Pakai 1.200 Pembalut Sepanjang Hidup, Perhatikan Kandungan Ini Saat Membelinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 14 Desember 2020 10:35
Pakai 1.200 Pembalut Sepanjang Hidup, Perhatikan Kandungan Ini Saat Membelinya
Bisa berbahaya bagi kesehatan miss V.

Dream - Hampir semua produk yang terjual di pasaran mengandung bahan kimia. Meski tidak semuanya berbahaya, kamu harus ekstra hati-hati ketika memilih produk yang akan digunakan.

Terutama, jika produk tersebut akan digunakan di area sensitif seperti pembalut. Dilansir dari Sehatq.com, seorang wanita bisa memakai 1.200 pembalut sepanjang hidup.

Itulah mengapa kandungan pada pembalut perlu diperhatikan. Berikut bahan kimia atau kandungan pada pembalut yang perlu diperhatikan bagi kesehatan.

1 dari 2 halaman

Dioksin

Ilustrasi Menstruasi© Shutterstock.com
Dioksin merupakan bahan kimia yang biasa dipakai untuk memutihkan bagian tengah pembalut.

Banyak yang mengira warna putih pada pembalut merupakan kapas atau kain berbahan katun. Jika memang terbuat dari keduanya, bagian putih tersebut seharusnya berwarna krem.


Pestisida


Meski tidak diaplikasikan secara langsung, namun pestisida bisa terkandung dalam kapas yang digunakan pada pembalut. Ini disebabkan oleh proses budidaya kapas yang menggunakan pestisida.

2 dari 2 halaman

Parfum buatan

Ilustrasi Menstruasi© Shutterstock.com
Terkadang, pembalut mengandung pewangi untuk memberi kesan lebih nyaman. Namun, terkadang pewangi yang digunakan berasal dari bahan kimia. Sehingga, agak berbahaya bagi kesehatan miss V.

Pemakaian bahan kimia pada pembalut bisa berdampak buruk. Terutama, jika bahan kimia tersebut masuk ke dalam darah.

Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa mengalami peradangan di area panggul, kanker ovarium, gangguan sistem imun atau fungsi hormon, alergi, gangguan kesuburan dan tiroid, ruam serta penyakit lainnya pada endometrium.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar