Perhatikan Kesehatan Organ Intim Saat Aktif Berolahraga

Reporter :
Selasa, 11 Juni 2019 08:45
Perhatikan Kesehatan Organ Intim Saat Aktif Berolahraga
Kondisi yang lembap bisa dengan mudah memicu jamur dan bakteri yang bisa menjangkiti organ intim.

Dream - Olahraga memang sangat baik bagi tubuh. Aktivitas ini disarankan untuk dilakukan rutin setiap hari. Sahabat Dream termasuk penyuka olahraga?

Jika iya, pastikan kebersihan tubuh terjaga terutama kebersihan organ intim, karena berkeringat bisa memengaruhi kesehatan vagina.

Kondisi yang lembap bisa dengan mudah memicu jamur dan bakteri yang bisa menjangkiti organ intim. Penting menyimak tips dari Anne Henderson, seorang dokter kandungan, untuk menjaga kebersihan Miss V saat berolahraga

1. Jangan gunakan perlengkapan olahraga lebih dari sekali

Sebagian besar orang langsung memasukkan pakaian olahraga ke tempat cucian setelah berolahraga. Namun, jika senang mengenakan legging, Henderson tak menyarankan Anda mengenakannya lebih dari sekali dalam keadaan belum dicuci.

Ia merekomendasikan agar wanita selalu mencuci pakaian olahraganya setelah setiap kali digunakan.

" Antara serat sintetis yang digunakan (lycra dan elastane) dan lingkungan yang penuh keringat, membuat pakaian ini berpotensi menjadi tempat berkembang biak yang subur bagi bakteri dan ragi untuk vagina," katanya.

1 dari 3 halaman

2. Hindari sepeda statis jika vagina sensitif

" Berolahraga sangat bagus untuk seluruh tubuh, termasuk kesehatan vagina. Jika seorang wanita menderita masalah vulvaginal seperti thrush berulang atau sistitis, saya akan merekomendasikan meminimalkan latihan yang dilakukan pada sepeda statis," kata Henderson.

 Ilustrasi

Menurutnya, ada bukti bahwa tekanan kuat pada area vulva jika melakukan latihan ini. Sehingga bisa menyebabkan peradangan dan iritasi lokal dan juga retrograde (ke atas) penyebaran bakteri dari perineum melalui uretra ke kandung kemih, yang berpotensi peningkatan risiko sistitis.

2 dari 3 halaman

3. Jangan latihan berlebihan

Wanita yang berlatih sangat keras rentan terhadap masalah vagina seperti sariawan. Kondisi tersebut bisa menghasilkan lingkungan yang berkeringat di area intim yang membuat jamur dengan mudah berkembang biak. Henderson menyarankan mencucinya dengan air, dan memastikan mengeringkan diri dengan benar setelah berolahraga.

3 dari 3 halaman

4. Jangan kenakan legging yang terlalu ketat

Pakaian olahraga yang ketat dapat menciptakan panas, gesekan, dan iritasi yang membentuk lingkungan yang sempurna untuk bakteri pindah.

 Tips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers

" Jika Anda secara teratur pergi ke gym, pertimbangkan sesekali menukar legging yang ketat Anda untuk celana gym katun yang ringan," ujar Handerson

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik