Perut Kembung Saat Menjalankan Puasa, Hindari 9 Makanan dan Minuman Ini

Reporter : Sugiono
Jumat, 17 Mei 2019 09:15
Perut Kembung Saat Menjalankan Puasa, Hindari 9 Makanan dan Minuman Ini
Perut kembung saat puasa, cobalah untuk menghindari 9 makanan dan minuman berikut. Setidaknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman penyebab perut kembung saat puasa dalam jumlah besar.

Dream - Puasa Ramadhan seharusnya dijalankan dengan penuh semangat dan tanpa beban.

Hal itu bisa terlihat dari pilihan menu buka puasa dan sahur yang dikonsumsi.

Menu buka puasa dan sahur sangat memengaruhi stamina saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Karenanya, menyeimbangkan gizi dan nutrisi melalui menu buka puasa dan sahur menjadi hal penting.

Mengonsumsi buah dan sayur merupakan saran terbaik dalam menjaga stamina selama menjalankan puasa.

Namun, Sahabat Dream harus hati-hati dan waspada. Masalahnya, beberapa buah dan sayur malah menimbulkan masalah.

Beberapa jenis buah dan sayur bisa memberi efek perut kembung saat puasa.

Perut kembung saat puasa tentu sangat tidak nyaman. Selain sakit, perut kembung saat puasa bisa mengganggu konsentrasi ibadah.

Mencegah efek perut kembung saat puasa ini sebenarnya bisa dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Namun karena nafsu makan yang besar, kita seringkali lupa mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa memberi efek perut kembung saat puasa.

Perut kembung saat puasa, cobalah untuk menghindari 7 makanan dan minuman berikut. Setidaknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Perut Kembung Saat Menjalankan Puasa, Hindari 9 Makanan dan Minuman Ini

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang justru bisa menyebabkan perut kembung saat puasa.

Dengan mengurangi porsinya atau tidak mengonsumsinya sama sekali, perut kembung saat puasa pun bisa dihindari.

1. Minuman Bersoda

 Minuman bersoda bikin perut kembung saat jalankan ibadah puasa.

Mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan perut kembung saat puasa. Bahkan, meski tidak sedang berpuasa pun, minum soda bisa membuat perut kembung. Minuman ini mengandung banyak karbondisoksida yang bisa membuat perut kembung saat puasa.

1 dari 5 halaman

2. Brokoli dan Sejenisnya

 Brokoli menyebabkan perut kembung saat menjalankan puasa.

Makan brokoli, kubis, kale, dan sebangsanya secara berlebihan bisa memicu perut kembung saat puasa. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, misalnya makan lalapan.

Serat pada sayur memang sehat namun jika memakannya dalam keadaan mentah saat buka puasa justru akan membuat perut kaget sehingga jadi kembung. Sayuran jenis cruciferous ini mengandung gas yang bisa memicu perut kembung.

3. Kopi

 Minum kopi bisa memicu perut kembung saat menjalankan puasa.

Perut kembung bisa terjadi jika minum kopi saat buka puasa. Minum kopi saat buka puasa justru akan menaikkan asam lambung. Keasaman dalam kopi akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

2 dari 5 halaman

4. Minuman Dingin

 Air dingin bisa sebabkan perut kembut saat buka puasa.

Mengonsumsi minuman dingin saat buka puasa diyakini dapat merusak selaput lendir dan membuat metabolisme dan sistem pencernaan lamban. Minuman dingin juga membuat perut terasa dingin dan kaku serta menahan lemak dan zat sisa tetap di dalam usus. Hal ini bisa memicu perut kembung saat di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa.

5. Buah Rasa Asam

 Buah rasa asam bisa menyebabkan perut kembung saat puasa.

Perut kembung saat puasa juga bisa disebabkan karena mengonsumsi buah yang rasanya asam. Asam di lambung sudah tinggi sebaiknya tidak ditambah dengan makan buah asam seperti nanas, strawberry atau jeruk. Minumlah air putih hangat lebih dulu sebelum makan buah-buahan saat buka puasa.

3 dari 5 halaman

6. Makanan Pedas

 Makan makanan pedas memicu perut kembung saat puasa.

Perut kembung saat puasa bisa disebabkan oleh makan makanan pedas. Senyawa capsaicin dalam cabai memiliki rasa pedas. Senyawa ini kemungkinan bisa mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan reaksi asam. Akibatnya, perut kram dan nyeri. Makan makanan pedas juga bisa menyebabkan diare saat puasa.

7. Minuman Manis dalam Kemasan

 Perut kembung saat puasa karena minuman manis dalam kemasan.

Buka puasa terasa segar jika ada minuman manis. Tapi minuman manis kemasan seperti jus buah, energy drink dan lain sebagainya bisa menyebabkan perut kembung saat puasa. Karena keadaan perut yang masih kosong.

Gula dalam bentuk fruktosa pada minuman kemasan dapat menyebabkan hati bekerja keras mengolahnya, padahal hati juga butuh pemanasan untuk mengolah secara perlahan.

4 dari 5 halaman

8. Apel

 Makan apel ternyata bisa memicu perut kembung saat menjalankan puasa.

Ternyata, makan apel bisa menyebabkan perut kembung saat puasa. Buah ini mengandung kadar fruktosa yang cukup tinggi. Ini memicu kemungkinan perut kembung dan gangguan pencernaan.

Buah lain yang mengandung kadar fruktosa tinggi di antaranya pir, semangka, dan mangga. Untuk buah-buahan, coba cari alternatif lain seperti pisang, alpukat, atau melon.

5 dari 5 halaman

9. Produk Susu

 Produk susu seperti keju bikin perut kembung saat menjalankan puasa Ramadhan.

Dairy product atau produk susu seperti susu, keju dan mentega bisa membuat perut kembung. Tidak hanya perut kembung, produk susu juga bisa menyebabkan diare saat menjalankan puasa.

Demikian tadi 9 makanan dan minuman yang bisa menyebabkan perut kembung saat menjalankan puasa.

Sahabat Dream tidak perlu menghindari makanan dan minuman ini sama sekali. Namun usahakan untuk mengurangi jumlahnya. Sehingga terhindar dari perut kembung saat menjalankan puasa.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan