'Plant-based' Bantu Seimbangkan Olahraga Kamu

Reporter :
Rabu, 16 Juni 2021 12:14
'Plant-based' Bantu Seimbangkan Olahraga Kamu
Pastinya kamu juga ingin sehat luar dalam, kan?

Dream - Sudah olahraga setiap hari tapi bentuk belum juga ideal? Atau, kesehatan juga belum stabil?

Tandanya kamu harus seimbangkan asupan tubuh dan harus ketat dalam menerapkan pola makan sehari-hari. Salah satu program diet yang bisa kamu coba untuk menyesuaikan kalori yang keluar dari tubuh adalah plant-based diet atau makan makanan yang didominasi nabati.

Pola makan seperti ini ramai dilakukan sebagian masyarakat Amerika, meski didominasi menu-menu nabati tapi tidak menutup kemungkinan dalam menu tersebut ada asupan hewani yang bermanfaat.

Ilustrasi© Shutterstock

Menurut survei Nielsen Homescan 2017, 39 persen orang Amerika mencoba lebih menerapkan plant-based demi kesehatan tubuh. Selain itu, Nielsen juga melaporkan bahwa pilihan makanan nabati mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara menyeimbangkan olahraga serta penerapan plant-based diet yang tepat, berikut ada resepnya.

Simak satu persatu ya:

1 dari 5 halaman

HIIT

HIIT (High-Intensity Interval Training) adalah bentuk latihan yang terbukti meningkatkan metabolisme dan membangun kekuatan anggota tubuh.

Jenis olahraga HIIT yang biasa dilakukan adalah latihan aerobik intensitas rendah dan sedang dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Makanan yang bisa kamu makan sebelum sesi HIIT:

- Sayuran dengan daun gelap bersama dengan buah
- Oatmeal gandum utuh dengan buah segar
- Ubi
- Buah segar

Ilustrasi© Shutterstock

Makanan yang harus dimakan setelah sesi HIIT:

- Smoothie dengan sayuran yang memiliki daun gelap, buah-buahan, dan biji-bijian
- Pasta gandum utuh dengan saus tomat dan sayuran
- Kurma

2 dari 5 halaman

Circuit Training

Latihan ini dilakukan dengan membentuk beberapa pos yang diibaratkan sebagai sebuah sirkuit. Di tiap posnya memiliki satu latihan dengan fungsi dan tujuan tertentu.

Biasanya di pos-pos ini, kamu diwajibkan untuk latihan kardio atau latihan kekuatan untuk meningkatkan beberapa komponen fisik secara bertahap dan berkesinambungan.

Makanan yang harus kamu makan sebelumnya:

- Gandum utuh
- Buah segar
- Kentang
- Buah kering

Makanan yang bisa kamu makan sesudahnya:

- Burger sayur berbahan utama kacang-kacangan dengan roti gandum
- Salad berdaun gelap dan kacang
- Smootihes sayuran, susu, buah
- Oatmeal gandum utuh

3 dari 5 halaman

Lari Jarak Jauh

Latihan ini pastinya Sahabat Dream sudah pernah dilakukan saat sekolah, kan?

Dengan latihan ini, kamu diharuskan menempuh lintasan yang memiliki jarak 3000 meter, 5000 meter, dan 10 ribu meter.

Agar lari makin maksima, sebelum lari jarak jauh, kamu bisa sesuaikan menu asupan seperti:

- Roti gandum dengan pisang
- Buah
- Ubi
- Buah beet

Ilustrasi© Shutterstock

Sesudahnya, kamu bisa santap menu-menu:

- Semangkuk nasi merah bersama sayur dan kacang-kacangan
- Smooties sayur berwarna gelap, biji-bijian, dan buah
- Salad dengan sayur berwarna gelap dan segenggam kacang

4 dari 5 halaman

Angkat beban

Latihan angkat beban merupakan cara untuk memperkuat dan memperbesar otot pada bagian anggota tubuh kamu. Untuk mendapatkannya, kamu jangan sembarangan dalam latihan ini.

Sebab, jika tidak tepat anggota tubuh bakal mengalami cedera dan latihan akan jadi sia-sia.

Ilustrasi© Shutterstock

Sesuaikan menu sebelum latihan angkat beban dengan:

- Oatmeal gandum bersama buah kering dan selai kacang
- Roti gandum dengan selai kacang
- Smooties dengan sayur berwarna gelap, buah karbohidrat tinggi, kacang

Jika sudah latihan, kamu bisa konsumsi:

- Tofu dan edamame
- Sayur segar
- Smooties dengan sayur berwarna gelap, buah karbohidrat tinggi, kacang

5 dari 5 halaman

Yoga dan pilates

Meski tidak mengolah tubuh dengan durasi cepat, gerakan yoga dan pilates ini cukup menguras tenaga dan keringat, lho.

Tapi jangan salah, jika latihan ini dilakukan secara rutin kamu akan dapat meningkatkan ketahanan dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sebelum yoga dan pilates, mari kita konsumsi:

- Salad sayur berwarna gelap dan buah berry
- Roti gandum dan pisang
- Sayur segar

Sesudahnya, kamu dapat terapkan plant-based dengan:

- Smoothies dengan sayur berwarna gelap dan buah
- Semangkuk nasi coklat bersama sayur dan kacang
- Ubi
- Buah berry berwarna gelap yang kaya akan antioksidan

Sumber: Healthline

Beri Komentar