8 Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya Yang Benar

Reporter : Sugiono
Selasa, 27 Agustus 2019 17:12
8 Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya Yang Benar
Berikut ini 8 penyebab mimisan pada anak dan cara mengatasinya yang benar. Ada dua jenis penyebab mimisan pada anak, yaitu anterior dan posterior.

Dream - Mimisan atau bahasa ilmiah Epistaxis merupakan kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi yang juga disebut perdarahan hidung ini bisa terjadi karena indera penciuman kita memang memiliki banyak pembuluh darah.

Penyebab mimisan bisa bermacam-macam. Umumnya orang mengira penyebab mimisan pada anak karena kepanasan. Padahal penyebab mimisan pada anak bisa karena banyak hal.

Namun mimisan pada anak biasanya tidak bertahan lama dan jarang menimbulkan kekhawatiran.

Meski begitu, mimisan pada anak juga perlu diwaspadai. Terutama jika mimisan pada anak yang berulang atau sangat banyak.

Sekira 60 persen orang akan mengalami mimisan dalam hidupnya. Namun, mimisan pada anak sering terjadi pada usia tiga hingga sepuluh tahun.

Sementara mimisan pada orang dewasa biasanya terjadi di usia 50 hingga 80 tahun. Sedangkan mimisan pada ibu hamil bisa juga terjadi.

Penyebab mimisan pada orang dewasa bisa karena alergi, infeksi, mengupil dan sebagainya. Untuk penyebab mimisan pada ibu hamil juga bermacam-macam.

Beberapa penyebab mimisan pada ibu hamil di antaranya adalah perubahan hormon, melebarnya pembuluh darah, hingga kekurangan vitamin C.

Meski mimisan bukan kondisi yang berbahaya namun tetap perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan gejala penyakit.

Ada dua faktor yang menjadi penyebab mimisan pada anak atau balita. Faktor pertama penyebab mimisan pada anak adalah organik atau gangguan kesehatan pada anak dan balita. Mimisan pada anak ini bisa disebabkan karena adanya kelainan organ bawaan sejak lahir.

Kelainan organ ini bisa karena ada kelemahan di organ hidung maupun pembuluh darahnya yang relatif tipis, terlalu lebar, maupun terlalu rapuh.

Kondisi yang lemah ini menjadi penyebab mimisan pada anak. Ketika beraktivitas yang berlebihan, mengalami stres, atau adanya iritasi, maka mimisan terjadi pada anak dan balita.

Penyebab mimisan pada anak yang kedua adalah faktor gangguan medis. Yaitu adanya gangguan pada proses pembekuan darah, terutama sel darah merah yang berfungsi menutup luka. Kegagalan dalam memelihara pembekuan darah ini bisa menjadi penyebab mimisan pada anak.

8 Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya Yang Benar

Sebelum menuju pembahasan 8 penyebab mimisan pada anak dan cara mengatasinya yang benar, sebaiknya ketahui dulu jenis mimisan itu sendiri.

Penyebab mimisan terbagi menjadi dua jenis, berdasarkan dari mana perdarahan hidung berasal. Penyebab mimisan bisa karena anterior dan posterior.

Penyebab mimisan anterior adalah yang paling umum. Penyebab mimisan ini berasal dari perdarahan yang terjadi di pembuluh darah bagian depan hidung. Penyebab mimisan ini biasanya lebih mudah untuk diatasi dan paling umum terjadi.

Penyebab mimisan posterior adalah penyebab mimisan yang berasal dari perdarahan di pembuluh darah bagian belakang hidung. Penyebab mimisan ini biasanya karena tekanan darah tinggi dan membutuhkan penanganan khusus. Mimisan posterior lebih sering terjadi pada orang lanjut usia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 penyebab mimisan pada anak dan cara mengatasinya yang benar.

1. Suhu udara yang kering

Perubahan cuaca yang tak menentu membuat anak-anak cepat sakit. Perubahan cuaca yang ekstrem bisa mengakibatkan flu yang membuat anak-anak sering menyeka hidung mereka. Jika menyeka hidung terlalu kuat, bukan tidak mungkin balita atau anak akan mimisan karena mereka memiliki pembuluh darah yang lemah di area hidung. Penyebab mimisan pada anak ini bisa karena cuaca kering yang ekstrem yang mengiritasi dan mengeringkan membran hidung.

1 dari 8 halaman

2. Mengupil atau mengorek lubang hidung

Penyebab mimisan pada anak berikutnya adalah sering mengupil atau mengorek lubang hidung. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap benda-benda di sekitar mereka. Ini akan membuat mereka tergoda untuk mengeksplorasi sesuatu secara ekstrem. Bahkan sampai memasukkan benda tumpul ke dalam lubang hidung yang menjadi penyebab mimisan pada anak. Kebiasaan sering mengupil atau mengorek lubang hidung yang terlalu kuat menjadi penyebab mimisan pada anak.

3. Hidung terbentur atau terpukul benda keras

Hidung terbentur atau terpukul benda keras bisa juga jadi penyebab mimisan pada anak. Hal ini juga menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil maupun orang dewasa. Ketika hidung terbentur atau terpukul benda keras, pembuluh darah menjadi pecah dan akhirnya darah keluar melalui lubang hidung. Jika hal ini terjadi, orang tua sebaiknya mengawasi anak-anak ketika bermain supaya terhindar dari risiko mimisan karena terbentur atau pukulan benda keras.

