkenal dengan lagu cintanya, meninggal dunia 8 April 2020, Rabu malam kemarin. Ayah satu putri ini harus menyerah melawan penyakit meningitis.

Pelantun 'Kasih Putih' itu sempat dirawat di rumah sakit di kawasan Cilandak. Sayang, nyawanya tak tertolong. Lalu mengapa penyakit ini begitu mematikan?

Dikutip dari KlikDokter, meningitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi di meninges, lapisan yang tipis pada otak dan jaringan saraf yang berada pada tulang punggung.

Saat terjadi peradangan, meninges akan membengkak akibat adanya infeksi. Pada beberapa kasus, juga bisa terjadi kerusakan sisten saraf dan otak. Penyebabnya antara lain bakteri, virus, jamur, atau protozoa. Penyebarannya dapat terjadi melalui kontak jarak dekat, batuk, bersin, atau lingkungan yang tidak higienis.

Bila tidak ditangani dengan tepat, meningitis dapat menyebabkan komplikasi yang sangat buruk –seperti kerusakan pada otak atau gangguan pendengaran.

 

1 dari 5 halaman

Pemeriksaan

Penentuan diagnosis meningitis dapat diawali dengan wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Untuk memastikan penyebab pasti dari meningitis, diperlukan pemeriksaan cairan sumsum tulang belakang. Cairan sumsum tulang belakang diambil dengan proses yang disebut pungsi lumbal (lumbar puncture).

 Glenn Fredly Tolak Artis Identik Dengan Narkoba© MEN

Sebuah jarum ditusukkan pada daerah tertentu pada pertengahan tulang belakang, dan cairan tulang belakang akan dihisap. Cairan ini kemudian akan dianalisis dan akan dianalisis dan memberikan petunjuk penyebab meningitis.

 

2 dari 5 halaman

Gejala awal meningitis

Seorang penderita meningitis akan mengeluh adanya nyeri kepala, demam dan penurunan kesadaran. Gejala meningitis dapat serupa dengan infeksi virus biasa, seperti demam tinggi. Selain itu, pasien meningitis sering mengeluh adanya sakit kepala, adanya kekakuan pada leher, penurunan kesadaran, muntah, dan kejang.

 Glenn Fredly Siap Peluk Islam?© MEN

Jika dicurigai penyebab dari meningitis adalah bakteri, maka dapat diberikan obat-obatan antibiotik. Untuk perawatan yang optimal, penderita meningitis sebaiknya dirawat di rumah sakit. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

3 dari 5 halaman

Keluarga Tepis Kabar Glenn Fredly Terinfeksi Covid-19

Dream - Beredar kabar di grup whatsapp, salah satu penyebab meninggalnya Glenn Fredly karena virus corona atau Covid-19. Namun kabar itu buru-buru ditepis keponakan Glenn, Sabilsa.

" Mohon dicatat dan diklarifikasi Glenn itu tidak sakit Covid-19 sedikit pun," kata Sabilsa saat dihubungi, Rabu, 8 April 2020.

 Glenn Fredly Ungkap Hubungannya dengan Aura Kasih © MEN


Menurut Sabilsa, memang banyak kesimpang-siuran tentang meninggalnya Glen. Ada yang bilang karena penyakit ginjal, ada pula karena meningitis. Maka dari itu, lanjut dia, pihak keluarga segera angkat bicara terkait meninggalnya Glen.

" Sebenarnya aku lagi pengen ngobrol juga sama keluarga besar, karena memang berita yang bertebaran aneh-aneh. Jadi nanti kita akan tunjuk satu orang untuk menjadi pembicara jadi semuanya jelas," tutur dia.

Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu 8 April 2020 sekitar pukul 18.00 WIB. Sebelum meninggal kondisi Glenn memqng sempat drop.

4 dari 5 halaman

Jenazah Glenn Tinggalkan Rumah Sakit

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

Jenazah Glenn Fredly tinggalkan rumah sakit. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

 

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

 

Mobil ambulans yang membawa jenazah Glenn Fredly dari RS Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

 

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

Sang istri, Mutia Ayu, duduk di tengah depan mobil ambulans yang membawa jenazah Glenn Fredly. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

 

5 dari 5 halaman

Sejumlah Artis Datangi Rumah Sakit

Tampak beberapa rekan dekat Glenn Fredly mendatangi rumah sakit. Ada Pandji Pragiwaksono, Saykoji, Tompi, hingga Melanie Subono. Berikut rekan artis yang melayat Glenn ke RS Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan. 

 

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

Pandji Pragiwaksono tampak datang melayat. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

 

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

Tompi, salah satu personel Trio Lestari bersama Glenn dan Sandhy Sondoro, turut melayat. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

 

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

Penyanyi rap Saykoji terlihat di RS Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

 

 Glenn Fredly By Deki© foto: (Deki Prayoga/Dream)

Melanie Subono juga mendatangi rumah sakit tempat Glenn Fredly menghembuskan nafas terakhir. (Foto: Deki Prayoga/Dream)

Beri Komentar
Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus