Plank Berpasangan ala Zeezee Shahab, Bikin Fit Selama di Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 23 Maret 2020 13:48
Plank Berpasangan ala Zeezee Shahab, Bikin Fit Selama di Rumah
Lakukan gerakan ini agar tubuh tetap sehat selama social distancing.

Dream - Zeezee Shahab, termasuk aktris yang sangat aktif berolahraga. Ia sangat suka berlari. Dengan adanya penerapan social distancing, tak membuat Zeezee berhenti beraktivitas fisik.

Istri dari Prabu Revolusi ini, tetap berolahraga di rumah. Dalam sebuah video yang diunggah Zeezee di akun Instagramnya, tampak ia melakukan gerakan modifikasi plank berpasangan.

Latar musik dari aplikasi Tiktok membuat latihannya jadi terlihat seru. Ternyata, Zee Zee dan suami melakukan olahraga menggunakan TikTok ini terinspirasi dari pasangan selebriti Soraya Larasati dan Doni Almadi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Zeezeeshahab (@zeezeeshahab) on Mar 19, 2020 at 5:51pm PDT

" Hari ke 5 #dirumahaja. Bikin tiktok karna liat Bu @sorayalarasat1 #coupleworkout #plankchallenge,"  tulis Zeezee

Bagi Sahabat Dream yang ingin menjaga vitalitas selama social distancing dua pekan di rumah, latihan ini bisa jadi inspirasi. Lakukan bersama pasangan agar makin termotivasi.

Laporan Cindy Azari

1 dari 6 halaman

Baik atau Buruk, Ini yang Terjadi Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Dream - Minum kopi seringkali menjadi solusi ketika lesu dan mengantuk sebelum menjalani hari. Tidak terkecuali saat ingin berolahraga.

Tapi, apakah minum kopi dianjurkan sebelum berolahraga? Jawaban singkatnya, ya. Di samping kopi, kamu juga harus mengingat bahwa air merupakan minuman paling penting dikonsumsi sebelum, saat dan setelah berolahraga.

Minum kopi sebelum berolahraga tidak akan membahayakan kesehatan, justru sangat bermanfaat. Namun, jangan mengonsumsinya lagi setelah berolahraga.

Dilansir dari Purewow, Personal Trainer, David Middleton berpendapat kebiasaan minum kopi setelah berolahraga sangat tidak baik bagi tubuh. Minum air terlebih dulu sebelum kopi.

Berikut manfaat minum kopi sebelum berolahraga

Meningkatkan Performa Berolahraga

 Olahraga© shutterstock.com

Menurut penelitian dari International Society of Sports Nutrition, kafein dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga kamu bisa berolahraga lebih baik dan lama.

Efek kafein akan bekerja sekitar 1-2 jam setelah dikonsumsi. Jadi, mulailah berolahraga 45-60 menit setelah meneguk kopi untuk mendapatkan manfaatnya.

Membuatmu Lebih Fokus

Berdasarkan jurnal Psychopharmacology, kafein bisa meningkatkan fokus, kesadaran serta fungsi kognitif. Ini sangat bermanfaat ketika menjalani olahraga yang menenangkan seperti yoga.

Perlu diingat bahwa kafein juga dapat membuatmu merasa cemas, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

2 dari 6 halaman

Lebih Menikmati Olahraga

Penelitian di Griffith University Queensland menemukan bahwa mengobsumsi kafein sebelum dan setelah berolahraga bisa meningkatkan energi serta membuatmu lebih menikmatinya.

 Olahraga© shutterstock.com

Mengurangi Nyeri Otot

Setelah berolahraga, otot akan menegang dan nyeri Menurut penelitian di University of Rhode Island, kafein bisa mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Responden penelitian yang minum kopi sebelum berolahraga, dapat melakukan lebih banyak repetisi upper body weight training.

 

3 dari 6 halaman

Tapi Perlu Diperhatikan

Di beberapa kasus, kopi dapat menjadi bagian dari kebiasaan berolahraga. Kecuali ketika kamu berolahraga di malam hari.

 Olahraga© shutterstock.com

Sedangkan, kamu harus menghindari kafein 4-6 jam sebelum tidur. Jika sering mengonsumsi kopi, gantilah dengan teh atau air.

4 dari 6 halaman

Jurus AntiMalas, Begini Trik Olahraga dengan Konsisten

Dream - Rajin olahraga bukan merupakan kebiasaan yang mudah dibangun. Bagi pemula mungkin merasa bersemangat di awal mencoba, biasanya hal ini tak bertahan lama.

Sikap konsisten berolahrga memang jadi tantangan utama. Banyak juga yang mengawali olahraga dengan ekspektasi terlalu tinggi. Saat tidak tercapai, hal ini bisa mematahkan semangat dan membuat kita kapok berolahraga.

 © Dream

" Lebih dari setengah orang yang memulai olahraga karena ingin kurus dan cantik. Mereka set body goals terlalu tinggi. Mereka jadi bosan dan tidak enjoy dengan prosesnya," ujar Adit Lubis, Owner dan Sports Advisor Alder Fitness Boutique di acara Youvit Fit Day, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Menurut Adit, pemula sebaiknya menentukan tipe olahraga yang tepat dengan kebutuhan dan kondisi fisik. Olahraga terdiri dari beberapa aspek antara lain strength (kekuatan), flexibility (fleksibilitas), agility (kelincahan) dan endurance (daya tahan).

 

5 dari 6 halaman

Penuhi Semua Aspek

Sahabat Dream dapat memulai olahraga dari salah satu aspek terlebih dahulu. Misalnya angkat beban untuk melatih kekuatan otot. Kemudian coba jenis olahraga dengan fungsi lain agar kebutuhan fisik seluruhnya terpenuhi. Trik ini juga mencegah seseorang cepat bosan berolahraga.

 Kesalahan dalam Melakukan Plank yang Sering Dilakukan© MEN

" Explore and try, kita baru bisa nemu yang cocok ketika sudah mencoba. Atau bisa juga dipecah-pecah, dari arm workout, diikuti dengan olahraga strength dan cardio. Setiap workout fungsinya berbeda-beda," kata Adit.

Jika berolahraga di pusat kebugaran, pastikan untuk memilih kelas sesuai dengan kemampuan tubuh. Kelas-kelas tersebut biasanya disertai dengan pemandu khusus.

" Trainer akan memandu programnya seperti apa. Nanti pasti ditanya siapa yang masih pemula dan mana yang sudah pernah agar tidak cidera," jelasnya.

 

6 dari 6 halaman

Sesuaikan dengan Gaya Hidup

Olahraga idealnya dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun Sahabat Dream dapat melakukannya secara bertahap sesuai kesibukan masing-masing, baik di pagi hari atau malam hari.

 Plank Rutin, Trik Mudah Mengencangkan Perut© MEN

" Intinya frekuensi, kalau diforsir nanti enggak akan bertahan lama. Lebih baik seminggu sekali tapi bisa sampai satu tahun daripada terlalu intens tapi baru dua bulan sudah berhenti," ungkap Adit.

Beri Komentar