2 dari 8 halaman

4. Stres

Penyebab mimisan pada anak selanjutnya adalah karena stres. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa merasakan tekanan dan menjadi stres. Stres ini bisa memicu munculnya mimisan pada anak akibat pembuluh darah terutama di area hidung yang masih lemah.

5. Kelelahan

Kelelahan bisa menyebabkan mimisan pada anak. Kenapa kelelahan bisa menyebabkan mimisan pada anak? Itu karena pembuluh darah mereka yang relatif lemah. Saat mengalami kelelahan, pembuluh darah di hidung anak yang lemah ini mudah sekali tegang lalu akhirnya pecah. Akibatnya mimisan pada anak tidak bisa dihindari. Orang tua sebaiknya berhati-hati dengan penyebab mimisan pada anak yang satu ini.

3 dari 8 halaman

6. Trauma

Seorang anak yang mengalami cedera pada hidung, bisa menyebabkan mimisan. Sebagian besar bukan masalah, tetapi orang tua harus mencari perawatan medis jika tidak dapat menghentikan pendarahan hidung setelah 10 menit.

7. Alergi atau mengalami masalah kesehatan

Pilek, alergi, atau infeksi sinus dan bakteri bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. Cuaca ekstrem dapat membuat bakteri mudah masuk ke dalam tubuh anak. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan sakit, kemerahan, dan berkerak di kulit tepat di dalam hidung dan di depan lubang hidung. Infeksi ini dapat menyebabkan perdarahan pada hidung anak.

4 dari 8 halaman

8. Penyebab mimisan pada anak yang tidak umum

Dalam kasus-kasus tertentu, mimisan pada anak juga bisa disebabkan oleh masalah yang berkaitan dengan pembekuan darah atau pembuluh darah abnormal.

Jika anak mengalami mimisan karena beberapa penyebab di bawah ini, maka orang tua sebaiknya segera membawanya ke dokter.

Berikut ini adalah penyebab mimisan pada anak yang tidak umum:

  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Kanker
  • Obat tertentu (pengencer darah)
  • Kondisi yang memengaruhi perdarahan atau pembekuan darah (hemofilia)

Demikian tadi 8 penyebab mimisan pada anak yang perlu Sahabat Dream ketahui. Berikut adalah cara mengatasi mimisan pada anak yang benar.

5 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Yang Benar

Ketika anak mimisan, orang tua sebaiknya bersikap tenang dan tidak panik. Masalahnya, mimisan adalah kondisi umum yang mungkin biasa terjadi pada anak.

Nah, ada beberapa cara mengatasi mimisan pada anak dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

1. Anak duduk tegak, arahkan ke depan

Salah kaprah yang selama ini terjadi saat mimisan pada anak terjadi adalah membaringkan atau malah menengadahkan kepalanya ke atas. Cara mengatasi mimisan pada anak yang benar adalah pastikan posisi duduk tetap tegak dan arahkan tubuhnya sedikit ke depan. Cara mengatasi mimisan ini dapat mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran napas. Jika anak berbaring, darah malah akan masuk kembali dan bisa menyumbat jalan napas.

2. Memencet cuping hidung selama 10 menit

Cara mengatasi mimisan pada anak yang benar selanjutnya adalah memencet cuping hidung selama 10 menit menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Cara mengatasi mimisan ini bertujuan untuk memberikan penekanan pada titik perdarahan agar darah berhenti mengalir. Ketika melakukan ini, beritahu anak untuk bernapas melalui mulut terlebih dahulu.

6 dari 8 halaman

Melarang Bersin dan Melakukan Kompres Dingin

3. Melarang bersin

Ketika darah masih mengalir, larang anak untuk bersih atau mencoba mengeluarkan darah dari hidung. Jika dilakukan, justru akan memperparah mimisan pada anak. Selain mimisan akan sulit berhenti, bersin dapat merangsang darah yang mulai mengering untuk mengalir kembali.

4. Melakukan kompres dingin

Melakukan kompres dingin adalah cara mengatasi mimisan pada anak yang benar berikutnya. Dengan kompres dingin pada hidung anak, darah lebih cepat berhenti. Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke hidung. Bungkus es batu dengan kain lembut atau handuk, baru tempelkan ke hidung untuk mengatasi mimisan.

7 dari 8 halaman

Uap Saline Hidung dan Kelembapan Udara

5. Menyemprotkan uap saline hidung

Menyemprotkan uap saline hidung ke lubang hidung beberapa kali sehari bisa mencegah sering mimisan pada anak.

6. Menjaga kelembapan udara di kamar

Di saat musim kemarau seperti sekarang, udara di dalam kamar menjadi panas dan kering. Hal ini bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. Untuk itu gunakan vaporizer di kamar tidur anak untuk menambah kelembapan ke udara.

8 dari 8 halaman

Memotong Kuku dan Membawa ke Dokter

7. Memotong kuku anak secara teratur

Cara mengatasi mimisan pada anak selanjutnya adalah memotong kuku anak secara teratur. Menjaga kuku anak tetap pendek akan mengurangi goresan dan iritasi akibat sering mengupil atau mengorek hidung yang bisa menyebabkan mimisan pada anak.

Begitulah cara mengatasi mimisan pada anak yang benar yang bisa dilakukan di rumah. Oh ya, jika mimisan pada anak tetap tidak bisa berhenti, orang tua sebaiknya membawanya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih baik.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone