9 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Reporter : Sugiono
Selasa, 17 September 2019 19:45
9 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai
Penting untuk mengetahui gejalanya. Jangan sampai terlambat.

Dream - Sebagian Sahabat Dream mungkin pernah merasa pusing, lemas, mata berkunang-kunang, bahkan mau pingsan tanpa alasan yang jelas? Hati-hati, kamu mungkin menderita gejala tekanan darah rendah.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah manusia yang normal berada di antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Saat tekanan darah kamu lebih rendah dari rentang tersebut, bisa dibilang  menderita tekanan darah rendah.

Dalam dunia medis, tekanan darah rendah disebut dengan istilah hipotensi. Ya, ini adalah lawan dari Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tekanan darah adalah kondisi saat tekanan darah dalam tubuh berada di bawah 90/60 mmHg atau 120/80 mmHg.

Umumnya tekanan darah rendah tidak berbahaya. Namun tekanan darah rendah juga bisa jadi gejala penyakit tertentu, untuk itu harus waspada.

Sayangnya, orang kebanyakan menganggap remeh tekanan darah rendah ini. Padahal, jika tidak segera diatasi, penyakit tekanan darah rendah ini bisa menyebabkan masalah yang serius.

Masalahnya, ketika tekanan darah menurun tajam, jantung dan otak akan kekurangan oksigen. Akibatnya, bisa kehilangan kesadaran bahkan meninggal.

Tekanan darah setiap orang berbeda-beda, tergantung aktivitas dan gaya hidupnya. Ada yang tekanan darahnya 80/60 mmHg namun tidak merasakan apa-apa.

Mengetahui penyebab tekanan darah rendah dan gejalanya sangat penting. Tentunya agar kamu bisa menghindari penyakit ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 9 penyebab tekanan darah rendah dan gejalanya yang harus diwaspadai.

1 dari 5 halaman

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Perdarahan

Kehilangan banyak darah atau perdarahan bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah. Kehilangan darah dalam jumlah besar itu bisa karena mengalami cedera. Volume dan aliran tekanan darah ke berbagai jaringan tubuh akan menurun drastis, hingga menyebabkan tekanan darah jadi rendah.

Kehamilan

 Aturan Aneh, Perusahaan Tentukan Jadwal Kehamilan Buruh

Penyebab tekanan darah rendah selanjutnya adalah kehamilan. Tekanan darah selama masa kehamilan akan menurun seiring berkembangnya sirkulasi darah dalam tubuh ibu hamil.

Infeksi

Saat infeksi dalam satu jaringan mulai memasuki aliran darah (sepsis) maka dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

 

2 dari 5 halaman

Dipicu Juga Hal Ini

Mengonsumsi obat tertentu

Mengonsumsi jenis obat tertentu dapat menimbulkan efek tekanan darah rendah. Beberapa obat tersebut di antaranya adalah furosemide, atenolol, propranolol, levodopa, dan sildenafil.

Dehidrasi

 Jangan Anggap Sepele Dehidrasi Kulit Saat Puasa

Penyebab tekanan darah rendah selanjutnya adalah dehidrasi. Ketika kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi, volume darah juga dapat berkurang. Kondisi ini dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu juga bisa jadi penyebab tekanan darah rendah. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat dapat menyebabkan anemia dan berakhir pada penurunan tekanan darah.

Reaksi alergi parah

Beberapa alergen atau pemicu alergi dapat menimbulkan reaksi alergi parah (anafilaksis) yang berpengaruh pada rendahnya tekanan darah.

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Hormon dan Jantung

Hormon tidak seimbang

Penyebab tekanan darah berikutnya adalah terjadinya ketidakseimbangan hormon. Beberapa penyakit, seperti diabetes dan penyakit tiroid, menyebabkan penurunan kadar hormon dalam darah, yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Mengidap penyakit jantung

 Risiko Penyakit Jantung Meninggi Jika Punya Masalah Keuangan

Penyakit jantung bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah. Terganggunya fungsi jantung menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga tekanan darah menjadi rendah.

Pemicu tekanan darah rendah lainnya adalah seseorang berdiri terlalu lama hingga darah menumpuk di bagian tungkai. Selain itu, penyebab tekanan darah rendah juga bisa karena mengubah posisi dari duduk atau berbaring ke posisi berdiri.

Demikian beberapa penyebab tekanan darah rendah yang sebaiknya diketahui sejak dini. Selain penyebabnya, Sahabat Dream juga perlu tahu gejala tekanan darah rendah.

 

4 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyebab tekanan darah rendah banyak. Beberapa penyebab tekanan darah atau hipotensi antara lain menstruasi, perdarahan yang banyak, dehidrasi, diet yang yang berlebihan, pengaruh obat hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan dan gangguan hormonal.

 Penting! Periksan Tekanan Darah Secara Rutin

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah dapat menunjukkan berbagai gejala. Berikut gejala tekanan darah rendah yang harus diwaspadai:

  • Pusing hingga pingsan

  • Pandangan terasa kabur, berkunang-kunang, atau gelap

  • Badan terasa seperti melayang

  • Susah konsentrasi atau kehilangan fokus

  • Perut terasa mual

  • Badan tiba-tiba terasa lemas

  • Kaki dan tangan menjadi dingin

  • Mengalami depresi

  • Selalu merasa haus yang berlebihan

  • Tidak semangat melakukan aktivitas

Berbagai gejala tekanan darah rendah ini umumnya membaik hanya dengan melakukan istirahat. Bila tidak juga membaik, maka diperlukan penanganan khusus dengan konsultasi ke dokter untuk mengetahui sebab lain yang lebih serius.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi atau mengurangi gejala tekanan darah rendah. yaitu:

 Darah rendah

  • Menghindari minuman berkafein pada malam hari.

  • Makan dalam porsi kecil namun sering, dan tidak langsung berdiri setelah makan.

  • Menjaga kepala lebih tinggi ketika tidur (sekitar 15 cm).

  • Berdiri secara perlahan dari posisi duduk atau berbaring.

  • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Hindari juga duduk bersila.

  • Tidak membungkuk atau mengubah posisi tubuh secara tiba-tiba.

  • Hindari mengangkat beban berat. (mut)

 

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie